CARA MEMBUAT DODOL SIRSAK


Resep Dodol Sirsak Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Dodol Sirsak diolah dari bahan dasar buah sirsak asli pilihan dengan kualitas terbaik alias tidak busuk masih putih bersih dengan tingkat kematangan yang pas. Proses pembuatan dodol sirsak bisa secara tradisional ala kampung dan juga bisa secara modern dan higienis. Resep pembuatan dodol sirsak itu gampang hampir sama dengan dodol zebra Garut asli yaitu buah sirsak asli, tepung ketan atau tanpa tepung ketan biasanya diganti dengan terigu untuk dodol sisrsak terigu yang terksturnya lebih lembut dan empuk ketimbang dodol sirsak tepung ketan atau tepung beras ketan yang lebih kenyal, santan, gula pasir atau gula putih, dan gula merah. Pada umumnya warna dodol sirsak berwarna coklat namun Anda bisa memberi warna warni sesuai selera dengan menambahkan pewarna makanan, misalnya warna merah, kuning, hijau, dll.

Foto Resep Dodol Sirsak Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Dodol Sirsak Plastik

Dodol Sirsak atau kue dodol sirsak rasanya manis legit ini memiliki kandungan dan nilai gizi tinggi, berserat tinggi, dan mengandung vitamin C. Selain rasanya enak dan segar juga merupakan makanan yang sangat baik bagi tubuh serta dapat dijadikan oleh-oleh khas daerah ataupun bingkisan. Adapun daerah penghasil dodol sirsak terkenal dan rasanya paling enak adalah Garut terkenal dengan nama dodol Garut selain itu ada dodol sirsak Banyuwangi, Bandung, Bumiayu, Cookpad. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi dodol sirsak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka dodol buah segar.

RESEP DODOL SIRSAK


BAHAN :
  • 1,5 kg buah sirsak atau nangka Belanda atau durian Belanda, ambil dagingnya
  • 100 gram tepung ketan
  • 500 gram gula merah
  • 225 gram gula pasir
  • 2 gelas santan dari 1 butir kelapa
CARA MEMBUAT DODOL SIRSAK :
  1. Daging buah sirsak campurkan dengan gula kemudian dimasak sampai mendidih.
  2. Larutkan tepung ketan dengan 2 gelas santan. Kemudian larutan tepung ini tuangkan ke dalam adonan daging sirsak di atas.
  3. Masak sambil diaduk terus hingga mengental dan tidak lengket dalam wajan.
  4. Jika sudah matang, angkat, tunggu hingga dingin, dan kemas dengan potongan plastik.
  5. Sajikan atau siap dijual dengan bungkus plastik atau bungkus kertas minyak. Bentuk bungkus sesuai selera, misalnya bungkus panjang, pendek, segitiga kerucut, segiempat kotak, dll.
TIPS & TRICKS :

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan dodol sirsak diantaranya :
  • Sirsak harus yang sudah tua dan matang
  • Pada waktu memasak api jangan terlalu besar, adonan harus terus diaduk supaya jangan gosong.
  • Diberi satu butir kelapa yang dibuat 2 gelas santan kental dan 4 gelas santan encer.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT DODOL SIRSAK