CARA MEMBUAT CREAM CHEESE HOMEMADE GADUNGAN


Resep Cara Membuat Cream Cheese Alternative Gadungan atau Krim Keju Sendiri Rumahan Homemade (Krim Keju Alternatif) Sederhana Spesial Asli Enak. Modalnya Hanya Keju Cheddar Biasa. Selain itu juga ada cream cheese atau krim keju yang terbuat dari susu, mentega/butter, dan whipped cream. Anda tinggal memilih mau pakai cara yang mana atau tergantung bahan-bahan yang ada atau tersedia. Memang di pasaran sudah tersedia cream cheese lumer buatan pabrik seperti merk Anchor, Kraft original Philadelphia, Cheesy olesan, Milkana, Dairy Lands, Yummy, Elle & Vire original American, Calf processed, Arla, Royal Victoria, dll, namun mungkin tidak atau belum tersedia di kota atau di daerah Anda sebagai alternatif Anda bisa buat sendiri cream cheese nya untuk cake, olesan kue donat, cup cake, untuk pasta, untuk minuman, untuk frosting, untuk oreo cheese cake, dll.

Foto Resep Cara Membuat Cream Cheese Alternative atau Krim Keju Sendiri Homemade (Krim Keju Alternatif) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Cream Cheese Homemade Alternative

Menurut situs Prochiz. Cream cheese merupakan keju dengan tekstur yang sangat lembut dan sangat mudah dioles, karena bentuknya creamy (soft cheese). Resep cream cheese sebenarya sama saja dengan keju lainnya, berbahan dasar susu. Yang membedakan hanyalah warnanya. Biasanya, resep cream cheese berwarna putih, berbeda dengan keju pada umumnya yang berwarna kuning.

Cream cheese atau biasa disebut keju oles merupakan salah satu dari banyak jenis keju yang beredar di pasaran. Resep cream cheese memiliki tekstur yang lebut dan menyerupai mentega. Resep cream cheese berbeda dengan keju lainnya yang dibuat melalui proses pematangan. Oleh karena itu, bentuknya sangat lembek. Hal tersebut menjadikan cream cheese mudah menjadi bahan olahan makanan atau pelengkap makanan.

Resep cream cheese memiliki kandungan gizi yang tidak jauh berbeda dengan jenis keju lainnya, yakni protein, vitamin A, B, dan D, serta kalsium. Meski memiliki kandungan yang sama dengan keju lainnya, resep cream cheese biasanya didominasi oleh campuran lemak sapi. Keju ini dibuat dari 45% campuran lemak sapi. Hal ini menjadikan cream cheese kaya akan protein yang baik bagi tubuh.

Menurut sejarah resep cream cheese pertama kali ditemukan di Perancis. Namun, yang terkenal justru berkembang pesat di Amerika Serikat, lebih tepatnya New York. Itulah sebabnya, resep cream cheese yang dinilai paling enak adalah Philadelphia Cream cheese. Di Indonesia sendiri, cream cheese masih belum begitu populer, meskipun penggemarnya sudah semakin banyak.

Meski populer, cream cheese biasa jarang dikonsumsi secara langsung, melainkan digunakan untuk membuat cheese cake yang lembut, filling roti, atau cheese frosting, maupun sebagai campuran membuat kue lainnya. Resep cream cheese yang lembut menjadikan keju jenis ini mudah digunakan sebagai bahan campuran.

Kendati demikian, resep cream cheese terbilang rentan dan memiliki daya tahan yang rendah dibandingkan keju jenis lainnya. Hal ini dikarenakan cheese cream tergolong ke dalam jenis keju lunak.

Pada suhu ruangan, biasanya resep cream cheese hanya bertahan sekira 2-3 jam saja. Sedangkan di dalam lemari es, daya resep cream cheese bisa lebih lama. Yakni hingga 2 minggu setelah dibuka. Bila terlalu lama, cream cheese bisa dengan mudah ditumbuhi jamur. Oleh karena itu, jangan membiarkan cream cheese terlalu lama setelah dibuka dari kemasannya.

Cream cheese sekalipun memiliki fungsi dan kandungan gizi yang banyak, sangat sulit ditemui di supermarket atau toko-toko dan memiliki harga yang mahal. Meski begitu, resep cream cheese sudah dapat banyak diperoleh, Anda bisa membuatnya sendiri. Cara mengolah resep cream cheese pun cukup mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan cream cheese yang lezat.

Japanese cheese cake menjadi salah satu kue yang populer dijual. Kue lembut yang gurih ini memang menarik perhatian karena tampilannya yang bikin gemas. Saking lembutnya, JCC ini bahkan bisa meliuk-liuk manja saat digoyangkan.

