CARA MEMBUAT TAPE SINGKONG (PEUYEUM)


Resep Tape Singkong Ubi Kayu Tradisional Buatan Sendiri (Homemade) Sederhana Spesial Peuyeum Matang Asli Enak. Tape atau tapai di masyarakat Indonesia ada beberapa macam-macam jenis, di antarnya adalah tape singkong yang lezat, tape ketan (hitam/putih/warna-warni hijau). Tape merupakan makanan tradisional yang tetap disuka sampai jaman terkini sekalipun karena memang enak, manis dan bagus untuk kesehatan terutama kulit. Khususnya tape singkong bisa diolah menjadi aneka kreasi olahan dan variasi masakan, kue tape, bolu tape, bluder tape, puding tape, jajanan, permen tape, dodol tape, colenak peuyeum, jadi campuran es campur, campuran minuman segar, dan lain sebagainya.

Foto Resep Tape Singkong Ubi Kayu Tradisional Buatan Sendiri (Homemade) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Tape Singkong Ubi Kayu Manis

Tapai atau tape terbuat dari singkong ada yang banyak airnya dengang tekstur lebih lembut dan empuk banget dan berair baik sedikit air dan banyak air dan ada juga jenis tape singkong kering, kalau di Sunda, Bandung, Jawa Barat biasanya di gantung di etalase-etalase sebagai oleh-oleh khas Bandung, banyak terdapat di daerah Purwakarta, Sumedang, dan di pusat atau centra oleh-oleh khas Bandung Pada prinsipnya proses pembuatan tape ini adalah sama, yang membedakan adalah bahannya saja yaitu singkong atau beras ketan, mengenai proses dan ragi tape nya adalah sama. Berikut kumpulan aneka resepi tape singkong tradisional sederhana sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step dan anti gagal alias sukses berhasil yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka tape.

RESEP TAPE SINGKONG


BAHAN :
  • Singkong ubi kayu
  • Ragi tape
CARA MEMBUAT TAPE SINGKONG :
  1. Siapkan Singkong beberapa butir, kupas kulit nya, cuci bersih. (dibiarkan utuh atau potong sesuai selera).
  2. Rebus singkong tersebut hingga matang. Tiriskan dan dinginkan.
  3. Siapkan Ragi Tape beberapa butir (disesuaikan bahan singkong), tumbuk sampai halus seperti tepung (diayak).
  4. Taburkan / Lumuri Singkong yang sudah dingin itu dengan bubuk Ragi Tape secara merata diseluruh sisinya.
  5. Siapkan nampan seal macam tupper Ware yang bisa ditutup rapat, peram selama kurang lebih 3 hari lamanya utnuk proses fermentasinya.
  6. Tape Singkong siap dihidangkan sesuai selera, bisa dibuat campuran es campur, di jus, atau di goreng juga sangat enak.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT TAPE SINGKONG (PEUYEUM)