CARA MEMBUAT KERIPIK KULIT SINGKONG


Resep Keripik Kulit Singkong Gurih Renyah Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak. Keripik singkong sudah biasa banyak dijual di pinggir-pinggir jalan oleh Abang-abang pakai gerobak. Nah ini kripik dari kulit singkong yang agak langkah dan sulit ditemukan penjualnnya. Untuk itu kita coba membuat keripik kulit dari singkong sendiri. Bagian dari kulit singkong (bukan kulit ari) sering kali disepelekan dan dianggap sebagai limbah atau sampah dari tanaman singkong, padahal kulit singkong ini juga masih memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi jika dijadikan keripik mempunyai daya jual yang tinggi apalai jika diberi bumbu aneka rasa pedas, manis, keju, balado, sapi panggang, jagung manis, rawit, dll.

Foto Resep Keripik Kulit Singkong Gurih Renyah Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Keripik Kulit Singkong Garing


Kulit singkong merupakan limbah kupasan hasil pengolahan gaplek, tapioka, tape, danmpanganan berbahan dasar singkong lainnya. Potensi kulit singkong di Indonesia sangat melimpah, seiring dengan eksistensi negara ini sebagai salah satu penghasil singkong terbesar di dunia dan terus mengalami peningkatan produksi dalam setiap tahunnya. Dari setiap berat singkong akan dihasilkan limbah kulit singkong sebesar 16% dari berat tersebut. Kulit singkong terkandung dalam setiap umbi singkong dan keberadaannya mencapai 16% darimberat umbi singkong tersebut. Berdasarkan data BPS 2008, diketahui produksi umbi singkong pada tahun 2008 adalah sebanyak 20.8 juta ton, artinya potensi kulit singkong di Indonesia mencapai angka 3,3 juta ton/tahun.

Pada singkong juga memiliki spesifikasi kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi.Kalori 121 kalSingkong memiliki nama latin Manihot utilissima. Merupakan umbi atau akar pohon yang panjang dengan fisik rata-rata bergaris tengah 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong yang ditanam. Daging umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia.

Manfaat Kulit Singkong. Sampah kulit singkong termasuk dalam kategori sampah organik karena sampah ini dapat terdegradasi (membusuk/hancur) secara alami. Pengolahan limbah kulit singkong dapat dimanfaatkan sebagai Kompos, Pakan ternak, Bio energy, Olahan kuliner.

Limbah singkong tersebut yang pasti dapat dengan mudah Anda peroleh dari industri rumahan yang memiliki bisnis singkong goreng ataupun keripik singkong misalnya. Biasanya mereka mempunyai sampah kulit singkong yang banyak, dan mereka sendiripun tidak sempat untuk mengolahnya kembali. Jadi manfaatkanlah.

Potensi ini sebagai peluang usaha kuliner yang inovatif dan menyehatkan. Inilah yang akan saya kupas dalam karya ilmiah peluang bisnis ini, dimana Kulit singkong dapat menjadi olahan kuliner yaitu keripik kulit singkong, yang tak kalah sedap dengan umbi singkong itu sendiri. Bahan dasar yang lebih murah, namu rasa tak mau kalah. Manfaat kulit singkong yang menguntungkan inilah peluang bisnis Anda, karena begitu banyak kandungan dan manfaat dari kulit singkong. Anda dapat berkreasi dalam sistem pengolahannya, agar limbah kulit singkong tersebut dapat menjadi hasil olahan yang mempunyai nilai jual tinggi dan yang pasti menguntungkan.

Cara mengolah keripik kulit kingkong aneka rasa hanya 4 langkah mudah
  1. Kulit singkong yang telah di kupas kemudian dibersihkan dan dicuci hingga bersih.
  2. Setelah dicuci, kulit singkong dimasak hingga berwarna kecoklatan. Kulit singkong kemudian di cuci kembali, dan direndam dengan air garam dan campuran penyedap rasa. Merendam kulit singkong biasanya antara dua hingga tiga hari, dengan air rendaman diganti tiap harinya.
  3. Setelah bumbu meresap, kulit singkong yang direndam kemudian di keringkan di bawah terik matahari. Butuh dua hari dalam proses pengeringan, sebelum keripik kulit singkong ini digoreng.
  4. Terakhir, kulit singkong yang sudah di jemur di bawah matahari selama dua hari kemudian digoreng hingga matang diberi bumbu aneka rasa dan siap kemas dan siap dijual atau dipasarkan.
Berikut rahasia kumpulan aneka resepi kripik kulit singkong goreng gurih renyah krenyes aneka rasa sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha keripik kulit singkong gurih renyah enak secara online seperti merk Tiara aneka cemilan kerupuk dan keripik unik.

RESEP KERIPIK KULIT SINGKONG


BAHAN :
  • 300 gram kulit singkong bagian dalam berwarna putih
  • 450 ml air bersih
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/ sdm ketumbar, haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula merah, sisir halus
  • 500 ml minyak goreng, untuk Mengoreng
CARA MEMBUAT KERIPIK KULIT SINGKONG :
  1. Siapkan panci. Masukkan air, masak sampai mendidih.
  2. Masukkan kulit singkong, rebus selama 5 menit, angkat, lalu tiriskan.
  3. Potong bentuk persegi kulit singkong yang sudah direbus, lalu sisihkan.
  4. Masukkan bawang putih dan ketumbar yang sudah dihaluskan ke dalam kulit singkong. Tambahkan gula merah dan garam, aduk rata.
  5. Jemur kulit singkong di bawah terik sinar matahari selama 1-2 hari sampai kering.
  6. Panaskan minyak. Goreng kulit singkong sampai kering. Angkat, lalu tiriskan.
  7. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KERIPIK KULIT SINGKONG