CARA MEMBUAT SATE GURITA SABANG ACEH


Resep Sate Gurita Khas Sabang, Pulau Weh, Aceh Sederhana Spesial Asli Enak. Salah satu kuliner wajib dicoba saat mengunjungi Kota Sabang pulau weh (Weh Island) yaitu menyantap sate gurita yang lezat dan gurih sambil menikmati pemandangan alam lautnya yang indah dan menarik. Di antara berbagai jenis makanan seafood, gurita merupakan salah satu kuliner yang paling unik dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia. Gurita memang mudah ditemui di sekitar perairan dangkal Pulau Weh. Nelayan lokal sering kali menemukan gurita di antara hasil tangkapan Mereka.

Foto Resep Sate Gurita Khas Sabang, Pulau Weh, Aceh Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sate Gurita Sabang Bumbu Padang

Sate Gurita ini pada dasarnya sama dengan sate daging sapi, sate kambing, atau sate ayam seperti biasa, dengan kuah bumbu kacang atau kuah saus kacang dan bumbu padang seperti pada sate Padang. Bumbu kacang sering juga disebut bumbu Jawa seperti pada sate Madura terdiri dari kacang tanah, kecap, bawang merah dan bawang putih, garam, cabe rawit. Sedangkan satu lagi bumbu Padang yang terdiri dari racikan bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kunyit, sereh, dan bumbu-bumbu lainnya yang dimasak bersama kaldu sapi, kemudian dikentalkan dengan tepung beras. Yang menjadi menjadi daya tarik uniknya sate gurita adalah daging gurita yang dimasak lembut dan empuk sampai bumbu sate meresap sampai ke dalam daging gurita. Dengan daging yang sedikit kenyal dan gurih sate ini menjadi santapan nikmat dan cocok sebagai pengisi perut yang lapar di malam hari. Sedangkan untuk kreasi sendiri Anda bisa juga membuat sate gurita bumbu kecap. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi sate gurita Sabang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka sate gurita dengan variasi aneka bumbu atau aneka saus. Sedangkan untuk kompisisi bisa Anda sesuaikan dengan jumlah porsi yang dibuat.

RESEP SATE GURITA SABANG BUMBU KACANG


BAHAN :
  • Daging gurita
  • Kacang tanah
  • Kecap
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabe
BAHAN PELENGKAP :
  • Mentimun
  • Tomat
CARA MEMBUAT SATE GURITA SABANG ACEH :
  1. Potong kecil-kecil daging gurita yang telah dibersihkan lalu ditusuk seperti halnya sate-sate lainnya.
  2. Daging gurita dilumuri kecap lalu dibakar di atas bara api sedang agar matangnya merata hingga meresap ke dalam daging.
  3. Buat bumbu kacang.
  4. Sate Gurita disiram dengan bumbu kacang.
  5. Sajikan dengan pelengkap mentimun dan tomat.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SATE GURITA SABANG ACEH