CARA MEMBUAT ROTI NAAN KHAS INDIA


Resep Roti Naan Makanan Khas India Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Roti naan yang merupakan roti tradisional dari india. Makanan india yang satu ini adalah makanan yang di buat dengan ragi dengan di masak menggunakan oven tanah liat. Sungguh makanan khas india yang sangat tradisional, akan tetapi meski termasuk makanan jadul jangan pandang sebelah mata untuk rasa dari makanan khas india yang unik satu ini. Roti (bread) ini dimakan dengan kuah kari ayam atau kari daging sapi, ataupun ayam tandoori dengan sambal ala India, tetap lezat.

Foto Resep Roti Naan cheese ayam tandoori Makanan Khas India Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak
Gambar roti naan cheese ayam tandoori India

Menurut situs Wikipedia. Naan (bahasa Persia: نان nān, bahasa Hindi: नान) adalah sejenis roti pipih beragi yang dibuat dari tepung gandum, yang merupakan masakan populer asal Asia Barat, Asia Tengah, dan Subbenua India. Permukaan roti ini terkadang ditaburi wijen atau jintan hitam, serta dibumbui dengan beragam bawang dan rempah-rempah.

Dalam Bahasa Persia, kata نان (nān) berarti roti secara umum. Kata tersebut berkerabat dengan kata ngn dalam bahasa Parthia, nagan dalam Bahasa Baluchi, nγn- dalam Bahasa Sogdia, nəγan dalam Bahasa Pashtun, dan non (нон) dalam Bahasa Uzbek. Dalam Bahasa Myanmar, roti ini dikenal dengan nama nanpya.

Penggunaan terawal kata nan dalam Bahasa Inggris adalah pada tahun 1810, yaitu dalam catatan perjalanan William Tooke. Kata 'naan' kini sudah diserap ke dalam Bahasa Inggris, umumnya untuk merujuk pada sejenis roti pipih versi Subbenua India.

Sejarah asal-asul mulanya. Naan Bread pertama kali tarcatat dalam sejarah sekitar tahun 1300, yaitu dalam catatan Amir Khusrow, seorang musisi, penyair, dan sufi India; yang menyebut naan-e-tanuk (roti lembut) dan naan-e-tanuri (roti yang dimasak memakai tandoor). Di masa Kesultanan Mughal, naan dengan disertai kebab dan kheema (sejenis kari domba) kerap dihidangkan sebagai sarapan pagi bagi para bangsawan.

Bentuk naan umumnya mirip bentuk roti pita, dan adonannya diberi ragi agar mengembang, dan secara tradisional dimasak dengan oven tandoor. Oven tandoor adalah adalah sejenis oven tanah liat tradisional berbentuk seperti tabung dengan panas yang sangat tinggi, di mana adonan naan yang sudah mengembang dipipihkan dan ditempelkan pada sisi dalam oven selama beberapa menit. Naan yang sudah matang dalam beberapa menit saja, akan memiliki gelembung pada permukaannya yang merupakan ciri khas roti ini.

Resep modern kadang-kadang mengunakan tepung pemekar untuk menggantikan ragi. Susu atau yogurt juga dapat digunakan sebagai ganti air, yang membuatnya memiliki rasa yang berbeda dan adonannya menjadi lebih lembut. Pemasakan moderen dapat menggunakan loyang yang dimasukkan ke dalam oven atau panci bergagang. Naan yang matang biasa disajikan dengan olesan mentega atau minyak samin di atasnya. Ia dapat digunakan untuk meraup kari atau makanan lain, atau dapat pula disajikan dengan isi tertentu seperti kentang, sayuran, atau rempah-rempah.

Di Pakistan dan India, masyarakat dapat dengan mudah menemukan penjual roti ini dalam keadaan hangat maupun beku.

Aneka kreasi dan Variasi Saat ini terdapat banyak variasi hidangan dan penyajian naan di seluruh dunia, karena popularitasnya yang semakin meningkat. Bentuk fusion naan juga semakin digemari, misalnya hamburger atau burger vegetarian yang disajikan dengan roti ini. Berbagai chef serta supermarket, seperti Nigella Lawson, Whole Foods, dan Wegmans telah menawarkan resep dan bahan-bahan praktis bagi orang-orang yang ingin membuat naan pizza mereka sendiri di rumah. Ternyata roti naan bukan saja ada di India. Thailand juga punya resep roti naan khas Thailand. Sekarang roti naan tradisional rasa asin dikembangkan menjadi roti naan modern dengan variasi resep roti naan keju (cheese), roti naan coklat, roti naan manis, dll. Sengaja dibuat untuk kepentingan dunia bisnis dan usaha. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi roti naan yang lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan roti naan di Indonesia.

RESEP ROTI NAAN KHAS INDIA


Resep By : Rachmawaty Luthfie

BAHAN :
  • 300 gram tepung terigu cakra
  • 35 gram mentega cair
  • 2 sdm minyak zaitun/ minyak filma
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 150/200 gram susu hangat (boleh diganti dengan youghurt)
CARA MEMBUAT ROTI NAAN KHAS INDIA :
  1. Campur semua bahan (untuk airnya di masukin 150 dulu kalo kurang elastis baru tambahkan sedikit) hingga kalis . Kemudian timbang 50 gr diamkan selama 1/2 jam.
  2. Giling adonan, bakar.
  3. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ROTI NAAN KHAS INDIA