CARA MEMBUAT SELAI JAMBU BOL


Resep Selai Jambu Bol Sederhana Spesial Asli Enak. Jarang orang membuat selai dari buah jambu bol, biasanya selai dari jambu biji merah atau jambu biji putih, dan selai jambu air. Nah, inilah uniknya resep dari Nyonya Rumah ini Julie Sutarjana yang membuat selai jambu bol yang memang jarang ditemui dibuat selai atau jam dalam bahasa Inggris, biasanya buah jambu bol dimakan segar, dibuat asinan, manisan, rujak buah, jelly atau jeli, dll. Selai jambu bol bisa digunakan untuk olesan roti tawar, untuk isi roti, dll.

Foto Resep Selai Jambu Bol Manis Merah Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Selai Jambu Bol Merah Manis

Menurut situs Wikipedia. Apa itu jambu bol? Jambu bol (atau jambu kepal dan jambu merah) adalah pohon buah kerabat jambu-jambuan. Buah jambu ini memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Tidak begitu jelas mengapa namanya demikian karena bol (bahasa Melayu) atau bool (bahasa Sunda) berarti "pantat".

Nama-nama daerahnya di antaranya jambu bo, jambu jambak (Min.), jambu bool (Sd.), nyambu bol (Bl.), jambu bolo (Mak.), jambu bolu (Bug.). Juga, jambu darsana, dersana, tersana (Jw., Md.); kupa maaimu (Sulut); nutune, lutune, lutu kau, rutuul (Mal.) dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Malay apple, sementara nama ilmiahnya adalah Syzygium malaccense (yang berarti: ‘berasal dari Malaka’) menunjuk pada salah satu wilayah asal-usulnya.

Kegunaan jambu bol. Buah jambu bol biasa disajikan sebagai buah meja. Rasanya ada yang manis, ada yang asam, ada pula yang sepat. Jambu bol, bersama dengan jambu air dan jambu semarang atau jambu cincalo memiliki pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan dapat saling menggantikan. Buah-buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu bahan rujak. Namun bisa pula kita gunakan buah yang belum masak sebagai rujak. Aneka jenis jambu ini juga dapat disetup atau dijadikan asinan, bahkan rujak buah.

Karena rasa dan aromanya, jambu bol pada umumnya lebih disukai orang. Bahkan, pada zaman Hindia Belanda dahulu, jambu bol pernah diusahakan besar-besaran. Namun kini, dia hanya digunakan sebagai tanaman pekarangan saja. Sastrapradja et al (1980) beralasan bahwa ". karena tidak adanya peremajaan sehingga banyak pohon tua yang mati dan tidak produktif." Di antara ketiga jenis spesies berikut ini -jambu batu (Psidium guajava), jambu air (Syzygium aquaeum), jambu semarang (Syzygium samarangense),- jambu bol termahal di antara ketiganya.

Kulit batangnya digunakan sebagai obat seriawan. Sedangkan kayunya yang keras dan kemerahan cukup baik sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah.

Jambu bol dapat ditemui di mana-mana dan penyebarannya hingga ketinggian 1200 mdpl. Kadang-kadang dijumpai di hutan-hutan sekunder tua dan biasanya berasosiasi dengan jambu kopo (Syzygium zollingrianum). Jambu bol umum diperbanyakan dengan biji, bisa juga dengan cangkokan. Musim berbunganyanya Mei-Juni dan sudah bisa dipanen pada Agustus-September. Kadang-kadang, terjadi gejala dimana satu pohon jambu bol tampak subur dan segar, namun tidak mau berbunga dan berbuah.

Asal usul pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi jambu bol ditanam luas sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Jawa. Tapi ada beberapa varian macam-macam jenis buah jambu bol yang sering ditemui di Indonesia, seperti jambu bol Jamaika cepat berbuah, jambu bol kudus, jambul bol putih, jambu bol merah, dll.

Karena manfaatnya, seperti bagusnya jambu bol untuk Ibu hamil, dll. Jambu bol kini ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karibia seperti Jamaika serta Trinidad dan Tobago. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi selai jambu bol merah manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka selai buah yang ekonomis harga murah meriah buatan sendiri.

RESEP SELAI JAMBU BOL


BAHAN :
  • Jambu bol yang matang betul
  • Gula pasir
  • Air jeruk nipis
CARA MEMBUAT SELAI JAMBU BOL :
  1. Jambu bol dibelah empat, dibuang bijinya lalu ditimbang. Untuk tiap-tiap kg jambu bol diberi gula 1 kg.
  2. Jambu direbus dengan sedikit air sampai empuk sekali, remas-remas dan tiriskan.
  3. Taruh gula, kacau-kacau sampai cukup kental, masukkan air jeruk nipis.. Aduk-aduk sampai rata, lalu angkat. Tuang ke botol.
  4. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SELAI JAMBU BOL