CARA MEMBUAT EMPING MELINJO MENTAH


Resep Emping Melinjo Mentah Sederhana Spesial Asli Enak. Keripik atau kerupuk emping biasanya sering kita jumpai sebagai makanan jajanan cemilan aneka rasa yang sangat disukai, seperti rasa original asli, pedes, manis pedas, manis, gurih, gurih pedas, dll, maupun sebagai pelengkap aneka makanan seperti gado-gado, ketoprak, soto Betawi, nasi goreng, dll. Anda bisa membuatnya sendiri silahkan sima cara pembuatan emping melinjo di artikel bawah ini.

Foto Resep Emping Melinjo Mentah Original Sederhana Spesial Segar Asli Enak
Gambar Emping Melinjo Mentah Segar

Emping adalah sejenis makanan ringan sebangsa keripik atau kerupuk yang terbuat dengan cara menghancurkan bahan baku (biasanya terbuat dari biji melinjo) hingga halus kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari.

Melinjo (Gnetum gnemon Linn.) atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), Khalet (Bahasa Kamboja). Melinjo banyak ditanam di pekarangan sebagai peneduh atau pembatas pekarangan dan terutama dimanfaatkan buah dan daunnya. Berbeda dengan anggota Gnetum lainnya yang biasanya merupakan liana, melinjo berbentuk pohon.

Proses pembuatan emping melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari batu. Makanan ini banyak dihasilkan oledih pengusaha kecil, biasanya emping melinjo diproduksi oleh industri daerah misalnya di Kabupaten Klaten, Kabupaten Batang,Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Magetan dan di Kabupaten Bantul. Emping sebagian diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Serikat.

Emping sebenarnya dapat pula dibuat dari berbagai bahan, asalkan bahannya mengandung cukup pati. Ada emping dibuat dari bulir jagung (oleh pengrajin di daerah di Jogja, Yogyakarta) serta emping yang terbuat dari umbi teki.

Emping juga disertakan dalam penyajian bubur ayam atau bubur nasi, gado-gado, ketoprak, soto betawi, dan lain sebagainya. Sebagai makanan ringan yang berdiri sendiri emping juga dijual dalam bentuk emping balado pedas, manis pedas, gurih pedas, dll.

Pembuatan emping melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari batu. Makanan ini banyak dihasilkan oledih pengusaha kecil, biasanya emping melinjo diproduksi oleh industri daerah misalnya di Kabupaten Klaten Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Magetan dan di Kabupaten Bantul. Emping sebagian diekspor ke Timur Tengah dan Amerika Serikat.

Proses pembuatan Emping Melinjo

Proses pembuatan emping sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan menyangrai biji melinjo bersama pasir dan kemudian dipukul-pukul sampai tipis pakai alat pemukul seperti palu atau tukul. Peralatan yang dipergunakan juga sederhana, yaitu yang biasa digunakan di rumah tangga. Biasanya emping dipasarkan dalam keadaan mentah maupun dapat dicampur dengan udang atau kerang untuk menambah rasa dan rupa yang telah digoreng.

RESEP EMPING MELINJO MENTAH


BAHAN :
  • Buah biji melinjo merah secukupnya
CARA MEMBUAT EMPING MELINJO MENTAH :
  1. Buah melinjo dibersihkan dari daun dan buah yang sudah matang.
  2. Buah Melinjo disangrai dengan pasir dan diaduk-aduk sampai warna kulit luarnya menjadi kecoklatan.
  3. Setelah warna kecoklatan, kemudian dipukul dengan batu atau Palu hingga kulitnya yang keras pecah sehinggi biji melinjo yang telah bersih dari kulitnya.
  4. Biji yang telah terpisah dari kulit adi dipukul.puku1 hingga tipis (biasa menggunakan palu kayu dan beralaskan kayu).
  5. Kemudian dijemur dalam tampah hingga kering.
  6. Disimpan dalam kantong plastik dalam keadaan mentah.
  7. Sajikan atau siap dijual.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT EMPING MELINJO MENTAH