CARA MEMBUAT SOTONG PANGKONG PONTIANAK

Resep Sotong Pangkong Khas Pontianak Sederhana Spesial Kuah Sambal Pedas Asli Enak. makanan yang gurih asin, segar dan pedas sambalnya cocok untuk takjil ramadhan. Pembuatannya menggunakan cumi kering. Apakah bisa kalau cumi basah? soalnya di daerah Jogja sulit untuk mendapatkan cumi kering atau sotong kering, mungkin juga di daerah Jawa lainnya, bisa saja Anda pakai atau gunakan cuma sudah di luar kekhasan dan keunikannya sudah berbeda dan soal rasanyapun jauh berbeda.

Wow ramenya kalau di Pontianak, Kalimantan Barat (KALBAR) menjelang berbuka puasa, banyak sekali pedagang takjil musiman ditemui di banyak ruas jalan disana. Beragam menu takjil buka puasa mulai dari berbagai gorengan, kolak, bubur sum-sum, aneka minuman es, hingga kue basah jajanan buka puasa tersaji di etalase dadakan. Kalau di Cirebon ada balakutak.

Foto Resep Sotong Pangkong Khas Pontianak Kalimantan Barat Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sotong Pangkong dengan Sambal Pedas

Berbeda dengan takjil buka puasa ramadhan yang dijual di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Menjelang Magrib, ruas jalan di kawasan Jalan Merdeka Barat, Pontianak, akan dipenuhi oleh etalase yang hampir semuanya menjual penganan khas yang dinamakan sotong pangkong. Para penjual sotong pangkong sudah bisa kita temui, sejak beberapa pekan sebelum Ramadan. Lantas, apa sih sotong pangkong itu? Penasaran kan?.

Baca Juga : Resep Hekeng Pontianak

Makanan atau masakan ini berbahan dasar sotong (cumi) yang dikeringkan seperti layaknya ikan asin, sotong pangkong merupakan kuliner khas Bumi Khatulistiwa yang hanya muncul saat Ramadan. Uniknya, sotong yang sudah dikeringkan ini digantung berjejer rapi memenuhi etalase para penjual. Seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melewati ruas jalan tersebut, di mana penjual sotong pangkong paling banyak temui. Terdengar suara pukulan bertalu-talu dari sotong yang dipangkong (dipukul). Itu merupakan cara menyajikan sotong pangkong setelah dibakar, sebelum disajikan kepada pelanggan.

Jadi sesudah dibakar, lalu sotong dipangkong. Pangkong itu artinya dipukul-pukul supaya daging lembut dan agar tidak alot alias keras. Setelah sotong dibakar dan dipangkong (dipukul) hingga pipih, serta terlihat serat-serat dagingnya, sotong pun disajikan menggunakan piring kecil. Untuk menyantapnya, Anda bisa mencelupkannya ke sambal yang sudah disediakan penjual.

Ada dua jenis sambal yang bisa Anda pilih saat menyantap kuliner penganan ini. Yang pertama, sambal kacang dengan paduan rasa asam dan manis. Sedangkan sensasi pedas akan memanjakan lidah Anda jika sotong dicelupkan ke dalam sambal yang pedas. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi sotong pangkong melayu Pontianak, KALBAR sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis sotong pangkong atau cumi pukul ini.

RESEP SOTONG PANGKONG


BAHAN :
  • 5 ekor cumi sotong yang telah dikeringkan

Baca Juga : Resep Cumi Pete Sambal Ijo

BUMBU :
  • 2 siung bawang merah
  • 3 buah cabai rawit
  • Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus
  • Cuka sedikit
PERALATAN :
  • Pemanggang dan arang
  • Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong
  • Gunting untuk memotong sotong
  • Piring

Baca Juga : Resep Tumis Cumi Masak Jagung Manis

CARA MEMASAK SOTONG PANGKONG :
  1. Cumi kering atai sotong kering tadi lalu dipanggang sampe harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.
  2. Cara Membuat Saus kuah atau sambal, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.
  3. Sajikan sotong pangkong bersama saus kuah atau sambal.

CARA MEMBUAT SOTONG PANGKONG PONTIANAK