CARA MEMBUAT GECOK KAMBING SALATIGA

Resep Gecok Kambing Khas Salatiga Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Masakan yang mempunyai cita rasa manis gurih dan pedas yang tentu sangat menggugah selera lidah makan kita. Masakan gecok tidak hanya pakai daging kambing tapi ada juga gecok ayam, gecok kikil, gecok sapi, jeroan, dll. Gecok ini unik dan menarik karena banyak sekali menggunakan rempah-rempah. Gecok itu artinya ditumbuk-tumbuk dagingnya sehingga dagingnya empuk tidak alot. Gecok kambing sangat cocok dihidangkan pada hari lebaran haji Idul Adha sebagai menu Idul Adha terbaru 2022.

Foto Resep Gecok Kambing Khas Salatiga Tuntang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Gecok Kambing Khas Salatiga

Apa itu gecok? Gecok adalah masakan kuliner sejenis gulai santan atau tanpa santan bisa dengan daging ayam, kambing, sapi, kikil, jerohan, dll dengan bumbu rempah-rempah yang citarasanya sangat kuat dan memiliki khasiat dan manfaat untuk stamina atau memulihkan stamina yang loyo. Penjual gecok banyak di daerah Salatiga dan ada juga gecok Sumbawa Besar, NTB, Nusa Tenggara Barat.

Ternyata banyak versi gecok dari berbagai daerah. Berikut beberapa aneka versi gecok yang ada di Indonesia.
  1. Gecok Tlogo, Gecok Tlogo Tuntang terkenal di Tuntang Semarang, Jawa Tengah (JATENG). Gecok Tlogo ini seperti tengkleng kambing yang sudah terkenal dari tahun 1953 di kota Salatiga. Sering juga disebut gecok kambing Karanganyar, Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah.
  2. Gecok Ganem, Gecok khas Jogja Yogyakarta. Rumornya, gecok ganom merupakan salah satu makanan favorit Sri Sultan HB IX. yang ini bentuknya seperti sayur lodeh dengan bola daging.
  3. Gecok Sumbawa, di daerah Sumbawa, NTB, ada juga yang namanya Gecok. Gecok Sumbawa ini berbahan dasar sapi yang disajikan dengan cara ditumis dan dibalut dengan parutan kelapa.
  4. Gecok Balapusuh, Balapusuh merupakan sebuah dusun di Kaki Gunung Slamet yang dalam tata kepemerintahan merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Brebes sisi Selatan. Gecok Balapusuh merupakan makanan sejenis gulai dengan bahan ayam yang dimasak secara khas dan tradisional sering disebut gecok ayam.
Pada artikel kali ini membahas makanan gecok kambing khas Salatiga untuk masakan gecok versi lainnya kemungkinan di update disini atau dibuat khusus artikel pembahasannya. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi gecok kambing Salatiga kuah segar hangat sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis warung makan, catering, rumah makan dan restoran.

RESEP GECOK KAMBING SALATIGA


BAHAN :
  • 1/2 kg jeroan (babat, limpah, hati) + daging kambing muda
  • 1 gelas santan kental dari 1/2 butir kelapa.
  • 1/4 gelas wijen
BUMBU A :
  • 2 buah bawang merah
  • 3 buah cabe merah besar
  • 2 ruas jahe sereh atau serai
  • 8 lembar daun jeruk nipis
BUMBU B :
  • 3 buah kemiri
  • 1 ruas jari laos muda
  • 4 siung bawang merah
  • 1 sdm garam
  • 10 biji merica
BUMBU C :
  • 1 buah jeruk nipis
  • 8 buah belimbing wuluh
CARA MEMASAK GECOK KAMBING SALATIGA :
  1. Cucilah jerohan dan daging lalu direbus hingga lunak, lalu potonglah tipis-tipis sepanjang kurleb 1/2 ruas jari.
  2. Bumbu pada (A) yaitu : bawang merah, cabe merah, sereh dan daun jeruk nipis diiris halus dan digoreng masing-masing tersendiri.
  3. Bumbu-bumbu pada (B) yaitu : kemiri, laos, bawang merah dibakar, lalu dihaluskan.
  4. Tambahkan garam dan merica lalu tumislah.
  5. Jeruk nipis dikuliti dan dibakar
  6. Belimbing wuluh diiris-iris.
  7. Wijen digoreng sangan dan dihaluskan, santan direbus hingga kental (± separuhnya). Campur dalam piring atau wajan/panci : wijen halus + setengah bagian bumbu-bumbu pada (A) + bumbu-bumbu pada (B) + irisan belimbing wuluh.
  8. Cairkan dengan sangat kental dan tambahkan air jeruk nipis yang sudah dibakar.
  9. Campurkan irisan jerohan dengan bumbu-bumbu.
  10. Hidangkan gecok dalam piring daging dan taburkan sisa bumbu (A) tersebut diatas.
  11. Sajikan segera selagi panas dan makanlah pada saat hangat.

CARA MEMBUAT GECOK KAMBING SALATIGA