CARA MEMBUAT TEPUNG PANIR SENDIRI

Resep Cara Membuat Tepung Panir Oven Tanpa Oven Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak. Tepung panir dalam bahasa Inggrisnya Bread Crumb. Pada umumnya tepung panir atau tepung roti dibuat dari roti tawar lembut namun juga dapat menggunakan berbagai bentuk roti yang sudah Anda miliki di dapur, seperti roti iris, bagel, baguette, atau roti hamburger malah ada yang membuat tepung panir dari biskuit.

Foto Resep Cara Membuat Tepung Panir Oven Tanpa Oven Sendiri Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tepung Panir Kuning

Tepung panir adalah tepung yang dibuat dari roti tawar yang dikeringkan dan kemudian diparut menggunakan mesin parut. sebaiknya roti tawar tadi dibuang kulit yang kecoklatan.

Tepung roti alias tepung panir berfungsi sebagai pelapis yang membuat hasil gorengan jadi garing dan renyah. Di pasaran banyak dijual tepung roti siap pakai. Dari yang lembut hingga yang kasar. Kalau mau bikin sendiri ternyata juga tak sulit. Mau coba?.

Untuk membuat tepung roti sendiri, bahan yang harus disiapkan adalah aneka jenis roti tawar. Roti tawar putih, cokelat atau whole wheat. Bisa memanfaatkan roti yang bersisa atau roti segar yang memang akan dipakai untuk tepung roti.

Jika ingin mendapatkan tepung roti yang putih bersih, buang dahulu bagian pinggir roti tawar. Potong-potong roti kasar lalu angin-anginkan sebentar hingga agak kering. Setelah itu masukkan potongan roti ke dalam food processor dan proses hingga halus. Tepung roti ini siap dipakai untuk campuran burger atau melapisi kroket dan risoles. Jika ingin lebih kering, panggang selama 5 menit dalam oven panas. Hasilnya tepung roti lebih kering dan ringan.

Untuk mendapatkan tepung roti yang agak kecokelatan, jangan membuang kulit luar roti. Keringkan bersama roti dan proses dalam food processor. Demikian juga untuk roti whole wheat atau brown bread. Potong-potong roti, panggang sebentar dalam oven panas hingga agak kering lalu haluskan dalam food processor.

Jika ingin tekstur tepung roti agak kasar, jangan terlalu halus saat menghancurkan. Demikian juga jika ingin lebih kering, pangganglah sedikit lebih lama. Selain dipanggang roti tawar juga bisa dikeringkan di bawah sinar matahari.

Setelah dihaluskan sebaiknya simpan tepung roti dalam stoples kedap udara agar tidak melempem dan mudah berjamur. Agar mendapatkan tepung roti baru dan segar, haluskan tepung roti seperlunya saja untuk 2 atau 3 kali pemakaian.

Menurut situs Wikipedia. Tepung roti atau tepung panir adalah sejenis tepung yang dibuat dari roti kering yang ditumbuk halus. Tepung ini gunanya untuk memberikan makanan memiliki lapisan luar yang renyah. Tepung roti biasa digunakan untuk membuat kroket dan sebagainya. Sedangkan perbedaan tepung panir dan tepung roti ini tipis sekali.

Menurut tepung bumbu KOBE. Anda suka menyajikan makanan gurih nan renyah untuk keluarga? Pemakaian tepung bumbu mungkin menjadi pilihan utama Anda. Namun Anda juga jangan ragu untuk mencoba ini, KOBE Tepung Panir instan siap pakai buatan pabrik. Tepung ini cocok sekali dengan aneka macam jenis gorengan.

Basis tepung panir sebenarnya mirip dengan tepung roti pada umumnya, namun teksturnya yang lebih halus dari tepung roti yang teksturnya kasar dan sensasi renyahnya yang lebih lembut inilah yang menjadi daya tarik tepung panir ini.

Celupkan sajian seperti olahan cumi, udang, bola daging, tahu-tempe, jamur bahkan sayur seperti brokoli ke dalam adonan basah sebelumnya. Setelah proses tersebut, baru gulingkan di atas tepung panir hingga seluruhnya terbalut sempurna.

