CARA MEMBUAT SELAI NANAS


Resep Selai Nanas Manis Serbaguna Untuk Berbagai Kue dan Roti Sederhana Spesial Asli Enak. Nastar jadi salah satu kue kering yang banyak disajikan saat Lebaran. Untuk membuat Nastar, selai nanas menjadi bahan pengisi yang penting. Agar Nastar semakin lezat, simak cara membuat selai nanas tahan lama.

Rasa dan ketahanan selai nanas tergantung pada kualitas nanas yang digunakan. Untuk membuat selai nanas tahan lama, pastikan Anda memilih nanas yang matang, manis, dan tidak tampak ciri-ciri sudah akan membusuk.

Gambar Selai Nanas Kental Manis Untuk Nastar


Tidak hanya bahan utamanya saja yang harus diperhatikan, alat persiapan, pengolahan, dan wadah penyimpanan juga harus diperhatikan. Pastikan alat dan wadah yang digunakan sudah benar-benar bersih dan kering.

Perhatikan, jangan menggunakan alat persiapan dan pengolahan yang berbahan aluminium. Karena, peralatan aluminium yang digunakan akan membuat selai menjadi pahit, dan berwarna kebiruan.

Alat persiapan, pengolahan, dan penyimpanan yang tepat sebaiknya berbahan kaca dan kayu. Tapi, perhatikan juga khusus untuk peralatan berbahan kayu, harus benar-benar bersih dan tidak berjamur.

Jika Anda belum yakin dengan kebersihan dan sterilnya peralatan yang dicuci menggunakan sabun di bawah air mengalir, cukup cuci peralatan Anda dengan air panas. Lalu, keringkan dengan kain lap bersih, atau bisa juga dijemur hingga benar-benar kering.

Gula memang menjadi bahan pengawet alami dalam pembuatan selai nanas. Namun, jika dirasa penggunaan gula dalam campuran selai membuatnya tidak terlalu tahan lama, cukup taburi lagi gula pasir di bagian atas selai nanas yang sudah dimasukkan ke dalam wadah, dengan ketebalan 1/2 cm.

Perhatikan area penyimpanan selai nanas. Pastikan area penyimpanan selai nanas bersih dan tidak dekat dengan barang lain yang dapat merubah rasa serta aroma selai nanas. Seperti, sabun atau kapur barus.

Agar selai nanas lebih tahan lama, simpan selai di dalam lemari pendingin. Karena, selai nanas yang disimpan di suhu ruang hanya akan bertahan selama lima hari, sedangkan jika di dalam lemari pendingin akan tahan hingga satu bulan, bahkan lebih. Makin kering selai nanas, makin sedikit kadungan airnya, makan akan semakin tahan lama selai nanas yang Anda buat. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi selai nanas serbaguna untuk berbagai kebutuhan sajian sedap sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka kue kering nastar, untuk kue tat/baytat/tart khas Bengkulu, untuk topping cake atau kue, untuk olesan roti tawar, untuk isian roti manis, dan roti bakar selai nanas. Anda bisa jual selai nanas kiloan ekonomis harga murah meriah. Ini merupakan peluang usaha dan prospek bisnis Anda untuk menyambut lebaran Idul Fitri yang akan datang.

RESEP SELAI NANAS BEREMPAH UNTUK KUE NASTAR


BAHAN :
  • 600 gram buah nanas, diparut
  • 200 gram gula pasir
  • 4 cm kayumanis
  • 2 butir cengkeh
  • 2 lembar daun pandan, diikat
  • 8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
  • 1 sdm air jeruk nipis
CARA MEMBUAT SELAI NANAS BEREMPAH UNTUK KUE NASTAR :
  1. Masak nanas sampai airnya meresap. Masukkan gula pasir, kayumanis, cengkeh, daun pandan, dan daun jeruk. Aduk-aduk di atas api kecil sampai hampir kering.
  2. Tambahkan air jeruk. Aduk rata. Dinginkan.
  3. Sajikan untuk 350 gram.

RESEP SELAI NANAS TANPA REMPAH KAYU MANIS DAN CENGKEH


BAHAN :
  • 1 buah nanas Palembang, kupas dan buang matanya
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1 lembar daun pandan, sobek-sobek
  • 3/4 cup gula pasir
CARA MEMBUAT SELAI NANAS TANPA REMPAH :
  1. Parut atau blender nanas kupas. Masak nanas dengan garam dan daun pandan.
  2. Masak sampai airnya habis.
  3. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga lengket dan mengering. Angkat dan dinginkan.
  4. Simpan dalam kulkas untuk mengurangi kadar airnya sehingga kering dan agar tahan lama.
  5. Siap pakai.

RESEP SELAI NANAS UNTUK OLESAN ROTI TAWAR (PINEAPPLE JAM) HOMEMADE


Selai nanas untuk olesan roti tawar berbeda sedikit pada campuran bahan dan cara memasaknya, sehingga tekstur selainya pun lebih halus, creamy, dan lebih lembut dan halus dibanding selai untuk kue nastar yang agak kasar. Untuk selai jenis ini banyak merk buatan pabrik, misalnya seperti selai nanas Morin, selai nanas royal, dll.

BAHAN :
  • 1 buah nanas ukuran sedang, cincang dapatnya kurleb 2 cup
  • 3/4 cup gula pasir
  • 1/3 cup air
  • 1 buah jeruk nipis dengan kulitnya, buang biji, iris tipis
  • 1/2 sdm butter
CARA MEMBUAT SELAI NANAS UNTUK OLESAN ROTI TAWAR (PINEAPPLE JAM) HOMEMADE :
  1. Masukkan nanas cincang, gula pasir, irisan jeruk nipis, air ke dalam panci masak. Aduk rata. Masak dengan api sedang sampai gula pasir larut.
  2. Biarkan mendidih sambil diaduk-aduk, kemudian tambahkan butter. Aduk rata.
  3. Masak selama kurleb 30 menit dengan api sedang sampai mengental sambil sesekali diaduk, sesuaikan lama memasak dengan kekentalan selai yang diinginkan. Angkat dan dinginkan.
  4. Jika sudah dingin tempatkan dalam wadah kedap udara atau botol selai kaca yang telah dipanaskan supaya steril, tutup rapat dan simpan dalam kulkas.
  5. Siap pakai.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SELAI NANAS