CARA MEMBUAT MARSHMALLOW BAKAR S'MORE DIP PANGGANG

Resep S'more Dip Panggang Marshmallow bakar dengan Cocolan Sederhana Spesial Asli Enak. S'more atau smores merupakan makanan empuk dan sekaligus renyah yang sedang ngehits akhir-akhir ini di Indonesia. Cemilan ini masih termasuk resep olahan marshmallow modern yang gampang banget dibuat.

Menurut situs food detik com. S'more adalah cemilan saat kemah (camping) yang terkenal di Amerika Serikat dan Kanada. Snack ini terdiri dari marshmallow bakar, selapis cokelat, dan Graham cracker. Graham cracker adalah biskuit yang terbuat dari Graham flour (tepung terigu halus dicampur dengan bran dan wheatgerm yang digiling kasar) dan diberi gula atau madu. Warnanya kecokelatan dan renyah rasanya.

Foto Resep S'more Dip Panggang Marshmallow bakar dengan Cocolan Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar S'more Dip Panggang Marshmallow bakar

Konon katanya, s'more merupakan singkatan dari 'some more' atau 'tambah lagi' karena mungkin sekali makan jadi ketagihan dan minta tambah lagi dan tambah lagi. S'more pertama kali dipublikasikan dalam 'Tramping and Trailing with the Girl Scouts' pada tahun 1927. Kegiatan membuat s'more saat api unggun biasanya disukai anak-anak.

S'more sangat mudah dibuat. Patahkan Graham cracker menjadi 2 bagian berbentuk persegi, kemudian letakkan cokelat batang di atas salah satu potongan cracker. Bakar marshmallow atau panggang pakai teflon sampai agak hangus (sesuai selera), lalu letakkan panas-panas di atas cokelat. Tutup dengan potongan Graham cracker satunya. Sekali gigit, sensasi yang dirasakan adalah renyah cracker, lembut kenyal marshmallow, dan lumer manis coklat yang mantap.

Jika Anda sedang di rumah, s'more bisa dibuat dengan microwave tanpa oven bisa pakai teflon. Tumpuk Graham cracker, cokelat, dan marshmallow, lalu masukkan ke microwave selama 15-25 detik. Marshmallow akan mengembang dan menjadi lebih empuk, sedangkan cokelatnya akan sedikit meleleh. Taruh cracker sebagai penutup sandwich tersebut, lalu santap selagi hangat.

Ada banyak variasi s'more, misalnya ditambahkan buah (apel atau berry) dan permen (mint, licorice, atau karamel). Sekarang semua snack yang terdiri dari Graham cracker, cokelat, dan marshmallow juga disebut s'more, meski tidak dipanaskan dan sedikit berbeda dengan s'more tradisional. S'more jenis ini dijual di supermarket dengan berbagai merk dan variasi rasa.

S'more kini makin banyak penggemarnya di Jakarta. Paduan marshmallow bakar, crackers dan lelehan cokelat menciptakan rasa begitu nikmat. Cara membuatnya pun tak sulit alias mudah dan gampang banget dan bahkan bahan marshmallow manis pun bisa dibuat sendiri kalau punya banyak waktu luang jika terlalu sibu bisa beli marshmallow instan siap pakai banyak dijual di supermarket dan minimarket.

Di Amerika Serikat, s'mores jadi camilan praktis terkenal saat berkemah. Biasa terbuat dari marshmallow bakar, selapis cokelat dan Graham cracker. Cemilan praktis macam ini sering dibuat oleh anak-anak dari Amerika saat mereka pergi berkemah. Terbuat dari marshmallow bakar atau panggang, lapis coklat dan graham cracker begitu praktis dan sederhana untuk membuatnya.

Kini muncul tren kekinian 2017 cocolan s'mores (s'mores dip or s'more crack dip). Biskuit tinggal dicocol ke dalam s'mores yang disajikan dengan pan. Beberapa kafe di ibukota mulai menyediakannya. Selain enak dan pembuatannya praktis, makanan ini juga terlihat menarik saat difoto. Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi s'more dip panggang atau nama lainnya marshmallow bakar dengan biskuit atau cracker sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis jajanan modern aneka s'more dan cocolannya ala restoran dan cafe resto siap saji.

RESEP S'MORE DIP PANGGANG OVEN


BAHAN :
  • 175 gram milk chocolate potong-potong kecil atau chocolate chip
  • 8 buah marshmallow ukuran besar
  • Biskuit
CARA MEMBUAT S'MORE DIP PANGGANG :
  1. Potong marshmallow jadi dua bagian, sisihkan. Siapkan wajan besi tahan panas oven (cast iron skillet), tempatkan cokelat dipermukaannya. Lalu susun marshmallow menutupi bagian atas chocolate chip. Jika tak ada marshmallow besar, bisa juga memakai marshmallow mini.
  2. Panaskan oven hingga mencapai suhu 230 derajat Celcius. Masukkan pan ke dalam oven. Panggang sekitar 7-9 menit atau sampai permukaan marshmallow berubah cokelat keemasan.
  3. Sajikan. Jika warna marshmallow sudah sesuai harapan, keluarkan dari oven. Sajikan segera dengan biskuit favorit untuk menyendokinya.

RESEP S'MORE DIP PANGGANG SUPER


BAHAN :
  • 250 gram coklat chips
  • 2 sdm susu
  • 300 gram marsmallow
  • Crackers atau biskuit untuk di celup
CARA MEMBUAT S'MORE DIP PANGGANG SUPER :
  1. Masukkan coklat chips, susu serta marsmallow ke dalam pinggan anti panas. Aduk rata di atas api sedang sampai semua bahan meleleh menjadi satu.
  2. Masukkan dipinggan anti panas saji dan berikan toping marshmallow di atasnya.
  3. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama kurleb 1 menit sampai marshmallow berwarna kecokelatan.
  4. Sajikan dengan mencelupkan biskuit atau crackers.

CARA MEMBUAT MARSHMALLOW BAKAR S'MORE DIP PANGGANG