CARA MEMBUAT KUE BIJI KETAPANG BETAWI RENYAH


Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Lembut Renyah Sederhana Spesial Asli Enak Khas Betawi. Camilan dari biji ketapang ini dibuat dari campuran tepung terigu dan gula. Sehingga menghasilkan rasa manis dan renyah. Sayangnya, mengolah kue biji ketapang juga membutuhkan trik khusus supaya bijinya tidak menghasilkan tekstur yang keras. Oleh sebab itu, banyak orang yang gencar mencari tahu bagaimana cara membuat biji ketapang yang empuk. Perlu diketahui variasi olahan resep biji ketapang tradisional ini ada 2 versi kue biji ketapang manis gurih dan kue biji ketapang asin gurih. Sedangkan olahan modern kue biji ketapang ada varian baru dan terbaru, seperti ada rasa keju contoh pada resep kue biji ketapang keju. kue biji ketapang tanpa kelapa, kue biji ketapang tanpa santan, kue biji ketapang tanpa telur, kue biji ketapang kacang tanah, kue biji ketapang coklat, kue biji ketapang wijen, dll.

Foto Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Lembut Renyah Sederhana Spesial Asli Enak Khas Betawi Garing
Gambar Kue Biji Ketapang Empuk Renyah


Camilan kue Biji Ketapang sangat terkenal di kalangan masyarakat Betawi. Camilan yang satu ini memiliki tekstur yang sangat renyah dan garing dipadukan dengan rasa manis gurih. Biasanya camilan yang satu ini hanya dihidangkan ketika perayaan hari besar saja, tapi kali ini anda tidak perlu khawatir untuk dapat menikmatinya. Biji Ketapang dari Mpok Nini dapat anda sajikan sebagai camilan keluarga kapanpun anda inginkan.

Menurut situs Wikipedia Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) adalah nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tumbuh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nama ketapang dengan pelbagai variasi dialeknya (misalnya Bat.: hatapang; Nias: katafa; Mink.: katapieng; Teupah: lahapang; Tim.: ketapas; Bug.: atapang; dll.), pohon ini juga memiliki banyak sebutan seperti talisei, tarisei, salrisé (Sulut); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan sebagainya.

Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama-nama Bengal almond, Indian almond, Malabar almond, Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond, Talisay tree, Umbrella tree, dan lain-lain.

Manfaat. Pepagannya dan daun-daunnya dimanfaatkan orang untuk menyamak kulit, sebagai bahan pewarna hitam, dan juga untuk membuat tinta. Pepagan menghasilkan zat pewarna kuning kecoklatan sampai warna zaitun, dan mengandung 11–23% tanin; sementara daun-daunnya mengandung 12 macam tanin yang dapat dihidrolisis. Dalam pada itu populer keyakinan di kalangan penggemar ikan hias bahwa menaruh daun-daun ketapang kering di akuarium, khususnya ikan cupang (Betta spp.), dapat memperbaiki kesehatan dan memperpanjang umur ikan.

Kayu terasnya merah bata pucat hingga kecoklat-coklatan, ringan sampai sedang, BJ-nya berkisar antara 0,465–0,675; cukup keras dan ulet, namun tidak begitu awet. Kayu ini dalam perdagangan dikenal sebagai red-brown terminalia, dan digunakan sebagai penutup lantai atau venir. Di Indonesia, kayu ini digunakan dalam pembuatan perahu dan juga untuk ramuan rumah.

Biji ketapang dapat dimakan mentah atau dimasak, konon lebih enak dari biji kenari, dan digunakan sebagai pengganti biji amandel (almond) dalam kue-kue. Inti bijinya yang kering jemur menghasilkan minyak berwarna kuning hingga setengah dari bobot semula. Minyak ini mengandung asam-asam lemak seperti asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat. Biji kering ini juga mengandung protein (25%), gula (16%), serta berbagai macam asam amino. Akan tetapi ini bukan biji ketapang yang sebenarnya melainkan sejenis kue kering goreng yang bentuknya mirip dengan biji ketapang. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih biji ketapang sajian sedap istimewa, ncc, lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kue kering.

RESEP KUE BIJI KETAPANG


BAHAN :
  • 150 gram kelapa setengah tua diparut diambil santannya (atau pakai 1 bungkus santan kara instan)
  • 400 gram terigu protein sedang
  • 1 butir telur ayam (atau ambil kuningnya saja)
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram margarin
  • Vanili secukupnya
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT KUE BIJI KETAPANG :
  1. Pecahkan 1 butir telur ayam ke dalam wadah. Kocok sampai rata.
  2. Masukkan 150 gram gula pasir putihnya, 1 sendok teh garam dapur dan vanili secukupnya. Campur ketiga bahan tadi dengan kocokan telur sampai benar benar tercampur rata.
  3. Ambil satu wadah lagi. Masukkan kelapa parut dan campur sampai rata dengan 400 gram tepung terigu protein sedang.
  4. Masukkan campuran tepung di wadah ke dua ke dalam adonan di wadah pertama. Campur semua bahan sampai rata.
  5. Masukkan 100 gram margarin ke dalam adonan utama. Campur menggunakan tangan atau di uleni hingga kalis.
  6. Bentuk adonan bulat memanjang (seperti betuk bolpoint atau spidol). Potong adonan tadi kecil kecil dengan agak serong menyerupai biji ketapang.
  7. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan dengan api sedang. Masukkan secukupnya dan goreng Kue Biji Ketapang sampai matang atau berwarna coklat muda. Ulangi sampai semua adonan habis.
  8. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE BIJI KETAPANG BETAWI RENYAH