CARA MEMBUAT SAMBAL KABAU


Resep Sambal Kabau Goreng Campur Ikan Teri Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Bentuk kabau tua bulat hitam seperti kancing kalau kabau muda warnanya kuning kehijauan, sementara bagian dalamnya berwarna hijau. Kabau atau buah julang jaling orang Lampung menyebutnya ini masih satu family dengan pete/jengkol. sambal ini sederhana saja cara pembuatannya, hampir sama dengan sambal-sambal goreng lainnya. Cita rasa dan aroma nya yang unik susah sekali untuk diungkapkan dengan kata-kata selain kata lezat gurih dan nikmat. Karena aneka kreasi dan variasi olahan masakan kabau ini dapat meningkatkan nafsu makan yang luar biasa. Kabau ini bisa hanya dijadikan lalapan, digoreng biasa, ditumbuk, dibikin sambal goreng kabau khas Bengkulu, ditumis, dicampur bahan-bahan lain seperti tempe, tahu, ikan, kabau undak tempoyak, dll. Rasonyo lemak tegalau dan memang lemak nian.

Foto Resep Sambal Kabau Goreng Campur Ikan Teri Pedas Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Sambal Goreng Kabau Ikan Teri Pedas

Menurut situs Wikipedia. Kabau adalah lalapan sejenis petai/pete dan jering atau jengkol. Tanaman ini hidup di daerah tropis, bentuk pohonnya menyerupai tanaman jengkol dan termasuk ke dalam marga Archidendron. Walaupun buah ini berbau tidak sedap seperti jering dan petai, tetapi inilah yang menjadikan kabau sebagai sayuran yang banyak dikonsumsi layaknya kedua tumbuhan tersebut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kabau merupakan buah yang beraroma tidak sedap yang dapat dikonsumsi. Nama lain dari kabau adalah jering hutan atau jering tupai.

Ada beberapa spesies Archidendron yang disebut-sebut sebagai kabau atau jering hutan, karena memang umumnya berupa tumbuhan liar yang tumbuh di hutan-hutan di Sumatera seperti Bengkulu, Palembang, Sumatera Selatan, Lampung, dll, Kalimantan, Semenanjung Malaya, Filipina, bahkan juga Jawa. Dari antaranya yang paling dikenal adalah A. bubalinum, dengan polongan berbentuk silinder pendek berwarna kehijauan dan biji berbentuk tablet besar berwarna hitam keunguan atau kecokelatan. Di samping itu juga dikenal jenis-jenis berikut :
  • A. ellipticum, dengan polongan pipih selebar lk. 1 inci, melingkar membentuk spiral, berwarna jingga kuning hingga merah kusam
  • A. fagifolium, dengan polongan pipih selebar lk. ½-1 inci, melingkar, kuning terang
  • A. microcarpum, dengan polongan pipih selebar lk. ½ inci, melingkar, jingga kemerahan.
Di daerah Rejang, kabau dikonsumsi sebagai lalapan dan biasanya dikonsumsi dengan nasi yang lauknya lema, tempoyak, ataupun lauk khas Sumatera lainnya. Berikut kumpulan aneka resepi kabau goreng sambal teri sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk usaha jualan rumah makan kampung.

RESEP SAMBAL KABAU TERI GORENG


BAHAN :
  • 2 ons Kabau, cuci bersih memarkan lalu goreng hingga garing
  • 100 gram ikan teri, belah dua lalu goreng
  • 15 bh cabe merah keriting
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat kecil, potong dadu kecil
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Penyedap rasa bila suka
  • Minyak goreng untuk menumis
CARA MEMASAK SAMBAL KABAU GORENG IKAN TERI :
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah
  2. Tumis bumbu hingga harum, masukkan tomat, kabau dan ikan teri yang sudah digoreng kering, aduk rata.
  3. Masukkan garam dan sedikit gula. Aduk rata.
  4. Sajikan


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT SAMBAL KABAU