Tepung panir dapat menghasilkan tekstur makanan yang lebih renyah dan garing namun tetap dengan tekstur yang halus, sudah pasti lezat. Anda siap goreng-menggoreng krispi garing renyah.

Menurut Mama Suka, sedap, renyah dan garing. Tepung roti merupakan remah yang terbuat dari Roti tawar dengan bahan terigu berkualitas tinggi yang di olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan serpihan remah bagus, garing dan harum khas roti tawar. Sangat cocok untuk membalur/ melumuri aneka gorengan, udang,daging ayam filet, ikan dan lainnya. Sehingga menghasilkan gorengan dengan sensasi rasa khas.

Keunggulan Produk :
  • Renyah (remah bagus), garing, sedap aromanya
  • Sangat cocok untuk membalur/ melumuri udang goreng, daging sapi goreng, ikan, sayur dan lainnya.
Dalam masakan Jepang ada pula tepung sejenis yang diberi nama panko.

Secara umum, Anda dapat menemukan remah roti kering kemasan, baik polos ataupun berbumbu, di supermarket. Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil seperti dalam resep, hanya perlu langkah-langkah mudah membuat tepung roti segar.

Tepung roti paling enak sebagai baluran untuk menggoreng ikan, ayam, bahkan tempe dan tahu. Bila Anda menginginkan pilihan tepung roti yang lebih sehat dan yakin aman tanpa bahan pengawet, kenapa tak membuatnya saja sendiri? Caranya mudah, Anda pun bisa menambahkan keju, parsley, atau thyme agar memiliki tepung roti dengan citarasa yang berbeda. Yang Anda perlukan hanya roti yang sudah keras, bahan tambahan rasa serta food processor untuk menghancurkan semuanya menjadi tepung.

Tepung roti bisa dibuat dari roti baguette atau yang dikenal dengan roti Perancis. Tapi Anda juga bisa menggunakan roti tawar lainnya: roti putih atau pun gandum.

Pemilihan roti baguette karena teksturnya yang memang sudah keras dan renyah. Tetapi bisa juga diganti dengan roti tawar. Hanya saja jika menggunakan roti tawar perlu dikeringkan terlebih dahulu sebelum dihancurkan, Caranya angin-anginkan roti semalaman.

Setelah roti siap Anda tinggal menghancurkan semuanya dalam food processor. Bila suka Anda bisa mengkreasikan tepung roti buatan sendiri dengan menambahkan herb seperti thyme atau parsley. “Selain itu keju parmesan, rendang kering suir juga bisa. Jadi Anda memiliki tepung roti kaya rasa. Setelah itu Anda dapat menyimpan tepung roti buatan sendiri dalam wadah bersih yang kedap udara.

Tepung panir (bread crumb) ada macam-macam jenis, diantaranya adalah :
  • Tepung panir putih halus yang biasa digunakan melapisi kue, seperti : resoles, kroket, roti goreng isi rogout, dll.
  • Tepung panir kuning + tepung panir oranye (orange), tepung panir ini biasanya di mix atau dicampur ataupun dipakai sendiri sendiri untuk melapisi nugget ayam (tepung panir untuk nugget) dalam bahasa Inggrisnya chicken nugget. tepung panir jenis ini lebih kasar seukuran saringan 3mm-4mm. Untuk membuat tepung panir jenis ini roti tawar harus dibuat sendiri supayadi tambah pewarna makanan oren dan kuning untuk mendapatkan roti yang kasar roti dijemur setengah kering lalu diparut dengan mesin parut kusus saringan 3mm-4mm
  • Tepung Pangko, Tepung Pangko adalah Tepung panir putih dengan ukuran 7mm-10mm. Tepung Pangko biasanya digunakan untuk melapisi udang. Tepung Pangko juga cantik digunakan untuk membuat pisang goreng cara pembuatannya sama dengan cara pembuatan tepung panir kuning dan oren.
Selain macam-macam jenis tepung roti di atas ada juga tepung panir berbumbu, tepung panir bawang, tepung panir warna-warni, tepung panir hijau, tepung roti mix yang terdiri dari tepung panir dan tepung panko, tepung panir halus, tepung panir kasar. Apakah resep yang sedang Anda olah menginginkan remah atau tepung roti segar? Berarti, Anda harus membuatnya sendiri.

