CARA MEMBUAT KUE MARIE WIJEN


Resep Kue Mari Wijen Sederhana Spesial Asli Enak. Nama lain dari kue lapis wijen ini adalah biskuit marie wijen atau biskuit karamel lapis wijen atau biskuit mari tabur wijen yang masih termasuk cemilan jadul (jaman dulu) bukan jaman now kekinian. Kue marie wijen ini telah menjadi oleh-oleh khas Malang, Jawa Timur yang terkenal dengan nama kue marie wijen Malang sebut saja mari wijen merk Rose Java produksi Batu Malang dengan rasa dan kualitas bahan bermutu tinggi sehingga laris dipasaran, namun banyak yang telah memilih kue renyah ini dijadikan bisnis rumah tangga.

Foto Resep Kue Mari Wijen Biskuit Marie Susu Regal Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Mari Wijen Karamel

Menurut situs Wikipedia. Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) adalah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya. Afrika tropik diduga merupakan daerah asalnya, yang lalu tersebar ke timur hingga ke India dan Tiongkok. Di Afrika Barat ditemukan pula kerabatnya, S. ratiatum Schumach. dan S. alabum Thom., yang di sana dimanfaatkan daunnya sebagai lalap. S. ratiatum juga mengandung minyak, tetapi mengandung rasa pahit karena tercampur dengan saponin yang juga beracun.

Saat ini, wijen ditanam terutama di India, Tiongkok, Mesir, Turki, Sudan, serta Meksiko dan Venezuela.

Kegunaan wijen. Wijen sudah sejak lama ditanam manusia untuk dimanfaatkan bijinya, bahkan termasuk tanaman minyak yang paling tua dikenal peradaban. Kegunaan utama adalah sebagai sumber minyak wijen. Bijinya yang berwarna putih digunakan sebagai penghias pada penganan, misalnya onde-onde, dengan menaburkannya di permukaan penganan tersebut. Biji wijen dapat dibuat pasta. Berbagai tradisi memasak yang memanfaatkan kedelai tersebar mulai dari kawasan Laut Tengah, seperti Yunani dan Turki, hingga Jepang dan semenanjung Korea.

Makanan ini termasuk macam-macam jenis aneka kue menggunakan wijen yang mungkin jajanan favorite Anda atau anak-anak Anda di rumah dan juga sangat diminati Ibu-ibu untuk sajian lebaran Idul Fitri. Pada resep kue atau biscuit ini pake wijen putih jika Anda ingin menggunakan wijen hitam boleh saja. Sedangkan untuk biskuit bisa pakai biscuit marie susu merk regal atau biscuit marie kiloan yang dibeli di toko-toko kue di pasar-pasar tradisional. Untuk biji wijen sebaiknya gunakan wijen lokal karena wijen lokal lebih gurih dari wijen import dan aroma wijen lokal lebih khas. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih marie wijen sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kue jadul dijual atau dititip di warung-warung.

RESEP KUE MARI WIJEN


BAHAN :
  • 1 bungkus biskuit marie susu merk apa saja
  • 6 sdm gula pasir untuk karamel sebagai perekat wijen di biskuit
  • 1 sdm butter/margarin
  • 20 ml air
  • 100-150 gram wijen putih atau wijen hitam (boleh pakai biji wijen lokal atau wijen import)
CARA MEMBUAT KUE MARI WIJEN :
  1. Cara Sangrai Wijen : Sangrai wijen kurleb 5-7 menit (boleh sampai berubah agak kecokelatan disesuaikan dengan selera Anda).
  2. Angkat dan tuang wijen dalam baskom. Sisihkan.
  3. Masak gula pasir hingga larut. Gunakan api kecil agar tidak gosong dan sebaiknya pakai wajan anti lengket/teflon. Ini gula setelah larut dan menjadi karamel. Aduk terus hingga gula larut seluruhnya. Tambahkan butter/margarin aduk rata
  4. Masukkan air aduk ulang hingga rata dan gunakan api lilin saat memasukkan air. Hati-hati percikannya. (saya tidak mematikan kompor tapi saya gunakan api sangat-sangat kecil/hampir mati tujuannya agar gula tidak cepat mengeras atau gosong).
  5. Ambil 2 rangkap biskuit marie lalu celupkan di larutan gula/karamel bolak balik (gunakan alat penjepit saat mencelupkan biskuit ke dalam larutan gula).
  6. Guling-guling kan dalam wijen yang telah di sangrai hingga biskuit terbaluri sempurna hingga merata menutupi seluruh bagian biskuit. Lakukan hingga biskuit marie susu habis.
  7. Setelah selesai semua masukkan dalam kulkas 10menit agar gula cepat set.
  8. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE MARIE WIJEN