CARA MEMBUAT BUBUR PACAR CINA SANTAN


Resep Bubur Pacar Cina Santan Sederhana Spesial Asli Enak. Bubur manis dari sagu mutiara ini dikenal juga dengan nama bubur mutiara atau bubur sagu mutiara di Jawa disebut jenang mutiara merah. Bubur ini bisa divariasikan atau dicampur bahan-bahan lain tergantung selera, misalnya talas, ubi jalar, singkong/ubi kayu, candil, bubur sumsum, nata de coco, kolak, dll. Bubur pacar cina atau bubur mutiara atau bubur sekoteng santan ini sangat cocok dijadikan koleksi menu takjil berbuka puasa Ramadhan hari ini.

Menurut situs food.detik dengan judul artikel Pacar Cina, Warna-Warni di Saat Puasa. Mencari pacar Cina di bulan puasa ramadhan ini, sepertinya bukan hal yang sulit dilakukan. Hampir setiap pasar tradisional hingga pasar swalayan bisa dijumpai. Mau pilih yang masih mentah, atau yang sudah diolah semuanya tersedia. Bentuk pacar cina atau sagu mutiara ini ada 2 yang tersedia di pasaran yang terdiri dari pacar cina panjang dan pacar cina bulat dengan warna-warni yang menarik. Tinggal pilih yang mana suka. Andapun bisa membuat sendiri pacar cina atau sagu mutiara ini ala rumahan homemade nanti dibagikan resep dan cara membuat pacar cina sendiri pada artikel berikutnya di carabuatresep.blogspot.com. Dengan resep itu Anda bisa membuat berbagai model pacar cina baik pacar cina kering maupun pacar cina basah sengan berbagai bentuk dan warna yang menarik tentu sesuai selera.

Foto Resep Bubur Pacar Cina Santan atau Bubur Sagu Mutiara Bulat Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Bubur Pacar Cina Santan Sagu Mutiara Bulat

Pacar Cina adalah salah satu panganan yang mudah dijumpai saat puasa seperti sekarang ini. Teksturnya lembut dan kenyal serta warna warni yang cerah menarik untuk disajikan. Bahan dasarnya yang terbuat dari tepung kanji, menjadikan pacar Cina kenyal-kenyal lembut dan empuk. Dari namanya ada kemiripan nama dengan daun pacar cina. Pacar cina ini ternyata sama dengan sagu mutiara cuma ciri sagu mutiara selalu berbentuk bulat dan berwarna merah yang sering digunakan untuk campuran es campur, es sekoteng, maupun bubur mutiara, padahal sagu mutiara ini berwarna-warni memiliki warna putih, hijau, dll. Memang warna sagu mutiara ini dibuat dengan pewarna makanan, kenapa dinamakan mutiara kerena bentuknya bulat kecil seperti mutiara perhiasan dan mengkilap setelah diolah atau dimasak. Ternyata di pasar banyak ditemukan dengan bentuk-bentuk lain dan warna lain. Memang pacar cina nama nasional atau nama Indonesia, nama lainnya sagu mutiara dan dalam bahasa Sunda namanya sekoteng.

Menurut situs es pisang ijo Alvin. Sagu mutiara adalah makanan yang berasal dari olahan sagu. tepung sagu memiliki ciri fisik yang mirip dengan tepung tapioka. Dalam resep masakan Indonesia, tepung sagu yang relatif sulit diperoleh sering diganti dengan tepung tapioka, meskipun keduanya sebenarnya berbeda.Perbedaannya hanyalah pada bahan pembuatnya jika tepung sagu terbuat dari pati pohon sagu, tepung tapioka atau kanji terbuat dari pati umbi ketela pohon.

Sagu mutiara dapat diolah menjadi cendol Bandung namanya cendol pacar cina atau cendol mutiara, bubur mutiara, jajanan pasar, cantik manis, makanan ringan, es, dan bisa digunakan sebagai bahan campuran makanan, aneka kue-kue. bubur, minuman, aneka puding mutiara pacar cina, aneka jajanan yang bisa Anda buat sesuai kreasi dan kreatifitas Anda.

Cara Mengolah Pacar Cina atau Sagu Mutiara Mentah
  1. Bubur sagu mutiara atau pacar cina untuk campuran es.
  2. Didihkan 8 gelas air (2000 cc).
  3. Masukkan 1 bungkus sagu mutiara selama 30 menit.
  4. Bila biji sagu mutiara sudah bening berarti sudah masak.
  5. Setelah bubur sagu mutiara masak, langsung tuangkan ke dalam saringan dan disiram air dingin secukupnya, lalu ditiriskan.
Pacar China atau sagu mutiara matang atau masak ini dapat digunakan untuk campuran es termasuk es pisang ijo alvin dan berbagai macam aneka es lainnya dan juga untuk aneka bubur dan kolak.

Pacar Cina biasa dijual dalam keadaan mentah, matang atau kering. Biasanya, pacar Cina dijadikan campuran kolak, dibuat setup, ataupun dijadikan campuran es campur. Yang perlu diwaspadai saat membeli pacar cina yang segar adalah pemakaian bahan pewarna. Sebagian besar penjual memakai bahan pewarna yang tidak untuk makanan.

Jika memakai pacar cina yang segar, rebuslah air bersama daun pandan hingga mendidih. Masukkan pacar cina dan rebus hingga mengapung dan bening. Tiriskan lalu siram dengan air dingin. Pacar cina matang ini bisa langsung dipakai dengan tambahan kuah santan atau dijadikan campuran es campur atau sekoteng.

Untuk pacar cina yang kering dipakai cara yang sama hanya saja proses merebusnya lebih lama. Kalau khawatir dengan pemakaian pewarna berbahaya, lebih baik membuat pacar cina sendiri. Sedikit lebih repot tetapi lebih aman dan enak bukan?. Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi bubur pacar cina santan atau bubur sagu mutiara atau bubur mutiara NCC sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan aneka bubur pacar cina yang manis dan gurih.





RESEP BUBUR PACAR CINA


BAHAN :
  • 1 bks pacar cina instan siap pakai
  • 1 liter air
  • 9 sdm gula pasir/ sesuai selera
  • 2 lbr daun pandan
  • 2 gelas santan kental
  • 2 sdm tepung tapioka atau tepung maizena dilarutkan dengan 4 sdm air
  • Garam sedikit
CARA MEMASAK BUBUR PACAR CINA :
  1. Rebus air hingga mendidih masukan pacar cina mentah dan 1 lbr daun pandan masak hingga matang kurleb 15 menit. Beri gula pasir dan sedikit garam. setelah matang matikan kompor.
  2. Di panci lain masak santan dan 1 lbr daun pandan beri garam sedikit aduk-aduk jangan sampai pecah santannya, lalu setelah agak mendidih masukkan air maizena supaya kental. setelah mendidih, angkat.
  3. Cara Penyajian Bubur Pacar Cina : Masukkan ke dalam mangkok atau gelas bubur pacar cina beri santan kental siap dinikmati.
  4. Sajikan segera. Karena saat matang akan encer. tapi setelah dingin nanti akan mengembang dan kental.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT BUBUR PACAR CINA SANTAN