CARA MEMBUAT JUS KURMA SUSU

Resep Jus Kurma Susu Sederhana Spesial Asli Enak. Jus Kurma Susu juga bagus sekali untuk meningkatkan energi dan memperlancar ASI (Air Susu Ibu) ketika ibu sedang berpuasa pada bulan Ramadhan. Minuman ini juga cocok untuk penderita asam lambung akut terutama disaat puasa ramadan ini.

Menurut situs Wikipedia Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Foto Resep Jus Kurma Susu Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Jus Kurma Susu Sederhana Enak

Minuman jus kurma dicampur susu merupakan salah satu cara menikmati buah kurma yang disertai susu. Selain sensasi rasanya yang manis dan khas kurma, jus kurma juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan jus kurma susu ini sudah terbukti banyak membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Kandung zat besi yang terkandung pada buah kurma memiliki faedah untuk menghindari penyakit kurang darah, sementara kalsium dari kurma berfungsi untuk memastikan pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan dengan baik.

Khasiat dan manfaat jus kurma susu dengan segudang faedahnya bagi kesehatan :
  1. Dapat mengatasi insomnia atau susah tidur.
  2. Mengobati lemah otot, pegal-pegal serta lesu.
  3. Mengatasi batuk secara alami.
  4. Menghilangkan gatal-gatal di dalam kerongkongan.
  5. Mengurangi pengeluaran sel darah putih.
  6. Mengatasi sakit usus besar.
  7. Menambah nafsu makan seseorang.
  8. Mampu mencerdaskan otak dengan memperkuat daya ingat.
  9. Menambah tenaga seksual orang dewasa.
  10. Mempercepat pertumbuhan anak.
  11. Melancarkan peredaran darah didalam tubuh.
  12. Membantu mengurangi pendarahan saat ibu melahirkan.
Kandungan pada setiap 100 gram kurma atau korma, yaitu mineral (calsicum 52mg, iron 1,2 mg, magnesium 50 mg, phosphorus 60 mg, patassium 667 mg. sodium 13 mg, choride 271 mg, sulphur 14,7 mg, manganese 4,9 mg, copper 2,4 mg, zinc 1,2 mg, cobalt 1,9 mg).

Vitamin: vitamin A 90 IU, Tharmin B1 93 mg, Ripovlavine B2 144 mg, Biotin 4,4 microgram, Folio Acid 5,4 microgram, Niacin 2,0 mg, Ascorbic Acid 6,1 mg, Glucose 38,5 gms, Fructose 35,5 gms, Other Sugars 3,4 gms, Protein 2,35 gms, Fat 0,43 gms. Energi 323 cal. Demikian yang tertulis dalam dus korma. Berikut kumpulan aneka resepi jus kurma pakai susu beruang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk usaha jualan aneka jus kurma (Dates Milk Juice).

RESEP JUS KURMA SUSU SEDERHANA


Resep By : Ummu Balqis Zalfa

BAHAN :
  • 14 butir kurma, buang bijinya (lebih bagus pakai kurma Ajwa atau kurma Nabi)
  • Air matang secukupnya (untuk bisa merendam kurma)
  • 1 kaleng susu beruang atau boleh pakai susu UHT/pasteurisasi
  • Es batu (opsional)
CARA MEMBUAT JUS KURMA SUSU SEDERHANA :
  1. Rendam kurma dalam air selama 7 jam (bisa dari isya’ sampai sahur). Simpan dalam kulkas/ suhu ruang.
  2. Campur air rendaman kurma (nabeez) plus kurmanya dengan susu (bisa ditambahkan madu jika suka manis) kemudian blend semua bahan sampai tercampur. Jus kurma siap diminum.
  3. Sajikan biasa, hangat atau dingin ditambah es batu.
TIPS & TRICKS :
  • Kurma yang dipakai boleh dari jenis kurma apa saja, namun yang terbaik adalah kurma Ajwa atau kurma Nabi.
  • Susu yang digunakan bolah susu beruang/ UHT/ Pasteurisasi/ susu segar, tidak disarankan susu kental manis (SKM )a tau susu bubuk.

CARA MEMBUAT JUS KURMA SUSU