CARA MEMBUAT ZUCCHINI GORENG TEPUNG


Resep Zucchini Goreng Tepung Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak. Kita sajikan 2 resep pilihan untuk mengolah zucchini atau timun Jepang dengan cara digoreng tepung tanpa telur dan zucchini goreng tepung ala Korea kedua resep semuanya lezat dan patut Anda coba satu per satu. Sebenarnya buah sayur zucchini digoreng biasa tanpa tepung terigu dengan bumbu masakan itu sudah gurih dan enak kok.

Menurut situs Wikipedia. Zukini (dari bahasa Italia, Zucchini (tunggal) atau zucchina (jamak)) adalah sejenis labu kecil yang buahnya dipanen sebelum matang untuk dijadikan sayuran. Sayuran ini merupakan salah satu bentuk budidaya dari Cucurbita pepo. Di Perancis, Inggris, dan negara-negara Benelux sayuran ini lebih populer sebagai courgette (dibaca "kurzet"). Warna luar buahnya bisa kuning serta hijau tua atau muda. Bentuknya biasanya mirip mentimun, meskipun ada pula yang berbentuk bulat atau seperti botol, tergantung kultivarnya. Nama lain zucchini adalah timun Jepang banyak yang salah kaprah padahal zucchini atau zukini itu berbeda dengan timun Jepang.

Foto Resep Zucchini Goreng Tepung Renyah Crispy Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Zucchini Goreng Tepung Renyah Crispy

Kebanyakan orang mengira bahwa zucchini itu adalah timun jepang, tetapi sebenarnya kedua sayuran tersebut sangatlah berbeda. Dari bentuknya sendiri, zucchini tidak selonjong timun jepang dan terdapat bentuk seperti bintang di salah satu sisinya. Kandungan gizinya pun berbeda dari timun jepang, diantaranya, fosfor, magnesium, zat besi dan lutein. Berikut ini adalah manfaat dari Zucchini,
  • Membantu menyembuhkan asma
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah kanker
  • Menurunkan kolesterol
Sayuran ini relatif baru dikenal di Indonesia (paruh kedua abad ke-20), meskipun populer dalam masakan Eropa. Penggunaan zukini biasanya mirip seperti belustru, gambas (oyong) atau beligo, yaitu disayur dengan kuah encer. Di beberapa tempat, zukini dipotong-potong lalu digoreng. Zukini jarang dimakan secara segar (tanpa diolah).

Selain dari segi nutrisi, manfaat lain dari zucchini bagi kesehatan tubuh belum begitu banyak dipelajari, akan tetapi ada beberapa studi tentang manfaat labu ini terhadap hewan percobaan. Selain itu studi-studi yang telah dilakukan lebih melihat labu secara keseluruhan bukan spesifik hanya zucchini. Sebagai antioksidan, zucchini merupakan sumber yang baik dari mangan, vitamin C, dan vitamin A yang merupakan antioksidan. Selain itu terdapat juga kandungan antioksidan lain seperti lutein dan zeaxanthin. Aktivitas zat antioksidan dalam zucchini termasuk yang stabil, yang terbukti dari hasil studi terhadap keaktifan antioksidan zucchini yang telah dibekukan. Untuk mendapatkan manfaat yang menyeluruh dari antioksidan dalam zucchini maka ada baiknya kita mengkonsumsinya tidak hanya dagingnya saja tetapi juga kulit dan bijinya.

Zucchini mengandung sejumlah vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B6, folat, dan kolin), dan serat pangan yang bermanfaat dalam pengaturan kadar gula darah. Dari hasil penelitian pada hewan percobaan menunjukkan adanya manfaat antiinflamasi di sistem kardiovaskular dan saluran pencernaan, yang berasal dari omega-3 (yang terdapat dalam biji zucchini), senyawa karoten lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, serta senyawa antiinflamasi dari golongan polisakarida yaitu homogalacturonan. Adanya kombinasi antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung dalam zucchini sehingga cukup logis dikatakan adanya manfaat bahan makanan ini sebagai anti kanker.

