CARA MEMBUAT SATE BULAYAK KHAS LOMBOK


Resep Sate Bulayak Khas Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sederhana Spesial Asli Enak. Sate bulayak tersedia dengan berbagai pilihan daging sapi, daging ayam, maupun jeroan (hati dan usus sapi). Pada umumnya rasa sate adalah manis dengan bumbu utamanya kacang tanah, tetapi lain halnya dengan sate bulayak gurih, cita rasanya lebih gurih seperti masakan kari. Apalagi makannya lengkap dengan plecing kangkung sambal pedas makin maknyus dan mantap banget. Pokoknya yummylah "Nikmat apalagi yang kau dustakan".

Foto Resep Sate Bulayak Khas Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sate Bulayak Khas Lombok

Menurut situs Wikipedia. Sate bulayak adalah sate khas Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, NTB, yang terbuat dari daging sapi berlumur bumbu khas Lombok dan disajikan bersama lontong (bulayak). Bumbu sate tersebut terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus bersama santan serta beberapa bumbu dapur lainnya sehingga rasanya mirip bumbu kari.

Bulayak adalah sejenis lontong khas daerah Lombok yang penyajiannya dibungkus dengan janur kelapa atau daun kelapa muda atau daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral dan bukan daun pisang. Awalnya Sate Bulayak dibuat oleh masyarakat yang berada di Kecamatan Narmada, Lombok Barat, karena itu, makanan itu banyak ditemukan di sekitar Taman Wisata Narmada, Pura Lingsar, Suranadi, Aiknyet dan sebagainya, dan kemudian menyebar di banyak tempat wisata di Pulau Lombok.

Sajian rumahan khas Sasak di tempat ini patut dicoba. Ada sate bulayak dengan bumbu kacang yang pedas, lembut dan empuk dan ayam pelalah berendam bumbu santan yang sedap dan super lezat.

Berkunjung ke Lombok terasa tak lengkap tanpa mencicip kuliner khasnya. Di kawasan wisata Suranadi, Lombok Barat, ada sebuah rumah makan legendaris disana namanya RM Suranadi yang menyajikan hidangan khas Lombok selain ayam taliwang dan sate rembiga. Hidangan yang ditawarkan antara lain ayam bakar pelecingan, ayam goreng Suranadi, ayam pelalah, ikan bumbu rajang, ikan acar kuning, sate pusut, sate bulayak, dan telur dadar Suranadi. Sementara sayurnya ada pilihan pelecing kangkung pedas, cah kangkung, dan pelecing pakis. Jika ingin buat sate bulayak. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi balayak satay sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka makanan khas Lombok Mataram.

RESEP SATE BULAYAK KHAS LOMBOK


BAHAN :
  • 350 gram daging sapi, tumbuk kasar, potong kecil
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 100 gram kelapa setengah tua, parut kasar
  • 100 gram kacang tanah goreng, tumbuk halus
  • 1 sdm gula merah, serut
  • 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 25 buah tusuk sate
  • 10 buah bulayak/ lontong khas Lombok
BUMBU HALUS :
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3/4 sdt merica sangrai
  • 3/4 sdt garam
CARA MEMBUAT SATE BULAYAK KHAS LOMBOK :
  1. Lumuri daging dengan air jeruk nipis, diamkan 15 menit.
  2. Campur daging dengan setengah bagian bumbu halus dan kelapa parut, aduk rata.
  3. Tusuk daging ke dalam tusuk sate, kukus 20 menit hingga matang.
  4. Bakar sate hingga kecokelatan.
  5. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan kacang tanah, gula merah dan santan, aduk rata. Masak hingga mendidih dan kental.
  7. Sajikan sate dengan sambal kacang dan bulayak (lontong khas lombok yang dibungkus janur kelapa).


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SATE BULAYAK KHAS LOMBOK