CARA MEMBUAT CHOCOLATE MOUSSE CAKE


Resep Chocolate Mousse Cake Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Asli Enak. Nama desert yummie ini adalah Chocolate Mousse atau coklat mouse dalam bahasa Indonesia yang teksturnya mirip puding (pudding) atau agar agar jelly coklat. Cara membuatnya gampang dan bahannya juga tidak mahal, Bagi yang baru belajar, jangan khawatir karena buat pemula, resep kue ini termasuk gampang banget.

Foto Resep Chocolate Mousse Cake Lembut dan Empuk Serta Meleleh Lumer Di Mulut Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Chocolate Mousse Cake Loyang

Menurut situs Wikipedia. Mousse (/ˈmuːs/), yang berarti busa, adalah makanan prasaji yang memanfaatkan gelembung udara untuk menciptakan tekstur cerah dan berlubang. Ada banyak macam mousse, mulai dari yang cerah dan menggumpal sampai yang kental dan tebal, tergantung teknik penyajiannya. Mousse memiliki rasa manis atau berperisa. Mousse penutup biasanya dibuat menggunakan putih telur kocok atau krim kocok dan umumnya ditambahkan coklat atau sari buah. Telur rebus keras, ikan, atau hati sapi digunakan untuk membuat mousse berperisa.

Di Balik Kelembutan Mousse, Dessert Nikmat dari Prancis. Menurut situs Femina. Hampir semua restoran di Prancis akan terlebih dahulu menawarkan mousse untuk dessert. Mousse yang lembut dan kaya rasa memang layaknya ‘hadiah’ yang memanjakan di akhir santap. Lembut, bertekstur ringan, tidak perlu usaha berlebihan kala menikmatinya. Cukup resapi rasa dan teksturnya yang selembut kapas meluncur di mulut Anda serasa lumer dan meleleh, mantap.

Dessert adalah sajian yang disajikan diakhir courses dalam suatu set menu makanan lezat yang gunanya untuk menghilangkan kesan rasa hidangan yang terdahulu dan menutup babak penyajian makanan. Sajian dessert sering dinamakan The final course atau The last course dan berasa manis atau disebut sweet Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Dessert biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan, terkadang ada yang berasa asin atau kombinasinya. Fungsi dessert dalam giliran hidangan (courses) adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama (main course) yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang amis serta menghilangkan rasa enak. Pada awalnya hidangan dessert yang disajikan berupa buah-buahan yang segar tanpa proses pengolahan.

Seiring dengan perkembangan zaman, hidangan dessert mulai bervariasi dengan mengambil dasar (basic) dari beberapa hidangan seperti cake, pie, ice cream dan sebagainya yang dipadukan dengan sauce, buah, syrup, cream atau perpaduan antara bahan dasar, sehingga menciptakan hidangan dessert yang lezat dan menarik. Jenis hidangan yang digunakan sebagai dessert dapat dihidangkan secara tersendiri diluar dari susunan menu. Seperti untuk hidangan teman tea, sebagai snack, petit four, hantaran, dan lain sebagainya.

Menurut buku ensiklopedia kuliner Larousse Gastronomique, mousse adalah sajian yang diproses hingga memiliki tekstur lembut berongga, diaduk dengan cara aduk lipat (folding), kemudian dicetak. Mousse biasanya disajikan dingin. Dalam bahasa Prancis, mousse berarti busa, berawal dari kata dalam bahasa Latin mulsa, yaitu sejenis minuman beralkohol dari madu dan wine yang memiliki banyak busa.

Pada abad ke-18, mousse pertama yang tercatat adalah chocolate mousse asal Prancis yang ditulis oleh Menon dalam bukun Supper at Court (terbit tahun 1755). Meski saat itu belum tertulis chocolate mousse, metode pembuatan resepnya mencerminkan sebagaimana halnya mousse: Berbahan cokelat leleh, air mendidih, dan telur kocok yang dicampur hingga teksturnya lembut. Chocolate mousse (mousse au chocolat) kemudian tercatat dalam kamus bahasa Prancis pada tahun 1857.

Hidangan ini makin populer pada tahun 1900, dipopulerkan oleh pelukis Prancis yang hobi memasak, Henri de Toulouse-Lautrec. Ia meracik hidangan bernama chocolate mayonnaise yang sejatinya sama dengan mousse. Kelembutannya juga mulai menjerat penyuka sajian manis di Amerika Serikat sejak diperkenalkan pertama kali pada acara Food Exposition di Madison Square Garden, New York, tahun 1897.

Ada 4 komponen pembuat mousse, yaitu :

Base : Komponen pemberi rasa pada mousse. Ini antara lain cokelat leleh, purée buah, fruit curd, hingga crème anglaise.

