CARA MEMBUAT KOLAK DURIAN KETAN

Resep Kolak Durian Ketan Santan Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan kolak biasanya menggunakan bahan baku pisang, labu kuning, singkong, candil, biji salak, kacang hijau/kacang ijo, dan ubi ternyata bisa juga memakai bahan ketan putih/ketan hitam dan durian dari buah duren. Rasanya manis dan pastinya ingin nambah lagi. Hidangan kolak durian ini cocok juga sebagai menu buka puasa pada bulan puasa ramadhan nanti. Anda juga bisa membuat varian macam-macam jenis kolak, seperti kolak durian ketan khas Padang, kolak durian mentah, kolak durian tanpa santan, kolak durian kacang hijau, kolak durian labu kuning.

Foto Resep Kolak Durian Ketan Santan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kolak Durian Ketan Putih Santan

Apalagi sekarang sedang musim duren yang harganya relatif murah mulai harga 10.000 per buah di Bandung kita sudah dapat buah durian yang manis dan legit yang baunya harum semerbak. Buah durian selain bisa langsung dinikmati bisa juga diolah menjadi jajanan atau campuran makanan bahkan minuman. Bagi pecinta durian pasti suka. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kolak durian santan sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan aneka kolak durian campur.

RESEP KOLAK DURIAN KETAN


BAHAN 1 :
  • 150 gram beras ketan, cuci dan rendam kurang lebih 3 jam, tiriksan (boleh pake ketan putih atau ketan hitam untuk resep kolak durian ketan hitam)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml santan encer
BAHAN 2 :
  • 200 gram durian matang (boleh gunakan durian montong, durian Medan untuk resep kolak durian khas Medan, durian Bangkok, durian Bengkulu, durian Kalimantan, durian Padang, durian Palembang, dsb)
  • 500 ml santan kental
  • 100 gram gula merah
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT KOLAK DURIAN KETAN :
  1. Kukus ketan yang sudah direndam, selama 20 menit (1/2 matang), angkat. Tuang ke baskom, tuangi santan encer, garam, dan daun pandan. Kukus kembali hingga matang, angkat dan tiriskan.
  2. Masak santan, gula merah, dan garam hingga mendidih sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah.
  3. Masukkan durian, kecilkan api, masak hingga santan mendidih kembali.
  4. Siapkan mangkuk saji, beri ketan kukus secukupnya (1/5 bagian) siram dengan kolak durian.
  5. Sajikan.

CARA MEMBUAT KOLAK DURIAN KETAN