CARA MEMBUAT ABON TELUR


Resep Abon Telur Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya abon terbuat dari daging sapi, ayam, ikan tapi khusus untuk olahan abon ini terbuat dari telur atau telor, masa sih telur bisa dijadikan abon?. Abon telur Makassar telah menjadi khas dan dijadikan oleh-olah khas Makassar, Sulawesi Selatan. Siapa tahu resep ini bisa Anda jadikan peluang usaha untuk sekedar menambah pendapatan keluarga bahkan bisa ditekuni dengan serius, semoga sukses dan berhasil manjadi pengusaha abon di Indonesia.

Foto Resep Abon Telur Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Abon Telor

Menurut situs Wikipedia Abon itu apa sih?. Abon adalah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon tampak seperti serat-serat kapas, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Selain terbuat dari bahan dasar daging (sapi, kambing, kuda, babi, dan domba), ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan dasar dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, kepiting laut, dan udang. Bahkan ada juga abon yang terbuat dari buah-buahan, seperti abon pepaya.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (camilan). Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing. Di China, abon yang paling lazim adalah abon yang terbuat dari daging babi yang disebut Chousong. Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga bisa di temui di kota Palembang dan Pontianak. Sedangkan sentra pembuatan abon dari daging babi banyak terdapat di daerah Bali, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Abon pada saat ini sering dijumpai sehari-hari yang sering dijadikan tambahan lauk atau pelengkap untuk makan atau sekedar camilan ringan disaat santai dan lapar sambil menonton TV (Televisi) atau kumpul keluarga karena tidak ada cemilan lain. Biasanya proses pembuatan abon ini menggunakan cara dibumbui, dipres, digoreng, disuwir-suwir kasar ataupun halus maupun direbus. Bahan baku yang sering dipakai adalah ikan, daging dan telur segar bisa menggunakan telur ayam, telur bebek, telur puyuh bahkan telur asin sekalipun. Proses pengolahan juga perlu kesabaran dan tidak bisa instan. Apabila proses terburu-buru maka rasa yang didapat kurang sedap.

Cara pembuatan abon itu simple. Potongan daging baik itu sapi atau babi yang bagus dan yang telah dibumbui dengan garam, micin/penyedap dan kecap manis, direbus dan dididihkan dalam air hingga benar-benar lembut, sehingga serat-serat daging mulai terlepas, lumat dan mudah untuk disuwir-suwir. Hal ini karena kandungan kolagen dan elastin zat pengikat otot telah larut oleh air rebusan sehingga mudah disuwir-suwir.

Daging yang mulai tercerai-berai hasil rebusan ini kemudian dikeringkan, dapat dengan cara dijemur selama 2 hari atau dengan cara pengeringan yang menggunakan oven (oven listrik juga bisa). Setelah daging abon sudah dikeringkan, daging harus disangrai di atas penggorengan besar sambil ditumbuk-tumbuk. Ketika ditumbuk daging ini membentuk serat-serat daging yang menyerupai gumpalan benang/kapas. Saat disangrai ini serat daging ditambahkan bumbu-bumbu penambah rasa, seperti gula jawa, micin, sedikit kecap kenal, pemberi rasa pedas dan bawang goreng, terus diaduk hingga benar-benar kering dan dikemas. Selain itu, beberapa abon yang dibuat dengan kualitas rendah sering ditambahkan bahan pengisi yang memberi cita rasa baru yang unik, seperti kacang koro pedang, kacang mete, dll. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi abon telur gurih yang sedap dan lezat lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan online atau offline dengan membuka toko abon terlengkap di Indonesia.





RESEP ABON TELUR


BAHAN :
  • 5 butir telur (bisa telur ayam, telur bebek, telur itik, telur puyuih, dll)
  • 100 ml minyak goreng
  • 1 sdt asam jawa (larutkan dengan 25 ml air)
  • 3 sdm bawang goreng atau bawang merah goreng
BUMBU HALUSKAN :
  • 5 buah cabai merah
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus
CARA MEMBUAT ABON TELUR :
  1. Kocok telur hingga berbusa.
  2. Panaskan minyak goreng dengan api kecil, tuang telur kocok melalui wadah berlubang kecil, biarkan menetes di atas wajan sambil diaduk sedikit-sedikit dengan sendok atau garpu hingga matang, angkat, tiriskan.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air asam jawa dan gula pasir, aduk rata.
  4. Masukkan telur yang sudah ditiriskan, masak di atas api kecil sambil diaduk hingga rata. Angkat, taburkan bawang goreng, setelah dingin simpan di wadah tertutup.
  5. Sajikan untuk 6 orang.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ABON TELUR