CARA MEMBUAT KUE AMPYANG KELAPA MUDA


Resep Kue Kering Ampyang Kelapa Muda Sederhana Spesial Asli Enak Manis dan Gurih Serta Renyah. Kue ampyang memang bukan hanya monopoli kacang seperti contoh pada ampyang kacang. Kalu adonan gula merahnya sering ditambahkan jahe dan gula merah maka ampyang yang satu ini justru pakai gula putih. Warna-warninya sangat memikat mata unik dan menarik, putih original, pink, hijau, kuning, merah, dan rasanya renyah crispy, gurih dan pastinya manis banget. Kue kering ampyang kelapa muda juga cocok disajikan pada waktu lebaran Idul Fitri sebagai pelengkap menu lebaran di atas meja untuk para tamu yang cantik dan ganteng dan juga cocok untuk oleh-oleh khas daerah.

Foto Resep Kue Kering Ampyang Kelapa Muda Sederhana Spesial Asli Enak Manis dan Gurih Serta Renyah
Gambar Ampyang Kelapa Muda Aneka Warna Warni

Salah satu jenis camilan jajanan tradisional ini tergolong camilan kering yang banyak penggemarnya. Di daerah Jawa Tengah, Yogya, Solo, Magelang, dan Muntilan, ampyang selalu dibuat dari gula merah dan kacang tanah. Membuatnya juga tak sulit bisa dibilang gampang karena gula merah hanya dilelehkan, kadang ditambahkan air jahe lalu diaduk dengan kacang tanah sangrai. Adonan dasar ini kemudian disendoki dan dikeringkan di atas tampah.

Di daerah Jawa Barat, Sukabumi, Cianjur, Garut, snack ampyang dibuat dari kelapa agak muda. Daging buah kelapa diserut memanjang tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah itu barulah dibuat adonan gula pasir yang diberi pewarna. Kelapa lalu diaduk hingga berwarna dan gula mengering. Ada yang dibiarkan utuh hingga keriting melingkar-lingkar. Ada juga yang dipotong pendek dan disendoki seperti ampyang kelapa. Warna-warni yang cantik ini lebih memikat mata dari pada ampyang kacang tanah. Sayangnya ampyang kelapa tak tahan lama seperti ampyang kacang tanah. Gampang melempem dan tengik jadi harus cepat dihabiskan.

Buat para penggemar rasa manis, camilan ini sangat pas. Rasanya renyah, gurih kelapa disambung rasa manis gula. Paling enak dikunyah sambil nyeruput kopi pahit yang hangat. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ampyang kelapa gurih manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka ampyang dengan macam-macam jenis varian aneka rasa dari tradisional sampai modern, seperti kue kering ampyang kacang tanah, kue ampyang kacang coklat, ampyang coklat jahe, ampyang kacang jahe, ampyang tanpa oven, ampyang kacang pedas, ampyang singkong, ampyang ketan, ampyang gula putih, ampyang wijen, ampyang Jogja, ampyang kacang gula merah/gula Jawa/gula aren, ampyang kelapa muda tanpa kacang, ampyang kepyar, dll.

RESEP AMPYANG KELAPA


BAHAN :
  • 250 gram gula pasir
  • 3 buah kelapa muda, kerok kulit arinya, serut kasar
  • 1/2 sdt vanili
  • 100 ml air
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT KUE AMPYANG KELAPA :
  1. Campurkan garam, gula, vanili, air, serta pewarna makanan. Lantas kita didihkan dengan menggunakan api sedang.
  2. Aduk-aduk sampai berbuih-buih. Masukkanlah serutan kelapa, lantas diaduk-aduk sehingga benar-benar menjadi rata. Kini kecilkanlah api, aduklah sampai larutan gulanya semakin susut. Kini biarkanlah sehingga agak dingin.
  3. Ambilah sesendok adonan kelapa, kemudian bentuklah agak bulat terus diletakkan di kertas roti, biarkanlah menjadi beku.
  4. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE AMPYANG KELAPA MUDA