CARA MEMBUAT PAPEDA PAPUA

Resep Papeda Khas Papua Sederhana Spesial Asli Enak. Aneka variasi menu Papeda khas Maluku dan Papua kuah kuning ala Abang2. Pada umumnya, papeda dikonsumsi bersama dengan ikan tongkol. Namun, papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga dapat dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah. Adapun varian dari papeda, diantarannya ; ada papeda telur ayam, papeda telur puyuh, papeda gulung, papeda asin, papeda manis, papeda telur gulung, papeda goreng, dll.

Foto Resep Papeda Khas Papua/Maluku dan Ikan Kuah Kuning Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Menurut situs WIkipedia. Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara, gabus yang dibumbui dengan kunyit kuah kuning. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

Baca Juga : Resep Kapurung

Sejarah asal-usul mula Papeda berasal dari. Di berbagai wilayah pesisir dan dataran rendah di Papua, sagu merupakan bahan dasar dalam berbagai makanan. Sagu bakar, sagu lempeng, dan sagu bola, menjadi sajian yang paling banyak dikenal di berbagai pelosok Papua, khususnya dalam tradisi kuliner masyarakat adat di Kabupaten Mappi, Asmat, hingga Mimika. Papeda merupakan salah satu sajian khas sagu yang jarang ditemukan. Antropolog sekaligus Ketua Lembaga Riset Papua, Johszua Robert Mansoben, menyatakan bahwa papeda dikenal lebih luas dalam tradisi masyarakat adat Sentani dan Abrab di Danau Sentani dan Arso, serta Manokwari.

Khasiat dan Manfaat Papeda untuk kesehatan. Dalam 100 gram sagu, terkandung energi sebesar 209 kkal, protein 0,3 gram, karbohidrat 51,6 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 27 miligram, fosfor 13 miligram, dan zat besi 0,6 miligram. Selain itu di dalam Tepung Sagu juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 0 miligram. Berdasarkan kandungan-kandungan tersebut, sagu bermanfaat sebagai sumber utama karbohidrat atau makanan pokok, mengatasi pengerasan pada pembuluh darah, mengatasi sakit pada ulu hati, dan perut kembung. Selain itu, kandungan indeks glikemik yang rendah pada sagu membuatnya aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Tingginya kadar serat dalam sagu berperan sebagai pre-biotik, menjaga mikroflora usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko terjadinya kanker usus, mengurangi risiko terjadinya kanker paru-paru, mengurangi risiko kegemukan atau obesitas serta memperlancar buang air besar. Mengonsumsi Papeda secara rutin dipercaya mampu menghilangkan penyakit batu ginjal karena sifat Papeda yang dapat berperan sebagai pembersih organ-organ di dalam tubuh manusia. Bagi yang sering merokok,dianjurkan juga mengkonsumsi makanan khas Papua yang satu ini karena dapat secara perlahan membersihkan paru-paru.

Komersialisasi Papeda untuk dijual ala Abang2. Papeda merupakan makanan yang eksotis dan unik sehingga mulai dicari oleh petualang kuliner. Kini, makanan papeda khas Papua dapat ditemukan di beberapa restoran di Jakarta, Bandung, Ambon, Makassar, dll. Salah satu restoran yang menyediakan papeda sebagai menunya adalah Restoran Yougwa di kawasan Kelapa Gading yang merupakan cabang dari Restoran Yougwa cabang Danau Sentani, Jayapura. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi papeda khas Maluku Utara dan Papua agar/biar tidak lengket sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) dengan tehnik dan tahap prosedur yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan buka rumah makan maupun restoran ala cafe resto, dan bisa juga buka warung tenda papeda ala Abang-abang kaki lima dimakan sama sambal pedas semakin lezat dan maknyus pokoknya mantap.

RESEP PAPEDA


BAHAN :
  • 100 gram tepung sagu (bisa juga dibuat tanpa tepung sagu diganti dengan tepung kanji atau tapioka)
  • 1000 cc air
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
CARA MEMASAK PAPEDA :
  1. Cairkan tepung sagunya dengan 300 ml air, kemudian anda tambahkan garam dan gula.
  2. Didihkan sisa airnya, anda tuangi air yang sudah mendidih kedalam larutan tepung sagu dan aduk perlahan sehingga sagu matang merata.
  3. Papeda bisa dikatakan sudah matang jika sudah berwarna bening, jika masih belum merata matangnya adonan bisa dimasak diatas api kecil sambil terus diaduk. jika warnanya sudah bening, angkat.
  4. Sajikan hangat dengan lauk ikan kuah kuning.

CARA MEMBUAT PAPEDA PAPUA