CARA MEMBUAT SPICY HOT POT SOUP

Resep Spicy Hot Pot China Sederhana Spesial Asli Enak. Hot pot jadi salah satu sajian restoran self-cook yang dihidangkan dengan panci hot pot. Hidangan berkuah sop atau sup dari China ini ternyata punya sejarah panjang. Di Jepang masakan hotpot ini dikenal dengan nama shabu-shabu, suki, sedangkan dikenal dengan nama steamboat atau steam boat, di Thailand ada tom yam, di Korea juga ada Korean hot pot. Tentu dengan bahan hot pot yang beragam.

Foto Resep Spicy Hot Pot China Sederhana Spesial Pedas Asli Enak Lezat dan Sedap
Gambar Spicy Hot Pot Pedas Komplit

Hot pot atau steamboat atau Chinese fondue adalah salah satu menu terpopuler di Cina Tiongkok. Berupa panci berisi kaldu yang direbus di tengah meja. Bahan-bahan makanan mentah lalu diletakkan di sisian panci. Penikmatnyapun bisa memasukkan dan memasak makanan yang mereka suka ke dalam kaldu.

Kabarnya hot pot sudah ada lebih dari 1000 tahun lalu di China. Menjadi hidangan saat musim dingin karena menyantapnya membuat badan hangat. Tetapi kini hot pot tersedia sepanjang tahun.

Selain enak, warga China menyukai hot pot karena dua hal. Hot pot dianggap bisa jadi cara bagus untuk bersosialisasi dan merupakan makanan sehat. Menyantap hot pot saat musim dingin bisa bantu hangatkan badan. Sebaliknya, saat musim panas makan hot pot bantu dinginkan tubuh karena keringat semakin bercucuran.

Hot pot China terdiri dari banyak jenis dengan rasa kaldu berbeda pula. Jenis paling populer adalah Sichuan hot pot dan Beijing mutton hot pot. Ada pula hot pot seafood yang terkenal di Guangdong, hot pot sauerkraut di China Utara, dan hot pot chrysantehemum di Suzhou.

Sichuan hot pot terasa pedas karena dibuat dengan Sichuan pepper dan cabai. Rasa pedas yang menonjol inilah yang membedakan Sichuan hot pot dengan jenis lainnya.

Sementara Beijing mutton hot pot dibuat dengan daging domba. Kaldunya kaya rasa karena menggunakan tulang domba yang dibumbui bawang merah, jahe, jamur, seafood kering, dan bahkan longan.

Versi tradisional Beijing hot pot dimasak dengan panci khusus. Berbentuk seperti donat, panci besar dari kuningan ini memanfaatkan panas bara api dibawahnya. Bagian tengahnyapun dilengkapi cerobong asap. Disebut sebagai juan lo atau steam boat karena bentuk pancinya seperti kapal uap. Ada yang terbuat dari aluminium dan tembaga.

Sedangkan untuk kuah hot pot sendiri, terdiri dari kuah bening dan pedas. Kuah bening umumnya bercita rasa gurih karena dibuat dari kaldu daging ayam atau sapi yang dibumbui jahe dan bumbu ringan lainnya. Sedangkah kuah pedas ditambahkan Sichuan pepper, cabai, minyak cabai, dan lainnya.

Bahan isian hot pot amat beragam dengan macam-macam jenis bahan makanan segar seperti irisan daging sapi, domba, ayam/chicken, bebek, ikan, udang, dan sebagainya. Ada pula aneka bakso, tofu, aneka mi dan bihun, serta aneka sayuran segar sebagai pelengkap. Masing-masing kota dan daerah memiliki ciri khas seperti di China, Chinese Hotpot, Singapore, Penang, Malaysia, Taipei, Taiwan/Taiwanese, Sichuan, Bandung, Jakarta, Indonesia, dll.

Hot pot food fantasy semakin enak disantap dengan saus pencelup. Ada aneka bahan saus yang bisa diracik sesuai selera. Biasanya tersedia minyak wijen, minyak cabai, soy sauce, bawang putih, cuka, pepper sauce, saus seafood, daun bawang, dan lainnya.

Menurut situs Wikihow. Hot pot Tiongkok, yang juga dikenal dengan nama Chinese fondue atau Chinese steamboat, dibuat dari berbagai jenis daging mentah, mi, tahu, makanan laut, dan pangsit. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus dalam panci berisi kaldu, dan dimakan dengan bantuan saringan atau sumpit. Anda dapat menikmati hot pot ini dengan berbagai kuah tambahan, nasi, atau saus barbeku Tiongkok (satai atau sacha).

Saat membuat hot pot Tiongkok, China, Anda dapat menggunakan bahan apa saja, sesuai selera. Umumnya, masalah geografis pun dapat memengaruhi bahan hot pot. Misalnya, di daerah pesisir, hot pot disajikan dengan makanan laut dikenal dengan nama spicy hot pot seafood, sementara di daerah darat, numb and spicy hot pot berbahan daging lebih umum ditemukan disebut dengan nama spicy beef hot pot. Tradisi hot pot di Tiongkok telah berjalan selama lebih dari 1000 tahun. Hidangan ini biasanya disajikan untuk merayakan tahun baru Imlek, atau sebagai penghangat tubuh di musim dingin. Ikuti langkah berikut ini untuk membuat hot pot Tiongkok lezat.

Spicy hot pot adalah salah satu makanan berkuah yang terbuat dari aneka sayuran sawi, jamur enoki, bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, ikan, daging sapi, dan bahan pelengkap lainnya dengan bumbu pedas, asam, manis yang menggoda dan menggoyang lidah. Masakan ini sangat cocok sekali dikonsumsi saat cuaca dingin atau di malam hari dan dinikmati selagi hangat atau panas. Citarasa dari makanan ini yaitu lezat serta kuahnya pedas-pedas asam. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi spicy hot pot sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka masakan hot pot ala restoran cafe resto siap saji dan Bar.

RESEP SPICY HOT POT :


BAHAN :
  • 150 gram jamur enoki putih
  • 150 gram sweet sawi, potong-potong
  • 20 buah bakso kakap kecil
  • 10 buah bakso ikan goreng
  • 10 buah bakso udang
  • 10 buah bakso ikan tuna
BAHAN KALDU :
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sdt cabai merah bubuk
  • 1 sdt cabai merah giling
  • 750 ml kaldu udang/ikan
  • 1 sdm kecap ikan
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
BAHAN PELENGKAP :
  • Saus cabai botolan
  • Cabai rawit iris halus
CARA MEMASAK SPICY HOT POT :
  1. Panaskan minyak goreng secukupnya.
  2. Setelah panas lalu tumis bawang putih hingga wangi.
  3. Tambahkan cabai bubuk dan cabai giling, aduk hingga harum.
  4. Masukkan air dan bumbu. Didihkan.
  5. Masukkan semua aneka bakso dan sayuran.
  6. Didihkan hingga layu. Angkat.
  7. Sajikan panas.

CARA MEMBUAT SPICY HOT POT SOUP