CARA MEMBUAT MANISAN BERAS PULUT HITAM


Resepi Manisan Beras Pulut Hitam Sederhana Spesial Asli Enak. Nama lain makanan Malaysia ini adalah bubur pulut hitam kalau di Indonesia namanya resep bubur ketan hitam (Black Glutinous Rice). Agar supaya sehat gunakan pemanis rendah kalori. Makanan ini cocok untuk takjil buka puasa Ramadhan nanti.

Foto Resepi Manisan Beras Pulut Hitam Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Manisan Beras Pulut Hitam

Menurut situs Wikipedia. Bubur ketan hitam (disebut juga bubur pulut hitam atau bubur injit) merupakan hidangan penutup, dengan cita rasa manis, yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunak, dan biasa disajikan dengan santan. Bubur ketan hitam merupakan sebutan yang dipakai di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Di daerah dengan pengaruh budaya Melayu yang kuat, bubur ini disebut "bubur pulut hitam". Sementara di Bali dan di Nusa Tenggara Timur, nama dari makanan ini adalah "bubur injit". Makanan ini dapat disajikan dingin maupun hangat.

Bahan utama untuk membuat bubur ketan hitam adalah beras ketan hitam, gula merah, daun pandan, dan santan kelapa. Gula pasir dapat digunakan untuk menggantikan gula merah.

Berbagai variasi dapat diaplikasikan dalam penyajian hidangan bubur ketan hitam. Beberapa penulis resep menambahkan beras ketan putih sebagai campuran beras ketan hitam. Lebih jauh lagi, berbagai pelengkap dapat ditambahkan sesuai selera. Bahan pelengkap yang dapat ditambahkan kedalam bubur ketan hitam antara lain adalah biji jagung, kastanya, roti tawar, dan ubi jalar.

Adapun cita rasa beras pulut hitam atau ketan hitam ini. Tepung beras ketan bersifat lengket bila direbus. Penambahan santan yang sering dilakukan dapat mengurangi kelengketan dari makanan tersebut. Bubur ketan hitam mempunyai warna yang hitam legam, dan cita rasa yang dinilai gurih.

Bubur ketan hitam atau manisan beras pulut hitam dibuat dengan merendam beras ketan (selama kurang lebih 1 jam). Beras tersebut kemudian direbus dengan daun pandan yang direndam, hingga mendidih. Kemudian, dengan intensitas api yang dikurangi, beras terus direbus hingga matang dan lunak. Ketika sudah lunak, gula merah dapat ditambahkan. Makanan ini bisa disajikan dengan santan kelapa. Bubur dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin.

Adapun khasiat dan manfaat ketan hitam atau beras pulut hitam. Ketan Hitam Mampu Mencegah Diabetes, Ketan hitam mempunyai sifat anti-inflamasi dan akya antioksidan, jika dikonsumsi jangka panjang akan bermnafaat untuk mencegah Alzheimer dan diabetes. Dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara alami. Pekatnya ketan hitam mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, serta mengandung pelembab alami bahkan dapat mendinginkan kulit.

Pastikan beras pulut hitam empuk dahulu barulah dimasukkan santan dan gula melaka. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan olahan resepi manisa beras pulut hitam sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka manisan beras pulut baik pulut hitam maupun pulut putih.

RESIPI MANISAN BERAS PULUT HITAM


Resep By : Ajinomoto

BAHAN-BAHAN :
  • 50 gram longan kering
  • 100 gram gula melaka
  • 100 ml santan pekat
  • Secubit garam
  • Secukup pemanis kalori rendah pal sweet (ikut citarasa individual)
BAHAN-BAHAN A :
  • 200 gram kacang merah
  • 100 gram beras pulut hitam
  • 4 liter air
  • 2- 3 helai daun pandan
CARA MENYEDIAKAN :
  1. Letakkan semua bahan A ke dalam periuk tekanan tinggi dan masak selama 1/2 jam. Jika guna periuk masak perlahan (slow cooker), masak selama 3 jam.
  2. Setelah kacang dan beras masak keseluruhannya dan menjadi bubur, masukkan longan kering dan gula Melaka. Tambah sedikit air jika bubur terlalu pekat.
  3. Setelah sedia dihidang, bubuh santan dan Pemanis Kalori Rendah Pal Sweet.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MANISAN BERAS PULUT HITAM