Untuk membuat JCC, salah satu bahan utamanya adalah krim keju. Tetapi sayangnya krim keju belum banyak tersedia, khususnya di kota-kota kecil. Selain itu, harganya pun cukup mahal.

Nah, kalau kamu ingin membuat JCC atau pun makanan lain yang berbahan dasar krim keju, kamu bisa kok membuatnya sendiri. Modalnya hanya satu blok keju cheddar, tepung maizena dan susu murni. Intip yuk caranya seperti yang dipraktekkan oleh Debbie dalam videonya Hidupku Sebagai Debbie. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi cream cheese sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple mudah dan praktis serta ekonomis murah meriah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka cream cheese.

CREAM CHEESE DIBUAT DARI KEJU CHEDDAR OLAHAN

RESEP CREAM CHEESE ALTERNATIVE


BAHAN:
  • 175 gram keju cheddar olahan, terserah merk apasaja karena belum ada sponsor
  • 125 ml susu UHT
  • 1 sdt maizena
CARA MEMBUAT CREAM CHEESE ALTERNATIVE :
  1. Parut keju cheddar olahan.
  2. Panaskan air
Gampang bukan? Sekarang kamu pun bisa membuat aneka makanan lezat yang membutuhkan krim keju sebagai bahannya dengan modal murah meriah dan rasanya gak kalah enak. Selamat mencoba!.

Selain resep Hidupku sebagai Debbie di atas sebenarnya ada resep krim keju (cream cheese recipe) lain yang lebih ekstrim disebut cream cheese gadungan atau cream cheese kw.

1. Cream Cheese dari Yogurt

Terinspirasi dari sini, saya memberanikan diri untk mencoba membuat cream cheese gadungan ini sendiri dari plain yogurt. Ada banyak pro dan kontra tentang cream cheese ini, ada yang berkomentar kalau cream cheese ini rasanya lebih enak dari yang dijual di toko, tapi ada juga yang berpendapat kalau ini bukan cream cheese karena cara membuatnya tidak sama dengan cream cheese yang asli.
Cara membuatnya sangat mudah. Cuup denagn meletakkan yogurt plain yang akan dibuat menjadi cream cheese ke dalam kain yang tipis (saya menggunakan kain tipis berbahan dasar katun yang biasa dipakai untuk menyaring jus wortel dengan cepat). Ujung kain diikat dan digantung pada cantelan, bisa apa saja. Biarkan yogurt dalam keadaan tergantung sampai seluruh air menetes keluar. Jangan lupa untuk menampung air tersebut untuk digunakan sebagai bahan memasak pancake (pengganti buttermilk), salsa, sauerkraut atau acar. Jika ingnin lebih cepat mengeluarkan air, kita bisa memeras yogurt tersebut perlahan lahan. Perhatikan agar cairan putih kental jangan samapi keluar dari kain penyaring. Setelah yogurt terpisah dari airnya, yogurt atau cream cheese gadungan ini bisa digunakan untuk berbagai resep, sebagai dipping, saus, campuran pancake, frosting, filling, cookie, pasta, bahkan untuk membuat japanese cream cheese cake.

2. Cream Cheese dari Susu, Butter dan Keju

Ada cara lain untuk membuat cream cheese bukan dari yogurt yaitu:

RESEP CREAM CHEESE SUSU BUTTER KEJU HOMEMADE


Sumber : Royal Palmia
Resep By : Heynich Anak Pak Saragi

BAHAN :
  • 130 ml susu cair
  • 130 gram keju parut
  • 40 gram margarine/mentega
CARA MEMBUAT CREAM CHEESE HOMEMADE :
  1. Campur semua bahan, masak dengan api kecil sambil di aduk sampai meletup letup lalu matikan api.
  2. Hilangkan uap panas nya, mixer sebentar dengan speed paling rendah.
  3. Simpan di tempat kedap udara, masukan ke dalam kulkas.

RESEP CREAM CHEESE WHIPPED CREAM


BAHAN :
  • 125 ml krim kental dari whipped cream
  • 125 gram cheddar cheese yang diparut halus
CARA MEMBUAT CREAM CHEESE DARI WHIPPED CREAM :
  1. Cheddar cheese parut dicampur dengan krim kental, lalu dimasak dengan api kecil. Aduk agar tidak gosong. Campuran cheddar cheese dan krim kental ini diaduk terus sampai kejunya meleleh dan campuran krim kental ini sudah tercampur dengan sempurna sehingga menjadi adonan keju yang lembut. Setelah itu angkat, dinginkan.
  2. Siap untuk dipakai.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CREAM CHEESE HOMEMADE GADUNGAN