CARA MEMBUAT SOP GURAME

Resep Sop Gurame Sederhana Spesial Gurih Asli Enak. Ada banyak varian atau variasi dari sop atau sup ikan gurame segar yang lezat mantap ini. Misalnya sop gurame bening atau kuah bening, sup ikan gurame Cianjur, sop gurame Bandung, sup ikan gurame untuk Balita, sop gurame ncc, sop gurame jtt, sop gurame kecombrang, sop gurame bambu, sup kepala ikan gurame, sup fillet ikan gurame, sup ikan gurame asam pedas, sop gurame sayur asin, sop gurame santan, sop gurame kuah kuning atau gurame bumbu kuning, sop gurame ala Dapur Sunda, sop gurame Sunda asam manis kemangi cita rasa tanah Pasundan, Bandung, Jawa Barat, sop gurame Manado asam pedas, bahkan ada salah satu rumah makan yang bernama restoran Warung Sunda di Jalan Raya Serpong, KM 8 Kota Tangerang Selatan menggabungkan sajian kedua sop gurame yang khas tersebut menjadi rasa yang lebih menggugah selera.

Foto Resep Sup Ikan Gurame Sederhana Spesial Gurih Asli Enak
Gambar Sup Ikan Gurame Kemangi Kuah Bening Asam Pedas

Ikan Gurami atau Gurame (Osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium.

Lewat ikan gurame ini, resep Manado dan Sunda telah menyihir lidah karena menjadi sajian istimewa semangkuk sop ikan. Ikan jenis air tawar ini memang selalu enak dengan bentuk sajian apapun. Dibakar, digoreng, atau dipepes.

Kuah sop berwarna merah bening, dipercantik dengan campuran cabai rawit segar di dalamnya. Sangat cocok bagi anda penikmat pedas. Sekali saja anda menyendok kuah sopnya dan mendarat ke lidah anda, rasa asam pedas akan menimbulkan sensasi tersendiri.

Rasa asamnya itu alami, dari tomat yang dibiarkan mencampur dengan perasan jeruk nipis di sana. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sup ikan gurame air tawar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang mudah, simple dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis rumah makan atau restoran serba ikan.

RESEP SOP IKAN GURAME SUNDA DAUN KEMANGI ASAM MANIS


BAHAN :
  • 500 gram ikan gurame segar, potong-potong
  • 1/2 sdt air jeruk nipis
  • 1.500 ml air
  • 2 sdm bawang merah goreng, remas-remas
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm kecap ikan
  • 5 bh tomat hijau segar, potong-potong (pakai tomat merah segar juga enak)
  • 2 tangkai kemangi, petiki
  • 2 btg daun bawang, potong 1 cm
CARA MEMASAK SOP GURAME SUNDA KEMANGI ASAM MANIS :
  1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit.
  2. Rebus air dan bawang merah goreng sampai mendidih dan harum.
  3. Masukkan ikan gurame segar. Aduk sampai berubah warna. Tambahkan garam, kecap ikan, dan tomat ijo segar. Aduk rata. Masak sampai matang dan mendidih.
  4. Menjelang diangkat, tambahkan kemangi dan daun bawang. Aduk rata. Biarkan sebentar. (Jika ingin pedas bisa Anda tambahkan cabe atau cabai segar ke dalam kuah sop.
  5. Sajikan hangat untuk 4 porsi.

Tags :

CARA MEMBUAT SOP GURAME