CARA MEMBUAT KUE PUTU MAYANG


Resep Putu Mayang Tepung Beras Warna Warni Sederhana Spesial Asli Enak. Ini kue putu mayang tepung beras dan tepung kanji dengan aroma daun pandan suji pandan yang harum mewangi serta saus santan gula merah yang aduhai. Bunda juga bisa menambahkan durian ke dalam kuah saus putu mayang kelapa untuk menambah kelezatan kue basah tradisional ini bila Anda suka. Putu mayang selain sudah menjadi kuliner jajanan pasar juga sering dijajakan pada bulan puasa ramadhan sebagai santapan berbuka puasa atau menu takjil di Indonesia.

Menurut situs Wikipedia. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung beras atau campur dengan tepung kanji yang berbentuk seperti mi atau mie yang kenyal namun teksturnya lembut dan empuk, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca sejenis kuah gula merah yang rasanya manis atau gula jawa cair atau saus durian/duren.

Foto Resep Putu Mayang Tepung Kanji Warna Warni Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Putu Mayang Warna Warni

Di Indonesia kue putu mayang kelapa gula merah ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Akan tetapi, asal mula kue ini mungkin terkait dengan kue putu mayam yang berasal dari India Selatan. Kedua-duanya memiliki bentuk adonan tepung kanji atau tepung beras yang dicetak menyerupai gumpalan mi atau mie ada juga yang mencampurkan gula merah ke dalam adonan sehingga menjadi resep putu mayang gula merah yang berwarna coklat alami, putu pandan warna hijau, dan mungkin bahan jelly nutrijell bisa dicampurkan ke dalam adonan itu semua aneka kreasi olahan dan variasi dari kreatifitas Anda. Namun putu mayang Indonesia sedikit berbeda dibandingkan putu mayam India yang juga dapat ditemukan di Sri Lanka, Malaysia, dan Singapura. Gumpalan putu mayang Indonesia lebih menyatu dan tebal dengan ukuran gumpalan yang kecil, sementara putu mayam India memiliki helai seperti mi yang lebih halus dan ukuran yang lebih lebar.

Foto Putu Mayam India
Gambar Putu Mayam India

Memakan kue ini dapat dilakukan dengan menyiram gula merah dan santan, atau memberi tambahan sedikit taburan kelapa pada gula putu mayang tersebut. Sehingga rasa kue putu mayang ini gurih, manis, dan lezat. Pokoknya mantap.

Resep kue putu mayang juga bisa terbuat dari bihun jagung untuk bahan resep kue putu mayang bihun jagung, bihun soun, atau bahkan juga bisa pakai mie kuning. Pewarna makanan pelangi (rainbow) bisa digunakan pada resep ini untuk membuat kue ini lebih cantik, unik dan menarik dan bisa juga diberi taburan kelapa parut diatasnya. Berikut aneka resepi kuih putu mayang sajian sedap istimewa NCC lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri atau untuk usaha jualan aneka jajanan pasar kue basah tradisional.

RESEP KUE PUTU MAYANG


BAHAN :
  • 200 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung kanji
  • 250 ml air
  • 100 ml air daun pandan suji
BAHAN SAUS SANTAN :
  • 750 ml santan sedang
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong

Baca Juga : Putu Belanda
Baca Juga : Putu Ayu
Baca Juga : Putu Bambu

CARA MEMBUAT PUTU MAYANG :
  1. Campur kedua tepung jadi satu. Perciki dengan sedikit air hingga tepung jadi lembap.
  2. Alasi kukusan dengan daun pisang. Kukus tepung hingga panas. Angkat.
  3. Didihkan sisa air dan air daun pandan suji.
  4. Masukkan tepung panas, aduk-aduk hingga licin dan kental. Angkat.
  5. Bagi menjadi 3 bagian. Satu bagian dengan pewarna merah, satu bagian dengan warna hijau. Biarkan sisanya berwarna putih. Tuang ke dalam cetakan kue putu. Tekan hingga bergelombang. Taruh di atas daun pisang. Kerjakan hingga bahan habis.
  6. Cara Membuat Saus Santan kinca : Rebus semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan saring.
  7. Sajikan putu mayang dengan Saus Santan atau saus kinca gula merah untuk 6 porsi.


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE PUTU MAYANG