CARA MEMBUAT THAI TEA SENDIRI


Resep Thai Tea Sederhana Spesial Asli Enak. Rahasia Membuat minuman Thai Tea Ala Kedai di Mall. Minuman Thai Milk Tea yang beraroma khas ini memang sedang hits dan kekinian di jaman now saat ini. Hampir di setiap kafe maupun resto menyajikan minuman asal Thailand ini dtambah banyaknya gerai dan kios menjual minuman segar teh susu Thailand ini.

Thai Tea sedang menjadi tren usaha dan banyak dijual di kedai-kedai dalam mal dan plaza mapun gerai-gerai dan kios di pinggir jalan. Padahal cara membuat minuman ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Thai Tea merupakan minuman teh dengan campuran susu bisa disebut teh susu atau susu teh.

Foto Resep Thai Tea Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Thai Tea Aneka Rasa

Menurut situs Wikipedia. Thai tea atau Teh Thailand adalah teh olahan khas Thailand yang sajiannya sekilas mirip dengan teh tarik tetapi memiliki rasa yang berbeda. Sama dengan teh tarik, teh ini pun sangat terkenal di negaranya dan juga mancanegara karena rasanya yang cocok dengan lidah kebanyakan orang. Berbeda dengan teh tarik, Thai tea adalah campuran teh hitam dengan bunga lawang, gula dan juga susu evaporasi. Teh ini memeiliki rasa pahit yang tak pekat dan cenderung manis. Teh ini dapat di sajikan baik panas maupun dingin. Thai tea dapat ditemukan di sekitar Bangkok dan biasanya di jual oleh pedagang kaki lima pinggir jalan.

Sejarah asal - usul mula Teh Thailand (juga dikenal sebagai Thailand es teh) atau “cha-yen” (Thai: ชา เย็น, [tɕ͡ʰaː.jēn] (mendengarkan), menyala “teh dingin”) di Thailand, adalah minuman yang terbuat dari sangat diseduh teh Ceylon . Namun, karena harga tinggi Ceylon teh, sebuah landrace lokal berkembang versi (tradisional atau semi-liar) dari Assam dikenal sebagai Bai Miang (ใบเมี่ยง) dengan makanan tambahan pewarna yang biasa digunakan. Bahan-bahan lain mungkin termasuk ditambahkan air limau, adas bintang, hancur biji asam atau merah dan kuning pewarna makanan, dan rempah-rempah kadang-kadang lain juga. Teh ini manis dengan gula dan susu kental dan disajikan dingin. Susu evaporated, susu kelapa atau susu umumnya dituangkan di atas teh dan es sebelum disajikan untuk menambah rasa dan penampilan krim. Namun, di Thailand, susu kental dan gula dicampur dengan teh sebelum dituangkan di atas es dan kemudian atasnya dengan susu menguap. Dalam restoran Thailand di seluruh dunia, disajikan dalam gelas tinggi, meskipun ketika dijual dari jalan dan pasar kios di Thailand itu lebih biasanya dituangkan di atas es yang dihancurkan dalam kantong plastik bening (atau tembus) atau gelas plastik yang tinggi. Pada pasar, dapat dilihat untuk dicampur dengan menuangkan teh di ketinggian sekitar 4 meter bolak-balik. Hal ini juga dapat dibuat menjadi frappé di vendor yang lebih kebarat-baratan.

Hal ini populer di Asia Tenggara dan di banyak restoran Amerika yang menyajikan makanan Thailand. Meskipun teh Thailand adalah tidak sama dengan bubble tea, sebuah Tenggara dan minuman Asia Timur yang berisi mutiara tapioka besar, teh Thailand dengan mutiara tapioka adalah rasa populer bubble tea.

Sebenarnya, tidak ada resep khusus atau tehnik rahasia untuk membuat minuman asal Thailand yang identik dengan negeri gajah itu. Menurut situs Cookpad social media resep masakan, Anda cukup sediakan 1500 ml air, 50 gram daun teh hitam atau thai tea atau teh Thailand atau pakai thai tea bubuk (thai tea powder), 125 gram gula pasir, 200 ml susu evaporasi, 350 ml krimer atau susu kental manis putih, dan es batu secukupnya. Maka jadilah minuman segar dingin es thai tea atau es Thai milk tea yang nikmat dan mantap. Andapun bisa mencontoh resep thai tea ala Dum Dum, dan Andapun bisa membuat varian dengan aneka rasa, seperti resep thai tea milo, resep thai tea green tea dengan aroma teh hijau yang harum dan wangi, resep thai tea rasa taro, resep thai tea mango, resep thai tea original, resep thai tea chatramue, resep thai tea number one, dll.