Sedangkan menurut situs Health Liputan6 Zucchini, si Timun Jepang yang Punya Khasiat Menakjubkan. Zucchini adalah sayuran yang mirip dengan terong. Dilihat sekilas sayuran ini bentuknya mirip dengan timun hijau. Untuk bisa mengonsumsinya harus dimasak terlebih dahulu misalnya dijadikan tumisan, dipanggang atau pun sup. Mendapatkan sayuran ini memang agak sulit, biasanya ada di supermarket kota-kota besar. Namun, sayuran ini punya banyak manfaat juga baik untuk orang dewasa maupun manfaat zucchini untuk bayi pada MPASI.

Dilansir dari health, Minggu (24/8/2014) ini manfaat menakjubkan dari makan zucchini.

Khasiat dan Manfaat makan zucchini
  1. Rendah kalori. Bagi Anda yang sedang menginginkan berat badan ideal, bisa jadikan zucchini sebagai kudapan. Satu cangkir potongan sayuran ini hanya mengandung 19 kalori. Jumlah kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan sayuran hijau lain seperti brokoli atau kubis.
  2. Baik untung jantung. Timun Jepang ini memiliki potasium sekitar 295 miligram per hari. Ini setara 8% dari nilai harian yang direkomendasikan. Menurut American Heart Association kalium dapat mengontrol tekanan darah karenan mengurangi efek berbahaya garam pada tubuh Anda. Banyak studi yang menunjukkan bahwa dengan meningkatkan asupan kalium bisa memangkas risiko stroke dan penyakit jantung.
  3. Kaya antioksidan. Sayuran berkulit hijau ini mengandung antioksidan yang membantu lapisan sel-sel darah berfungsi dengan baik. Selain itu bisa juga menurunkan tekanan dan dan melindungi penyumbatan arteri.
Cara menanam zucchini menurut situs Wikihow sangat mudah. Zucchini atau yang dikenal juga dengan nama timun jepang adalah sayuran yang bentuknya mirip labu atau terung. Menanam zucchini sangatlah mudah, sehingga tanaman ini termasuk jenis sayuran yang ideal ditanam untuk mendorong anak-anak melakukan kegiatan berkebun. Waktu panen zucchini yang cepat tak berapa lama setelah ditanam memberikan sensasi tersendiri bagi para petani muda.

Anda penasaran untuk coba membuat makanan langkah dan unik yang diambil dari koleksi resep olahan zucchini modern?. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi zucchini goreng tepung renyah crispy sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha rumah makan atau restoran khas ala Korea atau ala Jepang.

RESEP ZUCCHINI GORENG TEPUNG


BAHAN :
  • 2 buah zucchini
  • Tepung terigu secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Ketumbar secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng
CARA MEMASAK ZUCCHINI GORENG TEPUNG :
  1. Potong iris zucchini kira-kira ketebalan 0,5 cm.
  2. Buat adonan tepung terigu dicampur merica, ketumbar, garam dan air matang.
  3. Balur zucchini dengan adonan tepung.
  4. Goreng di minyak panas sampai berwarna coklat keemasan.
  5. Sajikan.

RESEP ZUCCHINI GORENG ALA KOREA (HOBAKJEON)


Hobak dalam bahasa korea artinya labu, namun dalam bahasa inggris lebih sering disebut zucchini. Zucchini atau yang lebih kita kenal sebagai timun jepang ini bentuknya memanjang seperti labu atau terong panjang dengan ciri khas warna hijau tua.

BAHAN :
  • 2 zucchini ukuran sedang
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur
  • Minyak goreng untuk menggoreng
CARA MEMASAK ZUCCHINI GORENG ALA KOREA (HOBAKJEON) :
  1. Iris Zucchini dan beri sedikit garam pada permukaannya.
  2. Diamkan selama 5 menit hingga air keluar dari permukaan zucchini.
  3. Bersihkan airnya dengan tisu.
  4. Setelah itu kocok telur (jangan sampai terlalu banyak buihnya).
  5. Lumuri irisan zucchini dengan tepung.
  6. Lalu celupkan pada kocokan telur tadi.
  7. Siapkan wajan yang telah di isi minyak, setelah minyak panas, lalu goreng.
  8. Goreng hingga berwarna kecoklatan.
  9. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT ZUCCHINI GORENG TEPUNG