12 RESEP STRUDEL ANEKA RASA KHAS MALANG

Resep Strudel Khas Malang Aneka Rasa Sederhana Spesial Renyah Asli Enak. Kue strudel citarasa asli Malang dan telah menjadi oleh-oleh khas Malang paling terkenal, Indonesia telah disesuaikan dengan cita rasa lokal yang 100 % banyak menggunakan bahan-bahan lokal yang memiliki rasa yang manis dan lezat. Cara memasak strudel adalah dengan cara dipanggang dengan oven jadi bisa juga disebut resep strudel panggang oven tanpa teflon.

Foto 12 Resep Strudel Khas Malang Aneka Rasa Sederhana Spesial Renyah Asli Enak
Gambar Strudel Apel Malang Khas Malang

Menurut situs Wikipedia. Strudel (/ˈstruːdəl/, bahasa Jerman: [ˈʃtʁuːdəl]) adalah sebuah jenis pastri berlapis yang biasanya diisi dengan manisan. Hidangan tersebut menjadi populer pada abad ke-18 melalui Kekaisaran Habsburg. Strudel seringkali tak hanya dikaitkan dengan masakan Austria namun juga pastri tradisional di seluruh wilayah bekas Kekaisaran Austria-Hongaria.

Resep-resep strudel tertua (Millirahmstrudel dan strudel lobak) berasal dari tahun 1696, dalam sebuah buku masak tulisan tangan di Perpustakaan Kota Wina (awalnya Wiener Stadtbibliothek). Pastri tersebut merupakan turunan dari pastri-pastri Timur Dekat yang mirip (lihat baklava dan masakan Turki).

Menurut situs resmi Malangstrudel. Strudel adalah kue berlapis yang terbuat dari pastry dan buah-buahan. Kue ini adalah makanan populer di jaman Hasburg Empire (1278 - 1780) di Austria. Awal dari makanan ini diperkirakan ditemukan oleh bangsa Yunani dan Turki yang di kenal sebagai Backlava. Saking populernya, makanan ini menjadi makanan favorit rakyat Austria, Jerman dan negara Eropa lainnya. Di Eropa, Strudel yang terkenal dan favorit adalah yang berisi buah apel. Di Jerman sering disebut dengan apfel strudel (strudel pastry apples raisins sugar food).

Sejarah asal-usul Malang Strudel. Pada saat aktor dan aktris Teuku Wisnu dan Shireen berjalan-jalan ke Eropa beberapa tahun silam, keduanya sangat menyukai Strudel hingga terpilihlah kue ini untuk oleh-oleh keluarga dan teman-temannya di Indonesia. Teman-teman dan keluarganya-pun ternyata juga banyak yang menyukai kue ini.

Beberapa tahun kemudian, sejak Wisnu sering datang ke Malang, dia berpikir bahwa mungkin cocok untuk membuat Strudel khas Malang, karena Malang juga terkenal sebagai penghasil apel berkualitas. Strudel yg asli Austria inipun dimodifikasi disesuaikan dengan taste lokal melalui chef profesional. Hingga jadilah beberapa varian rasa strudel khas Malang yang dijual di gerai pertama Malang Strudel di Jl Ardimulyo no 14 Singosari, Malang ini.

Sejak dibuka 20 Desember 2014 lalu, banyak komentar positif tentang rasa lezat Malang Strudel ini. Banyak pula pesanan dari luar kota, namun mohon maaf Malang Strudel hanya bisa dibeli di kota Malang, agar kue ini juga bisa menjadi “khas” kota Malang yang tidak dijual di kota lainnya. Ayo wisata ke Malang dan jangan lupa mampir di gerai kami ya.

Kata Andrew Andika Malang punya segalanya. Kalian nggak perlu Jauh-jauh ke luar negeri untuk melihat Broadway karena di Malang ada!. Wisata alamnya juga bikin Andrew gak bisa lupa dengan kota satu ini. Semuanya seru dan recomended untuk diexplore.

Dan satu lagi, kuliner khas Malang yang wajib dicoba ketika kalian ke Malang, Malang Strudel! Dijamin bikin liburan kalian di kota ini jadi tambah Komplit.

Pokoknya belum ke Malang, kalau belum ke Malang Strudel.

