CARA MEMBUAT KUE BALOK MENES BANTEN

Resep Kue Balok Menes Khas Pandeglang, Banten Sederhana Spesial Asli Enak. Bila mendengar “balok” yang terbayang oleh kita adalah sebuah kayu panjang berbentuk kubus. Tapi di daerah Babakan Lor, Kecamatan Cikedal Kabupaten Pandeglang, balok adalah nama sebuah penganan atau kue yang terkenal nikmat dan termasuk olahan singkong tradisional kuliner enak di Pandeglang. Jajanan pasar tradisional ini disebut balok karena kue ini seperti balok kayu yang digunakan sebagai bantalan rel kereta api.

Foto Resep Kue Balok Menes Khas Pandeglang, Banten Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Balok Menes Putih

Bahan pembuat kue balok khas Banten ini hampir sama dengan membuat getuk hanya prosesnya saja yang sedikit berbeda. Kue balok dibuat dari ubi ketela pohon alias singkong ubi kayu (dangdeur/sampeu dalam bahasa Sunda), kemudian dibuang kulitnya sampai bersih dan dicuci, lalu dikukus hingga empuk/lunak. Proses berikutnya, ditiriskan lalu ditumbuk menggunakan lesung sampai benar-benar halus dan diberi garam untuk memberi rasa gurih. Setelah halus, dicetak dan dipotong-potong menyerupai balok kayu. Kue ini biasanya disajikan dengan bumbu serundeng, yakni kelapa parut yang diasang kemudian ditumbuk halus.

Kue Balok adalah khas makanan khas dari Menes, sebuah kecamatan di Kabupaten Pandeglang Banten. Kue Balok adalah sejenis makanan yang terbuat dari singkong berbeda dengan kue balok khas Garut, Bandung, berbentuk segi empat layaknya kotak, dan berwarna putih. Lembek bila disentuh dan kenyal bila sudah berada di mulut. Itulah kue Balok. Yang unik dan khas dari makanan ini adalah penambahan dua bumbu yaitu bawang goreng yang dicampur sejenis minyak, diolesi tepat diatas potongan balok ini, tak lupa ditambah serundeng diatasnya. mau tahu rasanya? Yang jelas kalau makan satu, pasti pingin nambah rasanya.

BALOK CIODA

Makanan khas masyarakat kec. Menes yang berada di wilayah Kab. Pandeglang Provinsi Banten Yaitu bermana Balok Cioda. Dari namanya terkesan aneh soalnya balok yang kita tahu itu kayu. Tapi siapa sangka kue ini tidak seseram namanya lembut dan nikmat.apalagi sambil ngopi atau ngeteh di siang hari bolong. Bagimana cara membuat kue balok menes?. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih balok menes singkong serundeng sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue balok dari menes makanan khas Kabupaten Pandeglang yang memiliki warna putih dan kuning ini.

RESEP KUE BALOK MENES


BAHAN :
  • 1 kg singkong
  • Serundeng kelapa
  • Bawang merah
  • Minyak sayur
  • Garam
CARA MEMBUAT KUE BALOK MENES :
  1. Kupas singkong lalu cuci sampai bersih.
  2. Kukus singkong sampai matang.
  3. Tumbuk singkong sampai halus / giling.
  4. Iris bawang merah lalu goreng sampai matang kecoklatan, kemudian tuang ke wadah dengan minyaknya.
  5. Singkong yang sudah ditumbuk di geleng/ditipiskan, kemudian di cetak bulat berdiameter kurang lebih 15cm atau menurut keinginan.
  6. Singkong yang sudah dicetak di isi dengan serundeng.
  7. Lipat seperti halnya membuat risoles tetapi ini di buat tipis, kemudian olesi dengan minyak bawang berikut bawang gorengnya.
  8. Sajikan.

RESEP SERUNDENG KELAPA


BAHAN :
  • Kelapa parut (kelapa tua sedang)
  • Gula putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Rempah - rempah (lada,ketumbar, pala, cengkeh, kayu manis, bunga pala, kapulaga, kayu manis, jintan, kulabet, bawang putih, dll, biasanya bumbu rempah-rempah sudah ada di warung di bungkus komplit )
CARA MEMBUAT SERUNDENG KELAPA :
  1. Sangrai kelapa parut berikut rempah - rempah kecuali bawang putih sampai garing dan kecoklatan dengan api sedang.Kemudian angkat.
  2. Masukkan wadah tumbuk tambahkan gula putih dan garam secukupnya,tumbuk sampai halus dan berminyak.Serundeng itu lebih enak kalau rasanya agak manis.

CARA MEMBUAT KUE BALOK MENES BANTEN