CARA MEMBUAT PERMEN PEPAYA


Resep Permen Pepaya Muda Kering Sederhana Spesial Asli Enak. Seringkali kita menikmati buah pepaya segar ataupun manisan pepaya basah dan manisan pepaya kering, bahkan sayur pepaya muda. Namun kali ini pepaya muda atau pepaya yang belum matang dan masih segar digunakan untuk membuat manisan permen yang manis atau manisan bola-bola pepaya dan ini sangat disukai anak-anak maupun orang dewasa sehingga bagus untuk usaha dan membuka peluang bisnis untuk rumah tangga sekedar menambah penghasilan atau diseriusi sebagai bisnis jika fokus bisa berhasil sukses. Tidak hanya buah pepaya saja yang bisa dibuat permen melainkan biji dan daun pepaya bisa dibuat permen, pernahkah Anda mendengar atau melihat permen biji pepaya? atau permen daun pepaya?.

Foto Resep Permen Pepaya Muda Kering Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Permen Pepaya Muda Kering

Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "kat├Ęs" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Kegunaan buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang. Untuk memproduksi papain, bahan baku yang perlu dipersiapakan adalah getah pepaya. Sementara bahan penolongnya berupa air dan sulfit. Air digunakan sebagai pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit digunakan sebagai pelarut bahan kimia.

Pengambilan Getah Buah Pengambilan getah buah dilakukan pada buah yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedang dalam masa penyadapan harus tetap tergantung pada batang pokoknya. Penyadapan dilakukan sampai tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka waktu yang diperlukan untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yang tepat untuk menyadap adalah pagi hari sebelum matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam.

Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan.

Pemerian pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5–10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam.

Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tumbuhan jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yang walaupun jantan kadang-kadang dapat menghasilkan buah pula secara "partenogenesis". Buah ini mandul (tidak menghasilkan biji subur), dan dijadikan bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga berwarna kuning pucat dengan tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pada tumbuhan jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pada daerah sekitar pucuk.

Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dari tanaman betina dan memanjang (oval) bila dihasilkan tanaman banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dapat menghasilkan buah lebih banyak dan buahnya lebih besar. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya. Bagian tengah buah berongga. Biji-biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam budidaya, biji-biji untuk ditanam kembali diambil dari bagian tengah buah.

Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yang 10% dari keseluruhan panjangnya tidak mengalami rekombinasi. Suatu penanda genetik RAPD juga telah ditemukan untuk membedakan pepaya berkelamin betina dari pepaya jantan atau banci.

Kultivar pepaya bermacam-macam karena berbeda-beda pemanfaatan dan selera konsumen.

Pepaya bangkok
Pepaya bangkok diintroduksi dari Thailand. Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas. Kelebihannya, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran besar.

Pepaya Solo
Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dari Hawaii. Buahnya kecil-kecil dan disukai oleh konsumen barat.

Pepaya callina
Pepaya ini adalah adalah salah satu varietas pepaya hasil pemuliaan oleh tim Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) di Institut Pertanian Bogor. Namun, di pasaran pepaya ini lebih dikenal dengan sebutan "pepaya california" sehingga tidak heran banyak orang terkecoh dan mengira bahwa pepaya ini termasuk buah impor.

Pepayan Lain-lain
Selain itu terdapat pula pepaya hias yang warna daun atau tangkai daunnya ungu. Pepaya ini ditanam lebih untuk penampilannya dalam memperindah taman. Di Dataran Tinggi Dieng dikenal produk mirip pepaya yang dikemas dan disebut "carica". Jenis ini menyukai daerah dingin untuk produksi buah secara optimal.

Manfaat pepaya
Manfaat buah pepaya
Pepaya memiliki manfaat yang banyak karena pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar. Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang dijadikan rujak buah manis bersama dengan buah bengkoang, nanas, apel, belimbing, jambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mahal karena getah pepaya bisa diolah menjadi tepung papain yang berguna bagi kebutuhan rumah tangga dan industri. Pada pengobatan herbal pepaya dapat mencegah kanker, sembelit, kesehatan mata.

