CARA MEMBUAT KUE JONGKONG KHAS BANGKA BELITUNG


Resep Kue Jongkong Khas Bangka Belitung (BABEL) Sederhana Spesial Asli Enak. Kue jongkong kelapa muda khas Bangka Belitung dan khas Palembang memang lezat dengan tekstur yang lembut dan empuk tersedia banyak varian salah satunya warna hijau pandan daun suji dan ada ada juga kue jongkong hitam dari beras ketan hitam dengan rasanya yang manis legit gurih sangat cocok dinikmati pada sore hari bersama keluarga tercinta. Kue jongkong khas bangka Trend 2017 hijau diatas. Kue jongkong ? tidak selalu harus hijau dibawah, ujar Jennie @jenniefoe pada akun instagramnya. Memang biasanya kue jongkong itu warna putihnya diatas dan warna hijau dibawah. Namanya juga kreasi masakan sesuai kreasi Anda sendiri karena memasak tidak ada pakemnya. Masaklah sesuai kreatifitas Anda.

Foto Resep Kue Jongkong Khas Bangka Belitung (BABEL) Sederhana Spesial Asli Enak
Gambar Kue Jongkong Khas Bangka Belitung

Menurut situs Wikipedia. Kue jongkong adalah salah satu jajanan khas Bangka Belitung. Jongkong memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Jajanan ini sering dijual di pasar tradisional. Kue jongkong terkenal di berbagai wilayah di Indonesia, terutama di Sumatra dan Melayu. Kue jongkong ini terbuat dari bahan dasar dari campuran tepung beras dan tepung tapioka, dan memiliki tiga warna, yaitu putih pada bagian atas, hijau pada bagian tengah, dan coklat pada bagian bawah. Jongkong juga memiliki perpaduan rasa berbagai bahan seperti kelapa muda, garam dan gula merah. Kue jongkong ini memiliki banyak variasi seperti, kue jongkong kelapa muda, kue jongkong kopyor, bubur sum-sum putih dan bubur sumsum hijau/ijo pandan suji, kue jongkong lapis Surabaya, dan jongkong ketan hitam.

Kue jongkong terbuat dari tepung beras dan masih termasuk aneka kreasi olahan kue basah tradisional. Kue jongkong banyak macam-macam jenisnya ada kue jongkong Betawi, kue jongkong Surabaya, dll. Berikut aneka resepi kuih jongkong sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis anti gagal baik untuk konsumsi sendiri ataupun untuk usaha jajanan aneka kue jajanan pasar sangat cocok untuk menu buka puasa ramadhan sebagai takjil.

RESEP KUE JONGKONG


BAHAN :
  • 200 gram gula merah, sisir halus
BAHAN ADONAN DAUN SUJI :
  • 450 ml santan, dari 1/2 butir kelapa parut
  • 50 ml air daun suji
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdt tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
BAHAN ADONAN SANTAN POLOS :
  • 500 ml santan, dari 1/2 butir kelapa parut
  • 50 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
CARA MEMBUAT KUE JONGKONG :
  1. Siapkan 10 buah mangkuk tahan panas @ volume 150 ml.
  2. Cara Membuat Adonan Suji : Campur semua bahan di panci hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, angkat. Sisihkan.
  3. Cara Membuat Adonan Putih : Masukkan semua bahan ke dalam panci, campur hingga rata. Masak di atas api kecil sekali sambil diaduk hingga mengental, angkat. Sisihkan.
  4. Taruh 1 sdm gula merah ke tiap mangkuk. Sendokkan adonan suji hingga setengah penuh, ratakan.
  5. Sendokkan adonan santan polos di atas adonan suji hingga penuh, ratakan. Ulangi langkah melapis ini hingga dua adonan habis.
  6. Kukus di dalam dandang panas hingga gula meleleh dan adonan padat (± 2 menit). Angkat.
  7. Sajikan untuk 10 buah (@ 150 ml)


Share
Share
Share
Masukkan Email Valid Untuk Berlangganan Resep

CARA MEMBUAT KUE JONGKONG KHAS BANGKA BELITUNG