CARA MEMBUAT ES HALO HALO FILIPINA

Resep Es Halo-halo Filipina Sederhana Spesial Asli Enak. Kuliner minuman segar ala Philipina ini sangat mudah dijumpai di negara filipina. Ciri khas minuman es ini adalah es krim ubi ungu dengan bahan taburan atau topping seperti pisang rebus, potongan jeli, dan kelapa muda. Arti halo halo sendiri adalah campur bisa diartikan es campur dari Filipina komplit. Selain sebagai dessert khas Filipina (Filipino Dessert) juga sangat cocok dijadikan menu buka puasa ramadhan sebagai takjil es sedangkan untuk dijual juga laku laris manis.

Foto Resep Es Halo-halo Filipina Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Es Halo-halo Filipina

Menurut situs Wikipedia. Halo-halo atau halu-halo (dari bahasa Tagalog halo yang berarti campur) adalah es campur dari Filipina. Setelah diserut, es dihidangkan di dalam mangkuk/mangkok atau gelas tinggi dengan tambahan isi yang beraneka ragam, di antaranya: kolang-kaling (kaong), pisang, nata de coco, kelapa kopyor (makapuno), pacar cina, dan kacang-kacangan dan umbi yang dimasak manis. Di atasnya dituangkan susu kental manis atau susu evaporasi, dan kadang-kadang diberi es krim.

Sebelum ditutupi dengan es serut, kacang-kacangan diletakkan di dasar gelas atau mangkuk. Kacang-kacangan yang biasa dipakai adalah kacang hijau, kacang jogo, kacang arab, kacang merah atau kacang tanah. Buah-buahan segar atau dimasak dengan gula yang biasa dipakai adalah nangka, mangga, sawo duren, pepaya, apokat, buah kiwi, melon, atau ceri.

Umbi ketela yang dipakai terdiri dari dua jenis: ubi jalar (kamote) dan uwi (ube). Halo-halo juga sering diberi jagung manis dari kaleng, pinipig, puding karamel, serta jeli dari gelatin atau agar-agar yang diberi warna-warni merah, hijau, atau kuning. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais halo halo sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung atau kedai aneka es bahkan menu kios atau outlet es bahkan menu minman segar restoran ala cafe resto cepat saji.

RESEP ES HALO HALO FILIPINA


BAHAN :

BAHAN ES KRIM UBI UNGU :
  • 300 ml susu cair
  • 4 kuning telur
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sdt tepung maizena
  • 300 ml whipping cream
  • 100 gram ubi ungu
BAHAN TABURAN :
  • 1 buah pisang rebus
  • Aneka jeli/jelly yang dipotong-potong kotak
  • 1 buah kelapa muda, keruk
  • Jagung manis pipil secukupnya
CARA MEMBUAT ES HALO HALO FILIPINA :
  1. Rebus ubi ungu, hancurkan dan saring hingga mendapatkan adonan yang lembut.
  2. Masak susu dan ubi ungu hingga mendidih sambil diaduk perlahan.
  3. Masukkan kuning telur, gula, dan tepung maizena ke dalam wadah dan aduk hingga campuran menjadi padat dan berbusa.
  4. Campurkan larutan susu dengan campuran telur, aduk perlahan. Masak dengan api sedang, aduk terus hingga larutan menjadi lembut.
  5. Masukkan ke dalam pendingin selama 6-7 jam.
  6. Susun dan tata aneka bahan taburan mulai dari pisang rebus, jeli, dan kelapa yang telah diserut. Ambil satu sekup es krim ubi ungu, taruh di atas taburan.
  7. Sajikan.

Tags :

CARA MEMBUAT ES HALO HALO FILIPINA