CARA MEMBUAT KUE ABUK KHAS BETAWI


Resep Kue Abuk Khas Betawi Kukus Daun Pisang Sederhana Spesial Asli Enak. Kue ini masih termasuk kue basah tradisional kukus karena masaknya dengan cara mengukus atau dikukus. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk dengan rasa manis legit. Kue abuk ini pada umumnya terbuat dari tepung ketan tapi juga bisa dibuat dengan tepung singkong dan tepung beras. Varian macam-macam jenis kue abuk abuk ini, misalnya kue abuk mutiara yang terbuat dari sagu mutiara. Bali juga memiliki resep kue abuk Bali yang masing-masing daerah memiliki khas yang unik.

Foto Resep Kue Abuk Khas Betawi Kukus Daun Pisang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Abuk Khas Betawi Kukus Daun Pisang

Kue abuk adalah sejenis kue tradisional khas Betawi. Bahan utama untuk membuat kue abuk ini gampang dengan bahan dasar tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Serupa dengan ciri khas kue tradisional nusantara pada umumnya, kue abuk dikukus dalam bungkusan berbentuk kerucut dari daun pisang. Kue abuk memiliki kemiripan dengan kue putu dan awug di Bandung. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih abuk-abuk Betawi kukus bungkus daun pisang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kue basah tradisional Indonesia.

RESEP KUE ABUK KUKUS


BAHAN :
  • 500 gram tepung ketan
  • 1 butir kelapa muda, kupas parut
  • 250 gram gula merah, iris-iris
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 100 ml air
  • Daun pisang untuk membungkus
CARA MEMBUAT KUE ABUK KUKUS :
  1. Campur jadi satu ke dalam wadah bersi : tepung ketan, kelapa parut, garam, vanili, air, aduk sampai rata.
  2. Ambil selembar daun pisang, beri 2 sdm adonan tepung, beri 2 sdt gula merah, bungkus bentuk kerucut, semat dengan lidi.
  3. Kukus kue selama 30 menit atau sampai kue matang bener.
  4. Sajikan untuk 15 bungkus.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE ABUK KHAS BETAWI