CARA MEMBUAT KUE SENGKULUN KHAS JAWA TENGAH


Resep Kue Sengkulun Sederhana Spesial Asli Enak Khas Jawa Tengah. Kue sengkulun adalah makanan tradisional yang adonan dasarnya terbuat dari tepung beras ketan putih pada umumnya dan bisa juga pakai tepung beras ketan hitam bahkan kue sengkulun bisa terbuat dari singkong. Teksturnya lembut dan empuk banget seperti awug beras. Aneka kreasi dan variasi olahan kue sengkulun, diantaranya ada kue sengkulun ketan, kue sengkulun singkong, kue sengkulun Purworejo, kue sengkulun Betawi, kue sengkulun Bangka, kue sengkulun gula merah, kue sengkulun Jawa, kue sengkulun Wonosobo, kue sengkulun kebumen, kue sengkulun Jawa Timur, dll.

Foto Resep Kue Sengkulun Sederhana Spesial Asli Enak Khas Jawa Tengah
Gambar Kue Sengkulun Khas Jawa Tengah

Defenisi menurut situs Wikipedia apa itu kue sengkulun. Kue sengkulun atau sering juga disebut Sengkolon (Jepara), Kue Jando Berias (Palembang), atau Sangkolun (Bangka) adalah kue mirip kue keranjang dengan permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut. Kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung ketan. Penggunaan gula merah membuatnya berwarna coklat, walaupun ada juga variasi pewarna lain di berbagai daerah. Santan kental menambahkan rasa gurih. Sedangkan sejarah asal usul mulanya kue sengkulung ini belum begitu jelas siapa yang pertama membuatnya dan daerah mana yang duluan membuat kue ini tapi masing-masing daerah memilik rasa dan tampilan yang khas dengan kue uni dan menarik ini.

Kue ini diakui di berbagai daerah, misalnya Betawi, Jepara, Demak, dengan pengaruh budaya Cina. Namun daerah lainnya juga memiliki resep sengkulun dengan berbagai variasi bahan. Kue ini dibuat dengan cara dikukus dalam waktu sekitar 2 jam, dan dimakan dengan kelapa parut atau siap untuk dijual.

Kue sengkulun berasal dari Jawa Tengah tepatnya dari Purworejo berwarna merah putih, namun ada pula kue sengkulun Betawi dan kue sengkulun Bangka. Berikut ini aneka resepi kuih sengkulun Purworejo khas jawa tengah sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri atau untuk jualan usaha jajanan aneka kue basah tradisional.

RESEP KUE SENGKULUN KHAS JAWA TENGAH


BAHAN :
  • 125 gram tepung beras ketan putih bisa juga pakai beras ketan hitam
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram kelapa parut
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Secukupnya Minyak goreng untuk mengoles cetakan
CARA MEMBUAT KUE SENGKULUN :
  1. Sementara Bunda membuat adonan kue sengkulun, didihkan air pada langseng/kukusan. Campur semua bahan kecuali minyak ngoreng. Aduk sampai tercampur rata, kemudian bagi dua. Sebagian beri warna merah.
  2. Olesi cetakan kue sengkulun dengan sedikit minyak goreng, lalu masukkan adonan warna putih, tekan-tekan. Lakukan sampai adonan putih habis.
  3. Hitung berapa jumlah adonan putih pada cetakan, lalu bagi adonan merah sebanyak cetakan adonan putih. Letakkan adonan merah di atas adonan putih dan tekan-tekan. Kukus selama 40 menit.
  4. Setelah matang keluarkan dari kukusan dan biarkan dingin. Setelah dingin.
  5. Sajikan.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE SENGKULUN KHAS JAWA TENGAH