Bila resep mensyaratkan tepung roti segar, kadang-kadang remah roti kemasan tidak akan mampu mencapai hasil yang diharapkan pada resep. Karena itu, pelajari cara membuat remah roti segar dengan tips sederhana ini.

Secara umum, Anda dapat menemukan remah roti kering kemasan, baik polos ataupun berbumbu, di supermarket. Namun, jika Anda ingin mendapatkan hasil seperti dalam resep, hanya perlu langkah-langkah mudah membuat tepung roti segar.

Bahan yang Anda akan perlukan untuk membuat remah roti segar adalah beberapa potong roti. Anda dapat menggunakan berbagai bentuk roti yang sudah Anda miliki di dapur, seperti roti iris, bagel, baguette, atau roti hamburger. Kemudian, Anda memerlukan food processor, seperti diulas Sheknows.

Robek-robek roti lalu tempatkan ke dalam food processor. Haluskan beberapa kali untuk mendapatkan tekstur tepung roti yang sempurna. Teksturnya tergantung pada yang disarankan dalam resep, Anda bisa menghaluskannya agak kasar atau sangat halus.

Jika Anda ingin remah roti polos, voila! Anda sudah selesai. Namun, Anda juga dapat menambahkan bumbu untuk memberi rasa pada tepung roti, seperti parutan keju parmesan, peterseli cincang, atau rempah-rempah kering.

Buatlah tepung roti ekstra untuk disimpan dalam freezer sehingga memudahkan Anda pada penggunaan berikutnya. Anda dapat menggunakannya pada casserole, udang tempura, smoked beef risoles, dan sebagainya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi tepung panir lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk jualan usaha bisnis aneka tepung panir dari roti tawar buatan sendiri.

RESEP TEPUNG PANIR OVEN


BAHAN :
  • 500 gram roti/sisa roti
BUMBU (optional) :
  • 2 sdm oregano kering
  • 2 sdm parsley kering
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
CARA MEMBUAT TEPUNG PANIR OVEN :
  1. Memanaskan oven disuhu 90°C
  2. Potong-potong roti hingga kecil
  3. Panggang di dalam oven hingga 30 menit atau terlihat kering, keluarkan dari oven dan biarkan hingga dingin setelah dingin, masukkan potongan roti kedalam food processor, jika ingin tepung panir berbumbu, masukkan bumbu-bumbu pada bahan-bahan tadi dan blender roti bersama bumbu di dalam food processor.
  4. Tuangkan remahan roti yang terbentuk di atas Loyang yang dilapisi kertas roti
  5. Masukkan lagi kedalam oven dan panggang selama 5-10 menit agar menjadi kering.
  6. Tepung telah jadi dan siap pakai.

RESEP TEPUNG PANIR TANPA OVEN


BAHAN :
  • 160 gram roti tawar
CARA MEMBUAT TEPUNG PANIR TANPA OVEN :
  1. Potong-potong roti lalu tata di atas teflon. Panggang sampai kering. Masukkan ke dalam food prosesor. Untuk tekstur sesuai selera. Mau benar-benar halus atau agak kasar. Setelah itu, tuang lagi ke teflon. Sangrai dengan api kecil, sampai benar-benar kering. Setelah cukup kering matikan kompor. Tetap aduk sampai suhunya turun. Setelah dingin,simpan dalam toples. Tutup rapat agar tahan lama dan bisa dipakai ketika memasak.
  2. Aslinya ini pakai roti tawar warna pink. Tapi setelah jadi tepung panir warnanya berubah menjadi orange.

TIPS & TRICKS :
  • Sebaiknya dalam pembuatan roti tawar untuk dijadikan tepung panir gula jangan dimasukkan ke dalam adonan hal ini disebabkan karena gula menyebabkan tepung panir yang dihasilkan akan menjadi cepat gosong pada saat menggoreng kue maupun daging.

CARA MEMBUAT TEPUNG PANIR SENDIRI