CARA MEMBUAT MARSHMALLOW SENDIRI HOMEMADE


Resep Marshmallow Kenyal Lembut dan Empuk Sederhana Spesial Rumahan (Homemade) Buatan Sendiri Asli Enak. Selain dimakan langsung Marshmallow mantap juga bila dijadikan topping makanan kue, cake, puding, dll. Teksturnya kenyal namun lembut dan empuk kalau digigit seperti permen karet jadi sangat cocok juga jikalau dijadikan mainan slime untuk anak-anak karena bahan-bahannya tidak berbahaya dan kelebihannya bisa dimakan jadi ini merupakan cara membuat slime yang bisa dimakan. Pada artikel baru saja dipublish yaitu pada bahasan resep kue cubit bubble gum marshmallow juga keren hasilnya kelihatan serasi antara kombinasi kue cubit rasa bubble gum dengan aroma permen karet dan marshmallow aneka warna warni dengan aroma yang unik dan hasilnya sangat keren dam memuaskan. Marshmallow juga digunakan untuk pembuatan permen atau manisan seperti permen jelly pada permen yupi atau permen marshmallow yang sangat disukai oleh anak-anak, remaja, sampai orang dewasa.

Foto Resep Marshmallow Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Marshmallow Kotak Warna Warni


Menurut situs Wikipedia. Marshmallow atau manisan kenyal adalah makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dan empuk dalam berbagai bentuk, aroma dan warna. Marshmallow bila dimakan meleleh di dalam mulut karena merupakan hasil dari campuran gula atau sirup jagung, putih telur, gelatin, gom arab, dan bahan perasa yang dikocok hingga mengembang. Marshmallow merupakan makanan ringan yang sering dimakan setelah dipanggang di atas api unggun. Bila dipanggang di atas api, bagian luar marshmallow mengalami karamelisasi sedangkan bagian dalam sedikit mencair. Lama pemanggangan bergantung pada selera, mulai dari sedikit berubah warna hingga manisan kenyal menyala dan sedikit gosong. Resep untuk membuat manisan kenyal ada lebih dari 1.000 cara yang berbeda. Diantaranya ada aneka kreasi dan variasi olahan resep marshmallow halal yang terbuat dari kulit pisang dan bahan-bahan yang halal tentu tanpa gelatin sapi pada resep marshmallow halal, lalu membuat marshmallow panggang atau marshmallow bakar, roti bakar pun sangat enak jika dikombinasikan menjadi roti bakar marshmallow, resep marshmallow cokelat, resep marshmallow warna warni, resep marshmallow fondant, dll.

Sejarah asal-usul mula marshmallow. Resep tradisional manisan kenyal tidak menggunakan gelatin, melainkan sari akar tanaman semak Althaea (genus) / marshmallow (Althea officinalis), sehingga penganan ini disebut marshmallow.

Bapak kedokteran, Hippocrates, menggunakan marshmallow untuk mengobati memar dan kehilangan darah. Dioscorides menulis tentang sifat-sifat positif marshmallow, sedangkan Horace memuji sifat laksatif dari daun dan akar tanaman tersebut. Dokter Romawi menggunakan marshmallow untuk mengobati sakit gigi, gigitan serangga, bengkak karena kedinginan, dan kulit yang teriritasi. Penduduk Cina, Mesir, dan Roma memakan berbagai jenis marshmallow. Penduduk Prancis memakan bunga dan daun dalam bentuk Marshmallow. Marshmallow dahulu digunakan untuk meredakan sakit gigi, gigitan serangga, gangguan pencernaan, dan diare di Eropa selama abad pertengahan. Saat bayi tumbuh gigipun diberikan marshmallow.

Setelah Alex Doumak mematenkan proses ekstrusi pada tahun 1948, manisan kenyal mulai dibuat di pabrik dengan mesin ekstrusi. Hasilnya berupa manisan kenyal berbentuk silinder yang dipotong-potong dan diguling-gulingkan dalam campuran tepung jagung dan gula halus. Saat ini, manisan kenyal disukai anak-anak maupun orang dewasa, bisa dimakan begitu saja, dimasukkan ke dalam minuman (cokelat susu, café mocha), dibuat kue dan gula-gula (biskuit Mallomars, Peeps), atau sebagai penghias hidangan penutup.

Aneka macam-macam jenis marshmallow. Tipe manisan kenyal yang umum diproduksi adalah : manisan kenyal timbul (extruded marshmallow), manisan kenyal endapan (deposited marshmallow ), manisan kenyal potongan ( cut marshmallow), manisan kenyal butiran(grained marshmallow ), nougat, manisan kenyal kue busa ( marshmallow-meringues ) dan biskuit serta isi kue wafel ( wafer ). Produk-produk tersebut, berbeda dalam hal tekstur, formulasi, bahan yang digunakan, dan tingkat aerasi.

Kandungan gizi marshmallow. Bisa lihat di bawah untuk nilai-nilai gizi dan informasi tentang berapa banyak kalori yang di manisan kenyal termasuk vitamin, mineral, asam folat dan serat makanan, serta protein dan karbohidrat. Sebelum kita masuk ke rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi marshmallow sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha kuliner perlu kita ketahui kadungan gizinya sebagai berikut.

Kandungan ( /100 gr ) Satuan
  • Air 16,4 gr
  • Protein 1,8 gr
  • Lemak 0,2 gr
  • Kadar abu 0,3 gr
  • Karbohidrat 81.3 gr
  • Kalori 318 kkal
  • Serat 0,1 gr
  • Gula 57,56 gr
  • Sodium 80 mg





RESEP MARSHMALLOW


Resep By : Ehow

BAHAN :
  • 3 bungkus kecil gelatin tanpa rasa
  • 236 ml air dingin
  • 340 gram gula pasir
  • 30 gram gula halus
  • 40 gram tepung jagung
  • 160 ml sirup jagung
  • 2 sdt ekstrak vanili
  • 1/4 sdt garam
PERALATAN :
  • Mixer
  • Termometer khusus makanan
  • Loyang
  • Cooking spray (anti lengket)
CARA MEMBUAT MARSHMALLOW :
  1. Masukkan sirup jagung, garam, dan gula pasir ke dalam panci berisi air. Panaskan di atas api sedang dan biarkan sampai gulanya larut, atau pastikan gulanya larut sampai suhu airnya mencapai 115 derajat Celcius. Periksa suhu menggunakan termometer khusus. Ketika suhu sudah tercapai, segera matikan api.
  2. Siapkan mixer, lalu masukkan gelatin ke dalam air dingin. Campur bahan menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Perlahan masukkan campuran gula, campuran gelatin, tepung jagung, sirup jagung, dan gelatin. Lalu tingkatkan kecepatan mixer. Aduk sampai campuran terlihat tebal, kurang lebih 15 menit. Jangan lupa pada menit terakhir, masukkan ekstrak vanili.
  3. Siapkan loyang yang sudah disemprot cooking spray anti lengket. Tuangkan semua adonan marshmallow sampai rata. Taburi dengan gula halus dan tepung jagung kembali di atas adonan, dan diamkan semalaman, atau paling tidak selama 5 jam.
  4. Setelah adonan sudah siap, balik loyang, dan potong sesuai selera. Sebelum diletakkan dalam wadah tertutup, taburi kembali marshmallow dengan campuran gula halus dan tepung jagung agar tidak lengket. Marshmallow ini dapat bertahan hingga empat pekan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT MARSHMALLOW SENDIRI HOMEMADE