CARA MEMBUAT PINDANG PATIN PEGAGAN OKI KHAS PALEMBANG


Resep Pindang Patin Pegagan OKI dan Meranjat Khas Palembang Sederhana Spesial Asli Enak. Tekstur ikan patin berdaging lembut memang paling enak dibuat pindang kuah. Kuah hangat yang gurih dengan semburat asam, manis, dan pedas dijamin bikin Wong Palembang kangen kampung halaman Wong Kito Galo. Iwak patin menjadi salah satu ikan yang banyak diolah menjadi beragam masakan di Sumatera, seperti Palembang, Bengkulu, khas Lampung, Jambi, dll. Ikan patin merupakan jenis ikan catfish dan merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Foto Resep Pindang Patin Pegagan dan Meranjat Khas Palembang Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Pindang Patin Pegagan

Ikan patin memiliki kandungan protein yang tinggi dan banyak sekali dibudidayakan di Indonesia. Di palembang, ikan patin banyak diolah menjadi pindang. Dalam proses pembuatannya, ikan patin dimasak dengan racikan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun salam hingga belimbing sayur. Jenis pindang di Palembang juga beragam, ada pindang ikan patin yang berkuah bening, pindang patin serani dan pindang patin tempoyak.

Ketiga jenis pindang ikan patin ini memiliki rasa yang gurih, asam dan sedikit pedas. Sedangkan pindang serani menggunakan bumbu yang dibakar terlebih dahulu. Khusus untuk pindang tempoyak memiliki rasa yang agak berbeda. Karena dalam proses pembuatannya dicampur dengan tempoyak yang terbuat dari durian.

Sebenarnya di Sumatra Selatan, dikenal banyak jenis masakan pindang. Setiap daerah memiliki pindang dengan karakteristik yang berbeda. Secara umum dikenal empat gagrak utama pindang, yaitu: Palembang, Meranjat, Musi Rawas, dan Pegagan OKI. Tetapi, sebetulnya, pindang Palembang pun terdiri dari beberapa jenis lagi. Misalnya, ada Pindang mangut yang sudah makin langka, di samping pindang serani yang lebih umum mewakili jenis masakan pindang di Palembang. Meranjat adalah nama sebuah desa di sebelah Utara Palembang. Pegagan dan Musi Rawas masing-masing adalah desa yang letaknya di sebelah Timur Palembang. Baca Juga : Resep Pindang Tulang

Pindang meranjat memiliki ciri khas rasa calok atau terasi yang sangat nendang. Rasa asamnya diperoleh dari nenas, dengan tingkat kepedasan sedang. Secara umum, pindang meranjat menghadirkan citarasa yang sangat intens. Jenis ikan yang banyak dipakai untuk pindang meranjat adalah patin dan baung. Pindang meranjat juga sering menampilkan iga sapi sebagai protein.

Pindang pegagan, sekalipun secara lokasi lebih dekat ke Musi Rawas tetapi lebih mirip dengan citarasa pindang meranjat. Sama-sama memakai nenas untuk menghadirkan keasaman, tetapi dengan rasa terasi yang lebih lunak. Intensitas bumbunya pun lebih "sopan".

Pindang musi rawas mirip pindang palembang karena sama-sama memakai cung kediro (tomat ceri) sebagai sumber rasa asam. Pindang ini memakai daun kemangi lebih banyak, sehingga sekilas justru sangat mirip kuah asam model Sulawesi Utara. Bedanya, kuah asam memakai lemon cui untuk mengasamkan kuahnya.

Namun pindang patin yang paling terkenal itu dari daerah Pegagagn, Ogan Komering Ilir, (OKI), Sumatera Selatan, makanya disebut pindang pegagan yang memilik khas yang unik, karena pakai buah nanas di kuahnya. Berikut kumpulan aneka resepi pindang patin pegagan OKI sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha restoran atau rumah makan Palembang.

RESEP PINDANG PATIN PEGAGAN OKI


BAHAN :
  • 5 kg ikan Patin (ikan sungai) lebih enak, Baung, gabus, dll
BUMBU :
  • 1 kg cabai merah
  • 1 ons cabai rawit
  • 1 ons bawang merah
  • 1 ons asam Jawa
  • 1 sdm terasi udang
  • 5 helai daun salam
  • 2 batang serai
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 buah nanas, dipotong-potong
CARA MEMASAK PINDANG PATIN PEGAGAN OKI :
  1. Tumbuk seluruh bumbu dapur tadi, tapi jangan terlalu halus, sesudah di tumbuk bumbu tadi di ambil sari airnya dengan menyaringnya seperti membuat santan, setelah itu sari tadi dimasukan ke dalam panci yang sudah di isi air yang sudah direbus sebelumnya.
  2. Setelah itu masukan juga ikan Patin yang sudah di bersihkan dan di potong menurut ukuran selera masing รป masing bersama buah nanas yang telah dipotong sebelumnya ke dalam panci yang ada sari air bumbu tadi. Dan direbus jadi satu selama kurang lebih 15 menit..
  3. Setelah 15 menit direbus ikan patin pindang pegagan Tanjung sejaro siap di hidangkan bersama dengan daun kemangi dan lalapan sayur lainnya.
  4. Sajikan panas atau hangat.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT PINDANG PATIN PEGAGAN OKI KHAS PALEMBANG