Apa itu susu evaporasi?. Susu tersebut merupakan susu sapi yang 60 persen kadar airnya dihilangkan dari susu segar atau susu murni. Jenis ini berbeda dengan susu kental manis, yang mengandung gula tambahan.

Anda bisa dengan mudah menemukannya jika mengunjungi supermarket. Dapat dikatakan juga, hal ini yang sering luput ketika orang membuat Thai Tea di rumah sehingga rasanya sedikit berbeda dengan yang ada di mal.

Bagaimana cara membuatnya? Anda cukup merebus air bersama daun teh hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tutup panci, biarkan selama lima menit hingga berwarna pekat.

Menurut situs Wikipedia. Daun teh Thailand mengeluarkan aroma khas yang menjadikan minuman ini berbeda dengan teh yang dicampur susu lainnya. Setelah pekat, saring teh kemudian tambahkan gula, aduk rata. Biarkan teh agak dingin dan campur dengan susu evaporasi dan krimer dan susu kental manis. Aduk rata atau bisa juga dikocok dengan shaker dalam kondisi teh telah dingin hingga berbuih. Untuk menambah kesegaran, jangan lupa beri es batu sehingga Thai Tea semakin dingin.

Thai Milk Tea booming di negara asalnya sejak tahun lalu, saking favoritnya banyak orang rela mengimpor daun tehnya ke Indonesia. Namun, penyajian Thai Milk Tea ini sesungguhnya mudah, Anda bisa membuat minuman ini sendiri di rumah. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi Thai Tea atau Thai Milk Tea sajian sedap istimewa ncc step by step anti gagal lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka minuman Thai tea ala cafe resto maupun untuk usaha franchise waralaba dengan membuat macam-macam jenis thai tea berbagai rasa untuk jualan yang lebih laris manis dengan harga murah meriah serta ekonomis dengan kemasan gelas maupun thai tea botol rasa buah dengan logo design yang bagus untuk dijual. Jangan lupa like and subscribe carabuatresep.blogspot.com untuk berlangganan resep menarik dan unik lainnya.

RESEP THAI TEA MILK UNTUK 1 GELAS


BAHAN :
  • 2 sdt Thai Tea Mix “Number One” (atau merek Thai tea powder lain)
  • 250 ml air matang
  • 1 sdt gula pasir
  • 4 sdm susu kental manis atau krimer
  • 3 sdm susu evaporated (bisa pakai F&N) / susu segar / whipped cream
  • Es Batu Secukupnya
CARA MEMBUAT THAI TEA :
  1. Panaskan air hingga mendidih, masukkan daun teh, matikan api, diamkan 10 menit.
  2. Saring teh masukkan ke dalam gelas yang sudah diisi susu kental manis dan gula. Aduk hingga rata.
  3. Terakhir tuangkan susu Evaporated lalu aduk rata.
  4. Tunggu hingga dingin, bisa langsung diminum, bisa juga diblender bersama dengan es batu, atau disajikan dengan es batu atau disimpan di dalam kulkas tunggu hingga dingin baru diminum.
  5. Sajikan untuk porsi 1 gelas.

RESEP THAI TEA MILK UNTUK 3 GELAS


BAHAN :
  • 600 ml air matang
  • 50 gram daun teh Thailand
  • 60 gram gula pasir
  • 100 ml susu evaporasi
  • 185 ml susu kental manis
  • Es batu pecahan
CARA MEMBUAT THAI TEA MILK :
  1. Di dalam panci, didihkan air bersama daun teh untuk merebus. Angkat, tutup panci.
  2. Biarkan selama 5 menit hingga berwarna pekat. Masukkan gula, aduk rata. Saring, biarkan dingin.
  3. Tambahkan susu evaporasi dan susu kental manis. Aduk rata.
  4. Sajikan bersama es batu untuk 3 gelas.
KETERANGAN :
  • Daun teh Thailand: Racikan teh khas Thailand yang sudah diberi tambahan aroma dan pewarna khusus sehingga jika diseduh akan menghasilkan warna merah oranye dan beraroma khas bunga. Tersedia di pasar swalayan terkemuka di kota Anda.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT THAI TEA SENDIRI