CARA MEMBUAT PACAR CINA SAGU MUTIARA SEKOTENG MENTAH


Resep Pacar Cina Sagu Mutiara Mentah Homemade Buatan Sendiri Sederhana Alami Spesial Asli Enak. Pacar china sagu mutiara buatan pabrik biasa sudah kering dan siap pakai kalau buatan rumahan biasanya pacar cinanya masih basah jadi harus dikeringkan dengan proses pengeringan dengan cara dijemur langsung di bawah sinar matahari atau pakai mesin pengering modern. Pacar cina atau sagu mutiara dalam bahasa Sundanya adalah sekoteng. Model dan bentuknya bermacam-macam jenis, ada yang bulat dan ada yang panjang dengan ciri berwarna warni yang dibuat dengan menambahkan pewarna makanan. Biasanya menggunakan warna putih, merah, hijau, dll.

Foto Resep Pacar Cina Sagu Mutiara Sekoteng Mentah Homemade Buatan Sendiri Sederhana Alami Spesial Asli Enak
Gambar Pacar Cina Sagu Mutiara Sekoteng Mentah

Menurut situs Wikipedia. Pacar cina, disebut juga mutiara sagu atau sagu mutiara, adalah sejenis penganan yang terbuat dari tapioka. Makanan yang umumnya berbentuk butiran kecil-kecil setengah transparan ini dikenal di banyak negara, terutama di Asia Timur, Tenggara, dan Selatan. Kudapan yang acap dijadikan campuran dalam kue-kue, bubur, atau pun minuman, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan tapioca pearls.

Rasa dan kegunaan pacar cina. Pacar cina terbuat dari tepung kanji yang diberi, atau tidak diberi, warna-warni pewarna makanan, pacar cina umumnya tidak berbau dan tidak berasa selain rasa tepung. Karena rasanya yang netral ini, dan karena tampilannya yang menarik berwarna-warni, pacar cina ini dipilih untuk dijadikan campuran berbagai macam kudapan; baik yang panas berupa campuran kolak, sekoteng, wedang, dll, atau yang dingin berupa es; baik yang berasa manis, gurih, atau asin.

Sedangkan untuk menyebut beberapa, contoh kudapan yang menggunakan pacar cina sebagai salah satu bahannya, di antaranya adalah bubur mutiara; bubur sumsum; sekoteng; kolak; es campur; es doger; berbagai macam puding; kue-kue seperti nagasari, mendut, kue pacar cina, dan putu. Bahkan ada pula yang memasukkannya ke dalam tumis sayuran, atau asinan.

Sagu mutiara adalah makanan yang berasal dari olahan sagu. Tepung sagu memiliki ciri fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka, meskipun keduanya sebenarnya berbeda. Perbedaannya hanyalah pada bahan pembuatnya jika tepung sagu terbuat dari pati pohon sagu, tepung tapioka atau tepung kanji terbuat dari pati umbi ketela pohon seperti dari singkong ubi kayu.

Sagu mutiara dapat diolah menjadi cendol, bubur mutiara atau bubur sagu mutiara atau bubur pacar cina bisa dicampur santan dan gula merah, jajanan pasar kue basah tradisional seperti kue hunkwe sagu mutiara pacar cina, cantik manis, makanan ringan, es, dll.

Bubur Sagu Mutiara Untuk Campuran Es
  1. Didihkan 8 gelas air (2000cc).
  2. Masukkan 1 bungkus sagu mutiara selama 30 menit agar cepat matang dan mekar.
  3. Bila biji sagu mutiara sudah bening berarti sudah masak.
  4. Setelah bubur sagu mutiara masak, langsung tuangkan ke dalam saringan dan disiram air dingin secukupnya, lalu ditiriskan.
  5. Dapat digunakan untuk campuran es termasuk es pisang ijo alvin dan berbagai macam aneka es.
Di Sunda, Jawa Barat pacar cina ini namanya sekoteng bahasa nasionalnya pacar cina atau sagu mutiara. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi pacar cina sagu mutiara sekoteng mentah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis dengan membuka pabrik.

RESEP PACAR CINA MENTAH


Resep By : Maruko Chan

BAHAN :
  • 250 gram tepung tapioka/kanji/sagu
  • 150 ml air panas
  • Pewarna makanan
  • Tepung terigu untuk taburan sedikit
CARA MEMBUAT PACAR CINA MENTAH :
  1. Taruh tepung tapioka diatas wadah lalu tambahkan air panas sedikit-sedikit sambil di aduk-aduk dengan sendok.
  2. Setelah agak dingin baru diuleni denang tangan. Tambahkan sedikit tapioka lagi kalau masih lengket.
  3. Bagi beberapa bagian lalu kasih pewarna makanan.
  4. Siapkan plastik atau tempat datar, taruh adonan diatasnya lalu gilas menggunakan rolling pin,
  5. Jangan terlalu tebal dan tidak tipis juga.
  6. Setelah digilas, potong memanjang dan iris kecil2
  7. Jangan lupa selalu taburi terigu biar ngga lengket/nempel.
  8. Lalu jemur sampai kering, atau bisa juga langsung direbus.
  9. Merebusnya agak lama ya, jd harus sabar, rebus sampai terlihat bening.
  10. Setelah dirasa matang angkat dan masukkan ke dalam wadah yang berisi air dingin matang. Biar warnanya makin bening.
  11. Siap digunakan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PACAR CINA SAGU MUTIARA SEKOTENG MENTAH