CARA MEMBUAT LANTING SINGKONG KHAS KEBUMEN

Resep Lanting Singkong Khas Kebumen Sederhana Spesial Renyah Gurih Asli Enak. Kerupuk lanting singkong parut klasik tradisional tidak berwarna dan ada juga diberikan pewarna sehingga menghasilkan lanting warna warni yang unik dan menarik. Pada umumnya cemilan kerupuk lanting ini terbuat dari singkong atau bisa juga dengan tepung tapioka atau lanting getuk ubi kayu, tepung sagu, dan tepung kanji.

Foto Resep Lanting Singkong Khas Kebumen Sederhana Spesial Renyah Gurih Asli Enak
Gambar Lanting Singkong Warna Warni

Menurut situs WIkipedia. Lanthing (kadang disebut klanthing atau klanting), adalah makanan ringan sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong berbentuk angka delapan atau lingkaran kecil seperti cincin yang unik dan menarik perhatian. Asal mulanya hanya mempunyai rasa yang gurih dan asin tetapi sekarang mulai muncul aneka rasa seperti asin pedas, pedas manis, gurih pedas, dan rasa keju. Lanthing berkembang di wilayah Jawa Tengah bagian selatan terutama sebagai salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen. Klanting Bugel Oleh Oleh Khas Bagelen Purworejo Gurih Renyah Uenak Tenan yang masih dibuat secara manual dan tradisional tanpa mesin lanting dan alen alen.

Tak lengkap rasanya kalau ke Purworejo, Jawa Tengah, tak bawa oleh-oleh klanting. Itulah ungkapan orang-orang asal Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, yang berada di perantauan. Seolah-olah klanting sudah menjadi bukti kalau orang tadi baru saja pulang ke kampung halaman di Purworejo. Setelah sekian lama menjadi makanan oleh-oleh orang perantauan asal Purworejo tadi, lambat laun Klanting tersohor sebagai makanan khas dari kabupaten yang memiliki slogan Berirama ini.

Sejarah asal usul mula lanthing berawal dari Kecamatan Kuwarasan. Sebanyak 111 desa di kecamatan ini mempunyai indrustri kecil Lanthing. Desa yang paling awal mengenalkan lanthing adalah Desa Lemahduwur. Desa yang namanya berarti lemah (tanah) duwur (tinggi) itu merupakan sentra perajin lanthing. Masyarakat mengakui asal muasal lanthing dari Desa Lemahduwur. Sejak nenek moyang, pembuatan lanthing sudah berlangsung di desa tersebut. Hingga kemudian secara turun-temurun berlanjut sampai sekarang. Kini perajinnya merambah ke desa sekitarnya. Saat ini, industri kecil lanthing terus berkembang dan tersebar di sejumlah kecamatan. Setidaknya ada 12 kecamatan di Kebumen yang memiliki indrutri pembuatan lanthing. Sebagai makanan khas yang sudah ada sejak nenek moyang tersebut menjadikan lanting selain sebagai makanan khas juga dapat dijadikan sebagai sumber perekonomian yang bagus bagi daerah sekitarAwal mula adanya lanting. Awalnya lanthing hanya berupa lanting bulat (0) dan berbentuk angka delapan (8) serta berwarna merah dan putih. Untuk waktu sekarang ini produk lanting sudah berbagai varian rasa seperti rasa bawang, pedas, pedas manis, lombok hijau, jagung bakar dan keju dengan tetap menggunakan bentuk tersebut.

SENTRA PRODUKSI LANTING
  • Kabupaten Kebumen: Kecamatan Kuwarasan, Kecamatan Buayan, Kecamatan Adimulyo, Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Bonorowo, Kecamatan Kutowinangun, Kecamatan Prembun, Kecamatan Mirit, Kecamatan Gombong, Kecamatan Sempor, Kecamatan Rowokele dan Kecamatan Petanahan
  • Kabupaten Cilacap: Kecamatan Adipala dan Kecamatan Maos. Lanting khas Cilacap
  • Kabupaten Banyumas: Kecamatan Sumpiuh
  • Kabupaten Purworejo: Kecamatan Bagelen. Lanting khas Purworejo
Secara singkat pembuatan lanting garing kriuk ini sebagai berikut : Bahan utama membuat Lanthing adalah Singkong berkualitas. Bahan bumbunya secara umum sangat sederhana yakni terdiri dari bawang putih, ketumbar dan garam. Hal yang pertama adalah kupas singkong dan bersihkan kemudian rendam sekitar 1 jam. Lalu angkat dan haluskan. Campurkan singkong dengan bumbuyang sudah dihaluskan kemudian uleni sampai rata. Ambil sedikit adonan kemudian pilih membentuk tali, jika ada gunakan masin giling untuk membentuknya. Kemudian bentuk menjadi angka 8 atau bulat (sesuai selera). Selanjutnya jemur lanting dibawah sinar matahari hingga kering. Langkah terakhir goreng lanting hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi lanting crispy dari singkong original sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka lanting kerupuk dengan buka toko cemilan, toko oleh-oleh khas daerah, dan warung.

RESEP LANTING SINGKONG


BAHAN :
  • 1 kilo gram singkong
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan, (optional)
  • Minyak goreng untuk menggoreng
CARA MEMBUAT LANTING SINGKONG :
  1. Haluskan semua bumbu menjadi satu, lalu sisihkan.
  2. Kupas singkong kemudian bersihkan dari kotorannya lalu rendam selama kurang lebih 1 jam. setelah itu kukus singkong yang sudah bersih selama kurang lebih 1 jam. angkat, haluskan.
  3. Campurkan singkong yang sudah dihaluskan dengan bumbu lanting yang sudah dihaluskan tadi, kemudian uleni sampai rata.
  4. Ambil sedikit adaonan dasar lanting, kemudian pilin menjadi bentuk tali. jika ada , anda dapat menggunakan mesin giling untuk membentuknya agar lebih praktis . setelah itu bentuk menjadi angka delapan atau bulat kecil.
  5. Jika sudah jemur lanting dibawah sinar matahari hingga kering (selama 1 hari jika tidak hujan)
  6. Terakhir goreng lanting dengan minyak goreng sampai berwarna kuning kecoklatan. angkat, lalu tiriskan.
  7. Sajikan.

CARA MEMBUAT LANTING SINGKONG KHAS KEBUMEN