Manfaat biji pepaya
Dokter Wahyu Triasmara menjelaskan bahwa biji buah pepaya bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL, serta meningkatkan kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yang disebabkan oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi karena ekstrak biji tersebut berisi kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon, dan antosianin. Menurutnya biji pepaya dapat dikonsumsi dengan cara diblender dan disajikan seperti membuat jus, atau pun dengan cara diseduh seperti menyeduh kopi setelah terlebih dahulu dikeringkan dan diblender.

Hama dan Penyakit
Hama yang umum menyerang tanaman pepaya antara lain kutu putih dan tungau Tetranychus sp. sedangkan penyakit yang umum menyerang antara lain antraknosa, busuk akar, busuk pangkal batang, bercak daun. Kutu putih pepaya Paracoccus marginatus Williams dan Granara de Willink (Hemiptera: Pseudococcidae) merupakan hama baru yang menjadi masalah penting pada pertanaman pepaya di Indonesia. Serangga ini diketahui keberadaannya pertama kali pada bulan Mei 2008 pada tanaman pepaya di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Kutu putih pepaya P. marginatus adalah hama penting di Indonesia yang memiliki daya rusak tinggi.

Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi permen pepaya muda kering sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple muda dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka permen pepaya atau manisan bola-bola pepaya yang mantap harga ekonomis murah meriah dan pasti laku laris manis.

RESEP PERMEN PEPAYA


BAHAN :
  • 1 kg buah pepaya muda atau pepaya yang belum matang dan masih segar
  • 1 kg gula pasir, pilihlah yang baik
  • 1 sdm essen, sekaligus pewarna makanan bisa Anda buat warna warni pelangi rainbow yang cantik, unik dan menarik
  • 1/2 sdt citrun zuur
  • 1/4 sdt garam
  • 1 gelas atau 200 cc air
PERALATAN :
  • Pisau stainless
  • Parutan
  • Telenan atau alas
  • Baskom
  • Wajan penggorengan
  • Piring ceper
  • Mangkok
  • Sendok makan
  • Pengaduk kayu
  • Kompor
  • Timbangan
  • Plastik kemasan
  • Topless
  • Kain kasa atau serbet bersih
CARA MEMBUAT PERMEN PEPAYA :
  1. Cara pembuatan permen pepaya yang pertama adalah membuat ampas pepaya, pepaya dikupas dengan pisau stainless hingga kulit berwarna hijau terkelupas seluruhnya. Kedua pepaya dibelah lalu biji dan perutnya dibuang. Ketiga daging pepaya dicuci air bersih lalu diparut.
  2. Hasil parutan pepaya diperas menggunakan kain kasa hal ini dilakukan agar citarasa permen pepaya tidak tercampur getah pepaya yang mengakibatkan rasa pahit.
  3. Proses pembuatan pepaya. Sebelum proses pembuatan permen pepaya. Pertama kita harus memilih bahannya. Pepaya yang digunakan hendaknya pepaya yang belum matang dan masih segar. Kemudian gula pasir, pilihlah gula pasir yang masih baik agar hasilnya permennya bagus dan enak.
  4. Cara pengolahan : Masak setengah kilogram gula pasir dan air sampai gula larut dan agak mengental, gula dimasak dengan menggunakan wajan, tambahkan citrun 1/2 sdt, kemudian masukkan ampas pepaya dan aduk sampai agak kering, pengadukan menggunakan sulet atau sendok kayu. Aduklah sampai tidak ada penggumpalan atau sampai kalis.
  5. Angkat dan pindahkan ke mangkok dan dibagi sesuai selera rasa yang akan diinginkan, kemudian tambahkan essen dan aduk sampai rata.
  6. Selagi hangat bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan gulingkan ke sisa gula pasir sampai permen tertutup gula pasir.
  7. Setelah jadi keringkan bulatan-bulatan permen tersebut dengan cara diangin-anginkan di atas piring selama satu malam atau kurang lebih 12 jam.
  8. Setelah 12 jam permen akan mengeras setelah itu permen siap dikemas untuk dipasarkan.
  9. Cara pengemasan permen pepaya adalah setelah mengeras kemudian permen dikemas dengan plastik mika ukuran 50 gram.
TIPS & TRICKS :
  • Anda bisa pasarkan secara langsung atau dijual langsung, dititip di warung-warung, atau tempat penjualan laiinya.
  • Jika Anda ingin menjadikan sebuah bisnis Anda bisa hitung biaya pembuatannya secara detail.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PERMEN PEPAYA