Aerator : Bahan pengembang yang bertanggung jawab pada tekstur ringan mousse. Ini adalah paduan putih telur kocok dan krim kocok yang dicampurkan dalam dua tahap, atau salah satunya.

Sweetener : Gula bisa dicampurkan ke dalam putih telur (menjadi adonan meringue) agar tekstur mengembangnya lebih bertahan (lebih stabil).

Gelling Agent : Gelatin bubuk atau lembaran. Dibutuhkan bila mousse akan dikeluarkan dari cetakan agar bentuknya bertahan. Jika mousse disajikan dalam gelas, cukup gunakan sedikit saja, atau bahkan tidak sama sekali. Gelatin biasanya ditiadakan bila base mengandung cokelat, karena cokelat akan solid dengan sendirinya.

Anda bisa gunakan atau pilih dari kedua resep yang dibagikan oleh carabuatresep di bawah ini atau Anda bisa buat kreatifitas sendiri, misalnya dengan membuat triple chocolate mousse. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi chocolate mousse nikmat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka dessert mousse atau dalam bahasa Indonesia coklat mouse.

RESEP CHOCOLATE MOUSSE CAKE


BAHAN :
  • 1 liter susu cair (Milk)
  • 100 ml krim kental (Heavy Cream)*
  • 50 gram coklat bubuk (Cocoa Powder)
  • 50 gram tepung jagung atau tepung maizena (Corn/Maize Starch Powder)
  • 150 gram gula pasir (Sugar), kalau kemanisan bisa dikurangi
  • 300 gram coklat hitam (Dark Chocolate)
CARA MEMBUAT CHOCOLATE MOUSSE CAKE :
  1. Tambahkan 1 liter susu, 100 ml krim kental, 50 gram bubuk coklat, 50 gram pati, dan 150 gram gula pasir ke dalam mangkuk kaca bersih. Campurkan dengan baik, aduk pakai whisk (alat pengaduk atau pengocok tanpa mixer) dan saring melalui saringan.
  2. Panaskan dengan air panas dan tambahkan 300 gram dark chocolate. Campurkan dengan baik, aduk pake whisk.
  3. Tuang ke dalam cetakan kue atau loyang kek (cake) dan biarkan dingin di kulkas selama 4 jam.
  4. Sajikan chocolate mousse cake tanpa telur selembut puding ini.

KETERANGAN :

* Heavy Cream. Krim ini adalah jenis krim cair yang mengandung lemak susu antara 36% hingga 40%. Krim ini juga dikenal dengan naman krim kental. Heavy cream lebih padat dibandingkan whipping cream, sehingga sangat cocok sebagai hiasan di bagian atas kue. Selain itu, heavy cream mengandung 5 kalori lebih banyak dari whipping cream. Heavy cream sangat cocok digunakan untuk mengentalkan saus dan membuat makanan penutup, serta saus dan sup.
Whipping cream mengandung lemak susu antara 30% hingga 36%. Dengan kandungan lemak yang lebih sedikit, membuat whipping cream memiliki konsistensi yang lebih cair dibandingkan heavy cream. Tekstur whipping cream juga lebih lembut dan lebih tebal dibandingkan heavy cream, sehingga sangat cocok untuk dicampurkan ke dalam makanan penutup. Tidak hanya dalam makanan penutup, whipping cream juga cocok untuk campuran saus dan sup.

RESEP CHOCOLATE MOUSSE


BAHAN :
  • 400 ml susu cair vanilla (susu ultra putih, atau klo tdk ada, bisa buat sendiri dari susu kental atau bubuk) 100 gram gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar putih (pakai yang agar-agar swallow saja)
  • 1 sdm Coklat Bubuk (cocoa powder)
  • 2 butir telur (ambil putihnya saja)
BAHAN PELENGKAP :
  • Whipped Cream (boleh pakai yang langsung jadi atau instan, atau yang bubuk) Coklat serut (bisa buah, choco chip, atau choco crunch, tergantung selera)
CARA MEMBUAT CHOCOLATE MOUSSE :
  1. Masak susu cair, bersama gula pasir dan agar-agar putih dalam panci. Aduk dan masak hingga mendidih (api sedang). Angkat dan sisihkan.
  2. Kocok putih telur sampai kaku (putih telurnya di mixer).
  3. Setelah kaku, ambil 5 sendok makan dari adonan yg dimasak tadi (susu cair + gula + agar2), masukkan ke dalam putih telur yang sudah kaku, kemudian kocok lagi hingga tercampur rata.
  4. Ambil adonan putih telur, campurkan bersama adonan yang pertama. Masak ulang, aduk hingga mendidih.
  5. Hidangkan di gelas saji. Bubuhkan whipped Cream di atasnya dan taburkan coklat serut. Dinginkan ke dalam kulkas sekitar 25 menit.
  6. Sajikan untuk 4 orang.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT CHOCOLATE MOUSSE CAKE