Dengan kulitnya yang berlapis-lapis dan renyah terasa sangat nikmat setelah merasakan isinya. Rasa segar dari potongan apel dan kismis. Rasa dan aroma kayumanis yang khas turut memperkaya sajian yang dioven ini. Berikut aneka varian rasa strudel cake yang dapat dibuat dan bisa dikembangkan sendiri. Seperti strudel durian, strudel rambutan, strudel duku, strudel jeruk, strudel pisang keju, dll.
  1. Cheese Strudel (Strudel Keju). Perpaduan cream cheese (keju) dengan bahan lokal asli malang yang di olah dengan resep asli malang strudel menghasilkan rasa yang yummy, keju yang lumer dan lembut akan sangat memanjakan lidah anda.
  2. Orange Strudel (Strudel Jeruk)
  3. Mango Strudel (Strudel Mangga)
  4. Mix Fruit Strudel (Strudel Buah Campur)
  5. Taro Strudel (Taro Strudel)
  6. Strawberry Strudel (Strudel Stroberi) / resep strudel strawberry cream cheese
  7. Chocolate Banana Strudel (Strudel Pisang Coklat)
  8. Dates Strudel (Strudel Kurma)
  9. Pineapple Strudel (Strudel Nanas)
  10. Apple Strudel (Apel Strudel)
New Variant Premium :
  1. Red Velvet Strudel (Buah Bit Strudel)
  2. Green Tea Strudel
Sekarang tambah semakin banyak varian yang diciptakan oleh orang Indonesia dengan bermacam-macam jenis, Seperti strudel pisang keju, strudel pisang coklat, strudel tanpa korsvet, strudel ayam, strudel pisang NCC, strudel daging, dan masih banyak lagi.  Cara buatnya gampang banget. Berikut kumpulan rahasia Aneka kreasi dan variasi olahan Resepi Strudel Khas Malang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis strudel ala cafe aneka rasa buah siapa tahu dapat ide dan inspirasi untuk mengembangkan daerah kota Anda. Karena ada peluang usaha sebab Malang Strudel tidak membuka cabang untuk menjaga kekhasannya yakni Oleh-oleh khas Malang tentu Anda modifikasi sendiri soal rasa dan aneka isi buah-buahan yang dipakai.

RESEP STRUDEL APEL MALANG (RESEP APPLE STRUDEL)


Nama lainnya Strudel kue apel kismis gula makanan atau strudel pastry apples raisins. Buah apel Malang banyak juga tersedia di Batu Malang dan memang cocok dikembangkan di kota Malang, Jawa Timur. Udaranya yang sejuk makan strudel wow sangat lezat sekali. Apalagi seusai berpetualang wisata di Malang.

BAHAN KULIT :
  • 150 gram tepung terigu protein tinggi
  • 60 ml air
  • 15 ml olive oil
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir halus
  • 1 butir telur
BAHAN ISI :
  • 600 gram apel malang, kupas, potong kotak kecil
  • 30 gram kismis
  • 50 gram biskuit putih, haluskan
  • 30 gram gula pasir
BAHAN OLESAN :
  • 1 sdm margarin, lelehkan
  • 2 sdt olive oil
BAHAN TABURAN :
  • 1 sdm gula tepung
CARA MEMBUAT STRUDEL APPLE MALANG :
  1. Cara Membuat Kulit Strudel : campur tepung terigu, air, olive oil, garam, gula pasir, dan telur. Kocok dengan mixer spiral sampai elastis. Bungkus plastik. Simpan dalam kulkas 1 jam.
  2. Cara Membuat Isi Strudel : campur apel, kismis, biskuit, gula pasir, dan kayumanis bubuk. Aduk rata.
  3. Giling adonan kulit sampai dengan ukuran 40x40 cm. Oleskan olive oil. Tuang isi di satu sisi kulitnya. Gulung.
  4. Letakkan dalam loyang yang dioles margarin. Oleskan olive oil. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius 35 menit sampai matang.
  5. Sajikan apple strudel setelah ditabur gula tepung untuk 20 potong.

