CARA MEMBUAT KUE PASTEL ISI SAYURAN GORENG RENYAH


Resep Kue Pastel Isi Sayuran Sehat Sederhana Spesial Goreng Renyah Asli Enak. Hampir semua orang pernah menikmati lezatnya kue pastel goreng renyah crispy lembut dan empuk ini. Namun pastel berkulit renyah dengan isi sayuran yang menyehatkan dan bergizi belum pernah Anda coba bukan?. Kue pastel goreng ini masih termasuk kue kering tradisional yang digoreng dan ada juga yang dipanggang di oven, walaupun banyak dijual oleh penjual aneka jajanan kue basah tradisional atau jajanan pasar dipinggir jalan maupun di toko kue modern. Ternyata ada banyak jenis variasi macam-macam kue pastel ini namun pada umumnya dibagi 2 jenis, yaitu kue pastel kering dan kue pastel basah atau kue pastel kukus. Dan ada juga bentuk lain dari kue pastel ini yaitu resep kue pastel tutup klasik dan hasil aneka kreasi dari kreatifitas pembuat kue pastel begitu juga dengan bentuknya kini pastel dibuat dengan aneka bentuk, seperti kue pastel bulat, kue pastel roginal biasa, kue pastel panjang, kue pastel segitiga, kue pastel segiempat, kue pastel mini ukuran kecil, dan pastel bentuk lainnya.

Foto Resep Kue Pastel Isi Sayuran Sehat Sederhana Spesial Goreng Garing Kriuk Asli Enak
Gambar Kue Pastel Isi Sayuran Sehat Renyah

Menurut situs Wikipedia. Pastel adalah semacam pastri yang dibuat dengan meletakkan isian di atas adonan kulit pastel, lalu dilipat dan ditutup rapat dengan tangan. Cara melipat pinggiran pastel dengan cara dipelintir atau dipilin diperlukan tehnik serta keahlian melintir atau memilin pastel baik pakai alat maupun pakai jari tangan. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Pastel dapat menjadi makanan yang mudah dibawa-bawa, sama seperti sandwich sehingga sangat praktis untuk bekal anak sekolah, bekal kerja ke kantor, bekal di perjalanan, untuk arisan, untuk acara tertentu, maupun untuk sarapan pagi di kantor karena lumayan mengenyangkan apalagi dimakan bersama dengan lontong daun pisang dan dengan cabe rawit atau sambal pedas makin mantap.

Pastri manis umumnya berisi buah-buahan dan dibuat dari adonan pastri tipis atau puff pastri; pastri gurih umumnya berisi daging dan sayuran dan dapat dibuat dengan berbagai macam adonan. Pastel umumnya dipanggang oven, namun dapat juga digoreng garing dan dikukus.

Patel dibuat dengan aneka isi, seperti pastel isi sayuran, pastel isi daging, pastel isi ayam, pastel isi abon, pastel isi kentang, pastel isi wortel, dll. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi pastel isi sayuran yang lezat, kaya serat dan vitamin sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis aneka kue pastel.

RESEP KUE PASTEL ISI SAYURAN GORENG


Resep By : Chef Budi Sutomo

BAHAN KULIT PASTEL :
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 40 gram margarin
  • 60 ml air
  • 1/2 sdt garam halus
  • Minyak untuk menggoreng pastel
BAHAN ISI :
  • 200 gram daging ayam, cincang kasar
  • 60 gram wortel, potong dadu kecil
  • 60 gram kacang polong
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 3 sdm kecap manis
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 siung bawang merah, haluskan
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1/2 sdt lada halus
  • 3 sdm minyak untuk menumis
CARA MEMBUAT KUE PASTEL ISI SAYURAN GORENG :
  1. Cara Membuat Isi Sayuran Pastel : panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel, kacang polong, daun bawang dan bumbu lainnya. Masak sambil diaduk hingga semua bahan matang. Angkat, dinginkan.
  2. Cara Membuat Kulit Pastel Renyah Krispi Agar Tidak Mudah Robek atau Sobek : Campur tepung terigu, telur, margarin dan garam. Aduk rata. Tambahkan air, uleni sebentar hingga terbentuk adonan yang bisa digiling.
  3. Giling adonan hingga ketebalan 1/4 cm dengan diameter 10 cm. Ambil satu lembar kulit yang telah dibentuk. Masukkan satu sendok makan bahan isi. Lipat dan wiru pada bagian tepinya. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Panaskan minyak, goreng pastel dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.
  5. Sajikan hangat untuk 15 buah.
TIPS & TRICKS :
  • Air untuk adonan kulit bisa diganti dengan air es agar kulit lebih renyah dan tahan lama. Isi bisa diganti sesuai selera.
  • Jangan mengaduk/menguleni adonan dengan tangan terlalu lama karena margarin akan mencair dan kulit pastel menjadi tidak renyah atau bantat.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE PASTEL ISI SAYURAN GORENG RENYAH