CARA MEMBUAT KOPI LEMON UNTUK DIET

Resep Kopi Lemon Untuk Diet Sederhana Spesial Asli Enak. Bahasa Inggrisnya Lemon Coffee sudah biasa kalau punya usaha kopi Coffee Shop menunya dibuat dalam Bahasa Inggris akan mengangkat nilai jual harga minuman kopi tersebut.

Dari nama resep ini pasti kita sudah mengira kalau minuman ini kopi campur lemon. Lemon itu sejenis buah jeruk. menurut situs Wikipedia. Sitrun, jeruk sitrun (dari bahasa Belanda, citroen), atau lemon adalah sejenis jeruk yang buahnya biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Sedangkan kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Foto Resep Kopi Lemon Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kopi Lemon Mix

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan, kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

Menurut situs Republika mengenai khasiat dan manfaat kopi dicampur lemon. Wow kopi dengan irisan lemon? Konsep tersebut mungkin terasa tidak lazim. Tapi barista di Italia dan Spanyol sudah lama mencampurkan irisan lemon berwarna kuning kedalam secangkir kopi hitam.

Di Italia, minuman bernama espresso romano adalah salah satu beberapa varian espresso. Dalam kopi ini biasanya seiris lemon ditemukan. Espresso yang tersaji juga tidak banyak, cukup satu single shot.

Sementara di Spanyol kopi dengan lemon tersaji bersama es batu. Namanya cafe del tiempo.

Belum ada kepastian dari mana kebiasaan meletakkan lemon dalam secangkir kopi terjadi.Ada yang mengatakan praktik ini dilakukan ketika sebuah cafe di Italia saat perang dunia II kekurangan air. Hingga barista membersihkan kopi bekas espresso dengan kulit lemon.

Mitos lain mengatakan, mencampur kopi dengan lemon adalah inovasi orang Amerika. Mereka melakukannya untuk menutupi kopi yang kurang sempurna.

Minyak dalam lemon, entah di gosokkan ke bibir cangkir atau dicipratkan ke kopi akan mengurangi rasa pahit dan kurang sedap karena biji kopi yang digarap kurang sempurna. Lemon juga dianggap bisa meningkatkan rasa manis kopi yang tersimpan di lapisan terbawah rasa kopi.

Mitos lain mengatakan, kebiasaan ini datang dari bangsa Roma. Hingga akhirnya menyebar ke banyak kafe dan restoran.

Ingat ini, lain kali Anda mendapat secangkir kopi dari biji yang diolah baik dan seiris lemon, lupakan menambahkan lemon. Sebab, lemon akan mengurangi rasa paripurna yang sudah dimiliki kopi. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kopi jeruk lemon untuk diet sehat alami sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kafe kopi.

RESEP KOPI LEMON


BAHAN :
  • 1 sdm gula palem/gula aren
  • 3 sdm kopi bubuk instan/kopi hitam, seduh dengan 300 ml air panas (lebih bagus pakai kopi tanpa ampas, seperti kopi nescafe sachet, espresso, dll)
  • 3 butir cengkeh
  • 3 cm kayu manis batangan, potong kecil-kecil
  • 2 iris jeruk lemon
  • 2 iris jeruk mandarin
CARA MEMBUAT KOPI LEMON :
  1. Campur cengkeh, irisan jeruk lemon, jeruk mandarin, kayu manis, dan gula palem dalam gelas.
  2. Tuang air kopi panas, aduk.
  3. Sajikan dan siap diminum panas, hangat-hangat kuku atau bisa diminum dingin ditambahkan es batu menjadi es kopi lemon.

CARA MEMBUAT KOPI LEMON UNTUK DIET