CARA MEMBUAT KUE DOLLAR KHAS SURABAYA

Resep Kue Dolar Renyah Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kue dolar ini bukan terbuat dari mata uang Dollar dan tidak ada hubungan dengan mata uang asing atau bukanlah kue yang dapat dibeli dengan uang dollar yang sedang meroket, melainkan hanya sebuah nama kue kering tradisional original buatan Indonesia yang berbentuk mata uang logam koin (coin). Kue dollar ini berkembang di daerah Jawa Timur sebagai oleh-oleh. Paling terkenal kue dolar khas Surabaya Pasar Atom dan khas Malang. Sekarang kue ini banyak dijual di kota-kota seperti di Jakarta, Bandung, Semarang, Palembang, dll.

Kue ini memiliki tekstur garing dan renyah serta rasa yang gurih karena terbuat dari adonan tepung terigu, telur dan air. Adonan cair ini dituangkan ke cetakan khusus berbentuk pipih yang terbuat dari besi atau aluminium. Setelah panas dan kering barulah kue diangkat, didinginkan lalu dikemas.

Foto Resep Kue Dollar Renyah Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Dollar Original

Kue dolar adalah nama salah satu varian kue kering/cookies yang sudah ada di Indonesia sejak jaman dahulu (Kue Jadul) bentuknya bulat pipih seperti koin atau uang logam. Kue ini merupakan salah satu kue klasik yang masih tetap bisa berjaya hingga di masa yang kian modern seperti sekarang ini. Kue dolar memiliki penikmat tersendiri umumnya kue dolar dinikmati oleh orang orang yang sudah dewasa atau tua karena kue ini sangat populer di saat mereka masih muda dulu. Untuk kalangan anak anak muda mileneal juga perlahan tapi pasti mulai mengenal kue kering yang satu ini sebagai kue yang memiliki rasa lezat nan nikmat sebagai cemilan.

Mungkin ini sejarah asal-usul mula kue dollar. Penjual Kue Dollar yang terkenal adalah Kuweh Dollar Tjap Masin yang berada di Pasar Atum, Jalan Bunguran no 45, Surabaya. Toko yang sudah berdiri sejak 1931 ini masih mempertahankan kualitas dan gaya open kitchen-nya. Mesin cetakan kue dollar sengaja ditempatkan berhadapan langsung dengan pelanggan. Alhasil aroma Kue Dollar yang harum semerbak pasti akan menyita perhatian siapapun yang melewati toko tersebut.

Kue Dollar dibandrol dengan harga Rp26ribu/ 150 gram dan tersedia berbagai varian rasa seperti original, coklat, coklat wijen, vanilla dan vanilla wijen.

Dulu kue kering garing kriuk ini rasanya manis, asin gurih, kini memiliki banyak inovasi varian rasa modern, diantaranya, ada kue dollar keju, kue dollar coklat, kue dollar wijen, kue dollar coklat wijen, kue dollar pisang, kue dollar kacang tanah, kue dollar warna warni, kue dollar durian/duren, kue dollar pandan, kue dollar vanilla, kue dollar almond, dan bisa Anda kembangkan terus untuk menarik hati pembeli dengan aneka topping. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih dollar dengan cetakan kue dolar takaran sendok dan gram reanyah lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue kering dollar.

RESEP KUE DOLAR KACANG


BAHAN :
  • 100 gram tepung beras
  • 75 gram kacang tanah bubuk
  • 2 setengah sdm tepung sagu
  • 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 sdt margarin, yang dilelehkan
  • 25 gram gula tepung
  • 2 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt esens almon
  • 75 gram gula palem
CARA MEMBUAT KUE DOLAR KACANG :
  1. Kocok telur dan gula tepung sampai mengental.
  2. Tambahkan tepung beras, tepung sagu dan kacang tanah bubuk, sambil di ayak dan terus di aduk hingga merata.
  3. Masukkan lelehan margarin, garam, santan, dan esens almon, aduk kembali hingga rata.
  4. Panaskan terlebih dahulu cetakan semprong atau cetakan kue dolar. lalu tuangkan 1/4 sendok teh adonan dasar ke dalam cetakan.
    Foto Cetakan Kue Dollar Satuan
    Gambar Cetakan Kue Dolar
  5. Tungkup cetakannya, panaskan di atas api sambil dibolak-balik hingga matang, dan angkat.
  6. Lakukan hal itu hingga adonan-nya habis.
  7. Sajikan dalam wadah yang kedap udara.

RESEP KUE DOLLAR PISANG RAJA


BAHAN :
  • 4 buah pisang raja
  • 100 gram tepung beras
  • 75 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung tapioka
  • 75 gram gula tepung
  • 2 butir telur ayam
  • 25 gram margarin yang dilelehkan
  • 10 gram butter yang dilelehkan
  • 250 ml susu cair
CARA MEMBUAT KUE DOLLAR PISANG RAJA :
  1. Blender pisang raja, tambahkan sedikit air agar proses penghancuran lebih mudah, lalu saring
  2. Ayak tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka dan gula tepung, lalu tambahkan susu cair, aduk-aduk terus, tambahkan adonan pisang sambil terus diaduk-aduk, setelah itu masukkan telur ayam, margarin dan butter yang telah dilelehkan sambil terus diaduk-aduk hingga seluruh adonan tercampur rata.
  3. Panaskan cetakan kue dolar, olesi dengan sedikit margarin lalu tuangkan adonan sedikit saja hingga berbentuk bulat tipis. Panggang hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  4. Sajikan.

CARA MEMBUAT KUE DOLLAR KHAS SURABAYA