CARA MEMBUAT LAMINGTON CAKE LEMBUT KHAS AUSTRALIA

Resep Lamington Cake Australia Klasik Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Cake lembut asal Australia yang berciri khas lapisan cokelat dan taburan kelapa kering di atasnya. Selain versi lamington klasik khas Australia bercita rasa tradisional asli juga tersedia varian lain dan variasi modern yang tak kalah lezat dan mantap, seperti lamington banana cake, lamington cake kukus, kue lamington keju, lamington cake parsley, lamington cake greentea, dll.

Foto Resep Lamingtons Cakes Australia Klasik Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Lamingtons Cakes Australian

Sekilas penampakan kue cake lamington Aussie mirip dengan kue ongol-ongol, berwarna coklat dan dibaluri parutan kelapa. Lamington cake adalah cake klasik asli Australia yang populer dan masih tersedia di toko-toko kue negara kanguru tersebut dan pasar Fremantle Markets, Perth, Australia Barat juga tersedia. Cake ini dipotong-potong berbentuk kubus atau kotak-kotak, dicelupkan ke dalam coklat dan digulingkan ke kelapa kering. Base cake-nya dibuat dengan cara butter cake, lapisan coklatnya dibuat dengan mencampurkan coklat bubuk dan susu cair. Namun sekarang lebih bervariasi, ada yang membuat dengan cara sponge cake, bentuknya ada yang dibuat berlapis dengan krim/selai ditengahnya, ada juga yang membuat coklat celupannya dengan menggunakan ganache cair sehingga lebih kaya rasa coklatnya, warna ganache-nya juga tidak hanya coklat, bisa pink, putih, dll. Base cakenya juga bukan hanya vanilla, varian lainnya coklat, keju, kopi, pandan (biasanya divariasikan oleh orang Asia, terutama orang kita, Indonesia, bahkan telah menjadi oleh-oleh khas Pontianak, Kalimantan Barat (KALBAR) yang dijual sampa ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta Jogja, dll.

Menurut situs Wikipedia. Lamington adalah kue Australia, terbuat dari kotak kue mentega atau kue bolu yang dilapisi lapisan terluar saus cokelat dan digulung dalam kelapa kering. Campuran tipis diserap ke bagian luar kue bolu dan dibiarkan diatur, memberikan tekstur khas pada kue.

Resep lamingtons di bawah ini menggunakan resep klasik yang menurut sumbernya paling enak dibanding resep lain yang pernah dicobanya. Meskipun klasik, rasanya sangat enak dan harum, butter cake yang terkesan biasa menjadi istimewa dengan lapisan coklat dan kelapa kering yang wangi. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi lamington kek NCC sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka kue lamington cakes di kota Anda.

RESEP LAMINGTON CAKE PANGGANG OVEN


BAHAN :
  • 125 gram mentega kocok
  • 200 gram gula castor
  • 1/2 sdt vanilla extract
  • 3 butir telur
  • 240 gram tepung self-raising, ayak
  • 125 ml susu cair
  • 180 gram kelapa kering
BAHAN ICING/COKLAT PELAPIS :
  • 400 gram gula halus
  • 20 gram coklat bubuk
  • 1 sdm mentega kocok
  • 125 ml air panas
CARA MEMBUAT LAMINGTON CAKE PANGGANG :
  1. Kocok mentega, gula dan vanilla hingga pucat. Tambahkan telur satu persatu, kocok hingga rata.
  2. Masukkan tepung sedikit-sedikit, aduk rata. Tambahkan setengah susu, aduk rata. Ulangi menambahkan tepung dan susu secara bergantian hingga habis sambil diaduk hingga tercampur rata.
  3. Tuang adonan ke loyang ukuran 20x30 cm, tinggi 3 cm. Ratakan. Oven pada suhu 180 °C selama 30 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven, biarkan tetap di loyang selama 10 menit. keluarkan dari loyang dan dinginkan secara sempurna di atas rak kawat. Biarkan semalaman.
  4. Cara Membuat Adonan Icing : Ayakkan gula halus dan coklat bubuk ke dalam sebuah mangkuk. Tambahkan mentega dan air panas. Aduk hingga tercampur rata dan licin.
  5. Proses tahap penyelesaian : Potong-potong cake hingga 15 buah. Celupkan masing-masing potongan cake ke icing lalu gulirkan ke kelapa kering, buang sisa kelapa kering dengan menggoyangkannya secara perlahan. Letakkan di atas rak kawat selama 2 jam atau hingga coklat agak mengering.
  6. Sajikan.

CARA MEMBUAT LAMINGTON CAKE LEMBUT KHAS AUSTRALIA