CARA MEMBUAT ES BUBUR KACANG HIJAU


Resep Es Bubur Kacang Hijau Lembut Susu Kental Manis Sederhana Spesial Pakai Santan atau Tanpa Santan Asli Enak. Memang banyak sekali aneka kreasi dan variasi resep olahan es kacang ijo atau es bubur kacang ijo ini, misalnya ada es bubur kacang ijo khas Madura, khas Potianak, khas Jawa, dll. Namun menurut saya yang paling enak itu es kacang hijau buatan Mas Anu Bali ya sebut saja begitu karena saya lupa namanya euy, yang jelas Mas Anu ini jualan pakai gerobak mangkal di Jalan Maluku Denpasar, Bali racikan es kacang hijaunya sederhana harganya murah meriah dan ekonomis untuk kantong karyawan atau pengusaha komputer seperti saya dulu. Bahan-bahan yang digunakan Mas Anu atau Abang-abang ini, yaitu bubur kacang hijau, susu kental manis (SKM), buah melon yang diserut, es batu atau es serut bisa juga disebut dengan es kacang hijau melon. Saya rasa itu saja yang saya ingat karena saya lupa apa pakai santan atau tanpa santan. Pokoknya rasanya enak dan segar sekali. Dulu Mas Anu ini dibantu sama istrinya. Di sebelahnya ada soto ayam Jawa yang juga lezat dan enak. Mantaplah pokoknya makan soto ayam sambil nyeruput es kacang hijau Mas Anu, jadi kangen Bali. Baca Juga : Resep Es Kacang Merah

Foto Resep Es Bubur Kacang Hijau Lembut Susu Kental Manis Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Es Bubur Kacang Hijau Es Serut

Es kacang hijau kental atau es bubur kacang ijo sungguh nikmat disantap pada siang hari dengan cuaca panas wow segar sekali coy dapat menghilangkan haus dan lapar seketika dan sangat baik disantap sebagai menu takjil pada puasa Ramadan. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi ais kacang hijau sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis es bubur kacang hijau atau bubur kacang hijau panas hangat tanpa es.

RESEP ES KACANG HIJAU


BAHAN :
  • 150 gram kacang hijau atau kacang ijo
  • 125 gram gula merah
  • Air bersih secukupnya
  • Susu kental manis putih (SKM) secukupnya
  • 100 ml santan kelapa kental
  • Daun pandan 2 lembar
  • Es batu serut secukupnya
CARA MEMBUAT ES KACANG HIJAU KENTAL :
  1. Rebus gula merah dengan 100 ml air sampai mendidih dan larut sempurna, angkat dan sisihkan.
  2. Cara Membuat Bubur Kacang Hijau : Rebus kacang hijau dengan air secukupnya sampai benar – benar lunak, angkat dan sisihkan.
  3. Rebus santan bersama daun pandan di atas api kecil sambil diaduk – aduk sampai mendidih dan tidak pecah. Angkat, saring dan dinginkan.
  4. Masukkan kacang hijau ke dalam mangkuk saji lalu siram dengan santan yang sudah direbus tadi.
  5. Tambahkan es batu yang diserut kasar kemudian kucuri dengan susu kental manis pada bagian atasnya.
  6. Sajikan segera.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep
Tags :

CARA MEMBUAT ES BUBUR KACANG HIJAU