RESEP STRUDEL NANAS (RESEP PINEAPPLE STRUDEL)


Resep strudel nanas dalam bahasa Inggris Pineapple Strudel terbuat dari buah nenas yang manis dan berkualitas baik. Buah ini banyak dan mudah sekali ditemukan di Indonesia. Sayangnya pemanfaatan buah ini belum maksimal untuk bahan makanan. Buah ini selain enak dimakan langsung juga enak dibuat rujak, acar nanas, untuk selai kue nastar. Padahal buah nanas cocok juga dijadikan sebagai isian kue strudel ini. Penasaran? silahkan simak dan coba resep ala dapoerartyn di bawah ini.

BAHAN :
  • 3 lembar kulit pastry instan ( bisa beli di supermarket )
  • 1 sdm susu cair UHT
  • 1/2 sdm gula bubuk
BAHAN ADONAN ISI STRUDEL :
  • 160 gram buah nanas kalengan / fresh. Tiriskan dan potong dadu kemudian taburi dengan sedikit tepung terigu
  • 1 sdm gula pasir, sesuai selera
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
  • 1 sdm kismis
  • Campur semua bahan diatas
CARA MEMBUAT STRUDEL NANAS :
  1. Olesi setiap lembaran kulit pastry dengan susu kemudian susun hingga bertumpuk 3 lembar.
  2. Masukkan adonan isi kemudian ratakan tapi jangan sampai mendekati ujungnya. Sisakan 5 cm sebelum sisi yang pendek dan 2 cm sebelum sisi yang panjang.
  3. Gulung strudel hingga berbentuk lingkaran kemudian olesi atasnya dengan sisa susu.
  4. Panggang dalam oven bersuhu 180° C selama 20 menit.
  5. Apabila sudah berubah warna menjadi kecokelatan maka angkat.
  6. Terakhir, taburi dengan gula bubuk dan beri garnis.
  7. Sajikan untuk 6 potong.

RESEP BANANA CHOCOLATE STRUDEL (RESEP CHOCOLATE BANANA STRUDEL)


Chocolate Banana Strudel (Strudel Pisang Coklat)

BAHAN :

BAHAN ADONAN A :
  • 100 gram terigu protein tinggi
  • 80 gram margarine atau butter
  • 1 sdm minyak sayur
  • Campur semua bahan menjadi satu, setelah kalis simpan dalam lemari pendingin
BAHAN ADONAN B :
  • 300 gram terigu protein tinggi
  • 50 gram gula halus
  • 100 gram margarine
  • 100 ml air dingin
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1/4 sdt vanilli bubuk
  • Campur semua menjadi satu, aduk hingga kalis
BAHAN ISI :
  • Pisang raja/kepok, kukus
  • Coklat blok/meses
  • Keju cheddar
BAHAN OLESAN :
  • 1 kuning telur
  • 2 sdm susu cair
  • Aduk menjadi satu
CARA MEMBUAT RESEP BANANA CHOCOLATE STRUDEL :
  1. Taburi meja kerja dengan sedikit tepung rolling memanjang adonan B, letakkan adonan A diatasnya lipat seperti melipat amplop, roling kembali lipat membentuk amplop lagi, dan rolling lagi lakukan hal yang sama hingga dua kali.
  2. Tata bahan isian, lipat kembali, rekatkan sisi-sisinya agar isi tidak keluar saat dipanggang, oles dengan bahan olesan beri toping sesuai selera, panggang dengan suhu 175°C selama 25-35 menit atau sampai matang kecoklatan (sesuaikan dengan oven masing-masing).
  3. Sajikan.

RESEP STRAWBERRY STRUDEL (RESEP STRUDEL STROBERI)


Resep cara membuat strudel stroberi Ala Femina. Kota Lembang dan Ciwidey sepertinya cocok untuk mengembangkan strudel strawberry ini karena di Kota Bandung sangat banyak dan berlimpah untuk buah strawberry berkualitas baik. Begitu juga di kota-kota yang banyak buah strawberry-nya, seperti Bedugul, Denpasar, Bali, Curup, Bengkulu, dan kota-kota lainnya di Indonesia. Hal ini adalah peluang usaha dan prospek bisnis yang cerah bagi Anda untuk saat ini.

