CARA MEMBUAT BOTOK TELUR ASIN MENTAH SANTAN


Resep Botok Telur Asin Mentah Santan Khas Demak Sederhana Spesial Asli Enak. Nama lainnya adalah Botok Endog Asin dalam bahasa Jawa ditulis bothok terkadang ada juga yang ditulis botox ndog asin agar supaya lebih gaul dan kekinian. Apa beda Pepes, Pais, Pelasan dan Botok sekilas hampir sama dibungkus daun pisang disemat lidi dan cara memasaknyapun dikukus lebih sehat dan juga bisa dipanggang atau dibakar untuk mendapatkan tekstur yang lebih kering dan rasanya lebih enak. Ternyata yang membedakan bahan dasar dan bumbunya saja. Telur asin mentah bisa Anda ganti dengan telur asin matang untuk resep botok telur asin matang, jadi Anda bisa memodifikasi resep dan komposisi sesuai selera Anda, misalnya resep botok telur asin tanpa santan, bahkan Anda juga bisa bikin resep unik dan menarik botok telur asin Indomie dari mie instan.

Foto Resep Botok Telur Asin Mentah Santan Khas Demak Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Botok Telur Asin Mentah Santan Khas Demak

Menurut situs Wikipedia Botok (bahasa Jawa bothok; IPA [bɔʈɔʔ]) adalah makanan khas Jawa yang terbuat awalnya dari ampas/bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya (santan). Pada awalnya botok yang terbuat dari ampas kelapa ini dimasak, agar ampas kelapa yang masih bergizi ini tidak dibuang. Oleh karena itu ampas kelapa ini kemudian dibumbui dengan cabai, garam, merica dan daun salam, dibungkus dalam daun pisang, yang kemudian dikukus dalam uap panas. Bothok pada saat ini dimodifikasi juga dengan petai cina/lamtoro, tempe, tahu, teri, udang, ayam, bahkan larva tawon/lebah (dikenal sebagai bothok tawon).

Botok Telur Asin adalah masakan khas dari Demak, Masakan Botok Telur Asin kini tidak hanya di Demak tetapi sudah ada di mana-mana hingga di Jakarta, Bandung dapat ditemukan masakan ini. Walaupun botok telur asin belum sepopuler botok tahu atau botok tempe atau botok tahu tempe tapi patut Anda coba di rumah.

Adapun bahan untuk membuat Botok Telur Asin adalah telur asin mentah, tahu, kelapa parut kasar, cabai merah besar, daun salam, cabai rawit merah, daun pisang, air. Sedangkan bahan bumbu Botok Telur Asin adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, garam, gula merah. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi botok telur asin mentah santan khas Demak sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka varian bothok Jawa.

RESEP BOTOK TELUR ASIN MENTAH SANTAN


BAHAN :
  • 10 butir telur asin mentah atau telur asin matang
  • 250 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 30 lembar daun kemangi
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun pisang/mangkuk untuk membungkus
BUMBU HALUS :
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1 sdt merica bubuk
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir bila suka
BUMBU KASAR :
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai/sereh, memarkan
  • 5 buah cabai merah, buang biji, iris serong tipis
CARA MEMASAK BOTOK TELUR ASIN MENTAN SANTAN :
  1. Tumis bumbu halus dan kasar hingga harum. Buang daun salam dan serai.
  2. Campur bumbu, tumis dengan santan kental, aduk rata.
  3. Ambil daun secukupnya, pecahkan 1 butir telur asin diatasnya. Beri 2 sendok makan campuran santan dengan bumbu, tambahkan 3 lembar daun kemangi.
  4. Bungkus berbentuk tum.
  5. Kukus hingga matang kurang lebih 15 menit. Angkat.
  6. Sajikan untuk 10 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BOTOK TELUR ASIN MENTAH SANTAN