CARA MEMBUAT ROTI JOHN SPECIAL

Resep Roti John Kekinian Viral Sederhana Spesial Asli Enak. Katanya sih roti John terenak di Indonesia ala netizen adalah roti John Surabaya. Roti John yang sedang booming dan ngehits ini bukanlah diambil dari buku resep roti John Dean. Terus bagaimana sejarah asal usul nama roti John big ukuran besar panjang ini?.

Menurut situs Wikipedia. Roti john adalah roti lapis dengan isian telur dadar yang merupakan cemilan yang menjadi salah satu hidangan populer, utamanya di Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Kini viral dan ngehits di Indonesia, seperti di Surabaya, Bogor, Samarinda, Malang, Medan, Bali, PNG, Jakarta, Semarang, Bandung, dll.

Foto Resep Roti John Kekinian Viral Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Roti John Viral Jaman Now

Komposisi bahan yang digunakan untuk membuat roti john original atau roti long John antara lain daging cincang (ayam, daging sapi, atau domba) bisa juga pakai kornet kaleng instan siap pake, bawang, telur, saus tomat, saus sambal, dan roti (biasanya roti panjang seperti baguette). Walaupun begitu bisa juga kita ganti roti jenis lain, misalnya resep John dengan roti tawar dan masih banyak lagi varian macam-macam jenis roti John versi ala netizen. Sekarang juga dijumpai roti John manis aneka isi, seperti coklat, keju, meises, kacang tanah, almond, susu, selai, dsb dan diberi topping saus mayonaise dan saos sambal atau saos tomat seperti roti john kay di depan Borma Cikutra Bandung.

Roti baguette adalah Roti tongkat asal Prancis. Tekstur luarnya agak keras. Tersedia di toko-toko roti (bakery) besar atau Anda bisa buat sendiri.

Persiapan dan penyajian. Daging cincang, telur, dan bawang cincang dicampur lalu dituangkan ke dalam penggorengan dan dipotong memanjang, lalu roti yang telah dibelah dua ditempel dan ditekan ke dalam campuran tadi. Ketika telur mulai matang, semua roti kemudian dibalik untuk mematangkan sisi yang lain. Roti kemudian diangkat untuk disajikan ke atas piring, untuk kemudian diberi bahan tambahan lain sesuai selera seperti salad, saus tomat/ saus cabai dan mayones, sebelum dipotong menjadi beberapa bagian. Varian lainnya adalah adalah memasukkan daging cincang, bawang, dan saus ke dalam belahan baguette, kemudian baguette dicelupkan ke dalam telur yang telah kocok, kemudian semuanya digoreng di penggorengan. Di Malaysia, daging sapi, daging kambing, ikan sarden dan variasi lainnya telah ditambahkan.

Kata roti berasal dari bahasa Hindi, bahasa Urdu, bahasa Melayu yang juga diserap ke dalam bahasa Indonesia di mana bahasa Inggris dari roti adalah bread. Roti dalam hal ini adalah semua hidangan berbahan dasar roti, termasuk roti lapis dan panekuk. Sementara kata john diduga karena baguette yang berasal dari Barat dan pengaruh pemerintahan kolonial Inggris di Malaysia dan Singapura. Berikut kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi roti John ala Femina, NCC yang lezat lembut dan empuk lumer sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis aneka roti John aneka topping, seperti roti John cheese paling lezat ala restoran dan cafer resto siap saji dengan berbagai ukuran baik besar, panjang, dan roti john mini ukuran kecil dan medum atau sedang.

RESEP ROTI JOHN ASIN


BAHAN :
  • 6 sdm margarin
  • 250 gram daging sapi giling
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 1/2 sdt garam
  • 6 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 buah (150 gram) bawang bombay, cincang halus
  • 3 buah cabai merah besar, cincang halus
  • 5 buah cabai rawit merah, iris halus
  • 3 buah roti baguette ukuran : panjang 25 cm , potong 2, belah 2 melintang
CARA MEMASAK ROTI JOHN ASIN :
  1. Lelehkan 1 sdm margarin, tumis daging hingga berubah warna. Bubuhi merica dan garam, aduk rata. Angkat.
  2. Campur telur, bawang bombay, cabai merah, dan cabai rawit, aduk rata. Masukkan daging tumis, aduk kembali hingga rata. Sisihkan.
  3. Panaskan margarin dalam wajan dadar berdiameter 18 cm. Sisihkan.
  4. Tuang adonan telur di atas 1 bagian roti, letakkan roti di wajan panas dengan posisi permukaan berisi adonan telur di bagian bawah. Masak hingga matang, angkat.
  5. Sajikan segera untuk 6 porsi.

CARA MEMBUAT ROTI JOHN SPECIAL