BAHAN :
  • 100 gram buah stroberi, belah 2
VANILLA CUSTARD :
  • 50 ml heavy cream *)
  • 50 ml susu cair
  • 1 sdt mentega tawar
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/3 bagian batang vanili **)
  • 1 1/2 sdt tepung maizena
  • 1 kuning telur
  • 100 gram whipped cream ***)
PUFF PASTRY :
  • 375 gram adonan puff pastry
  • 3 sdm gula bubuk
CARA MEMBUAT STRAWBERRY STRUDEL :
  1. Cara Membuat Custard Vanilla : Didihkan cream, 1/2 bagian susu, mentega, gula, dan vanili di atas api kecil. Sisihkan. Larutkan maizena dengan sisa susu dan kuning telur. Tuang ke dalam cream panas. Aduk cepat hingga mengental, angkat. Setelah tidak lagi panas, buang batang vanili. Masukkan whipped cream, aduk lipat menggunakan spatula karet. Dinginkan hingga padat (± 2 jam).
  2. Cara Membuat Puff Pastry : Potong adonan puff pastry ukuran 16 cm x 10 cm. Susun dalam loyang datar yang telah diolesi mentega. Panggang dalam oven panas bersuhu 180° C hingga matang (± 20 menit). Keluarkan. Taburi gula bubuk. Panggang kembali dalam oven panas bersuhu 220° C (± 7 menit). Keluarkan. Belah perlahan lapisan puff pastry yang telah mengembang ini menjadi 2 bagian. Cetak custard dengan spuit hingga setebal 2 cm. Susun beberapa potong stroberi di atasnya sambil ditekan agar menyatu ke dalam lapisan custard. Tutup dengan selembar puff pastry lain. Taburi gula bubuk.
  3. Sajikan selagi custard dingin Untuk 6 porsi.

TIPS & TRICKS :

*) Heavy cream: Kepala susu dengan lemak 36% - 40%. Dijual dalam kemasan tetra pak dengan tulisan heavy cream, thickened cream, atau cooking cream.

**) Batang vanili: Berasal dari tanaman vanili. Aroma manisnya khas dessert. Karena harumnya kencang, bisa digunakan lebih dari 1 kali.

***) Whipped cream: Heavy cream yang telah dikocok oleh produsen. Dijual dalam kemasan botolan. Anda bisa membuatnya dari heavy cream yang dikocok kaku.

RESEP STRUDEL PISANG (RESEP BANANA STRUDEL)


Resep strudel pisang atau dalam bahasa Inggrisnya Banana Strudel ala Tabloid Nova. Buah pisang juga banyak di Indonesia tidak sulit menemukan buah kesukaan Monyet ini tapi Manusia juga suka. Siapa yang tidak suka pisang? apalagi pisang Ambon, ya kan? Bosan kan dengan resep olahan pisang yang seperti itu-itu saja. Nah, bagaimana hari ini kita buat kue strudel? pasti anak-anak suka. Apalagi anak saya suka sekali makan pisang. pisang apa saja Dia santap. Namanya Diana.

BAHAN KULIT :
  • 250 gram tepung
  • 2 putih telur
  • 1 kuning telur
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak
  • 30 cc air hangat
  • 1 kuning telur untuk olesan
BAHAN ISI :
  • 4 buah pisang Ambon, belah memanjang kemudian potong-potong
  • 2 sdm selai kacang
  • 1 sdm mentega
  • 50 gram kacang tanah sangrai, tumbuk halus
  • 50 gram kismis potong-potong
  • 2 sdm gula palem
CARA MEMBUAT STRUDEL PISANG :
  1. Buat terlebih dahulu adonan kulit. Campur jd satu semua bahan kulit. Aduk hingga rata uleni hingga kalis dan tdk lengket di tangan. Biarkan 30 menit.
  2. Giling adonan sampai tipis sekali kemudian bagi dua hingga menjadi dua lembaran
  3. Olesi tiap permukaan lembaran dengan mentega, lalu kacang dan pada masing2 lembar, taburi kacang tumbuk.
  4. Taruh pisang di salah satu sisi, taburi dengan kismis dan gula palem yang diayak diatasnya.
  5. Gulung hingga adonan isi ada di bagian tengah. Olesi dengan kuning telur. Oven hingga matang.
  6. Sajikan.

12 RESEP STRUDEL ANEKA RASA KHAS MALANG