CARA MEMBUAT SELAI COKLAT HOMEMADE


Resep Selai Coklat Homemade dari Coklat Bubuk Sederhana Spesial Buatan Sendiri Asli Enak. Banyak varian macam-macam jenis selai coklat (Chocolate Jam) ini ada yang coklat murni dan ada juga yang dicampur bahan lain seperti pada selai coklat kacang yang telah dicampur kacang tanah. Selai coklat manis dengan tekstur halus dan lembut biasanya kita beli di pasar, minimarket maupun supermarket terdekat. Bahan membuat selai coklat selain dengan coklat bubuk bisa juga dengan coklat batangan. Sedangkan untuk tekstur dan bahan campuran bisa Anda sesuaikan sesuai selera dan penggunaannya, misalnya selai coklat kental, sedang, atau cair.

Foto Resep Selai Coklat Homemade dari Coklat Bubuk Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Selai Coklat Homemade Kental

Selai kacang banyak dijual di toko kue, pasar dan supermarket untuk berbagai keperluan dari untuk bahan olesan roti bakar, roti panggang, roti kukus, untuk roti tawar, untuk isian kue, maupun topping kue dan roti. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi selai coklat (chocolate jam) sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis selai coklat kiloan tidak kalah creamy atau renyah dengan selai coklat morin, selai coklat nutella, dll.

RESEP SELAI COKLAT


Resep by : Fa Mella

BAHAN :
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 sdm cocoa powder (kualitas terbaik, mempengaruhi rasa)
  • 250 ml air
  • 60 gram SKM
  • 1/2 sdt minyak sayur
  • 1 sachet milo
  • 1/2 sdt pasta cokelat
  • 1/2 sdt vanila powder
  • 2 sdm maizena + secukupnya air
  • 7 sdm gula pasir
CARA MEMBUAT SELAI COKLAT :
  1. Campur semua bahan kecuali minyak dan larutan maizena. Aduk rata sampai tepung tidak menggerindil. Masak di atas api kecil hingga meletup-letup sambil terus di aduk.
  2. Masukkan minyak dan larutan maizena. Aduk-aduk hingga mengental dan meletup-letup. Matikan api. Dinginkan.
  3. Masukkan selai cokelat dalam wadah kaca yang telah di sterilkan. Simpan dalam lemari es untuk tahan lama (max 1 bulan).


Resep Selai Coklat Hazelnut ala Nutella. Nutella adalah selai cokelat rasa kacang hazelnut yang paling populer di dunia. Saking populernya, selai dengan rasa legit yang khas ini punya buku resep khusus untuk penggemarnya. Sebagai penggemar Nutella, bagaimana kalau bikin sendiri.

Tidak sulit untuk membuat selai a la Nutella sendiri, karena berikut ini langkah mudah yang diberikan olehsitus Yum Sugar.

1. Bahan
Siapkan bahan berupa 200 gram kacang hazelnut mentah, 55 gram cokelat bubuk, 160 gram gula halus, 1/2 sendok teh essens vanila, 1/8 sendok teh garam, 3 sendok makan minyak hazelnut (jika tidak ada dapat diganti dengan minyak canola).

2. Panggang Kacang Hazelnut
Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius. Sebarkan hazelnut mentah secara merata di atas loyang datar, lalu panggang selama 10 menit hingga warnanya jadi tambah gelap dan aromanya harum. Angkat kacang, taruh di atas handuk basah, lalu gosok-gosok hingga bagian kulit kacang mengelupas.

3. Haluskan Kacang Hazelnut
Setelah kulitnya mengelupas, haluskan hazelnut dengan food processor selama 5 menit hingga tekstur kacang jadi lembut. Lalu, tambahkan cokelat bubuk, gula, essens vanila, dan minyak hazelnut (atau canola), campurkan sampai merata dengan food processor selama 1 menit. Jika selai dirasa terlalu kering, tambahkan lagi sedikit minyak sampai lembut kental.

4. Kemas
Taruh selai lembut ke dalam wadah bertutup yang bersih. Simpan dalam kulkas hingga dingin.Nikmati selai dengan roti atau kreasikan menjadi beragam kue.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SELAI COKLAT HOMEMADE