CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG ANEKA RASA

Resep Keripik Pisang Aneka Rasa Renyah Crispy Sederhana Spesial Khas Lampung Asli Enak. Membuat keripik singkong yang garing dan kriuk memang tantangan dalam membuat aneka kreasi olahan keripik atau kerupuk. Aneka kreasi dan variasi olahan keripik dari pisang ini bisa bermacam-macam jenis rasa, mulai dari keripik pisang pedas, keripik pisang coklat, keripik pisang asin original, keripik pisang manis, keripik pisang kombinasi atau campuran rasa, baik itu keripik pisang pedas manis, keripik pisang asin gurih, dan sebagainya. Sangat bisa dikembangkan untuk citarasa versi lain, misalnya keripik pisang balado pedas, keripik pisang susu, keripik pisang melon, keripik pisang mocca, dll. Yang penting usaha lancar dan terus berlatih.

Foto Resep Keripik Pisang Aneka Rasa Renyah Crispy Sederhana Spesial Khas Lampung Asli Enak
Gambar Keripik Pisang Aneka Rasa Renyah Crispy

Keripik pisang adalah irisan kering dari pisang yang diolah melalui penggorengan di dalam minyak nabati. Sebagai jenis keripik yang banyak diusahakan dan disukai oleh masyarakat, keripik pisang mudah dibuat dengan biaya murah-meriah dan peralatan sederhana dengan bahan-bahan yang ekonomis.

Di Sumatera Barat, pisang yang paling cocok untuk keripik goreng adalah pisang togar dari Pasaman atau pisang kepok tertentu dari Baso. Di Jawa pisang raja banyak diolah menjadi keripik. Secara umum semua jenis pisang memungkinkan untuk diolah menjadi keripik. Berikut kumpulan aneka resepi keripik pisang renyah krispi sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka keripik buah.

RESEP KERIPIK PISANG RENYAH CRISPY


BAHAN :
  • Pisang yang telah matang petik, masih hijau dengan sedikit warna kuning (10 % dari luas permukaan), bisa pakai pisang kepok untuk keripik pisang kepok
  • Minyak goreng (pakai minyak kelapa sawit)
  • Garam halus
  • Natrium metabisulfit atau natrium bisulfit (senyawa ini digunakan untuk mencegah terbentuknya warna kehitaman atau coklat tua pada permukaan irisan pisang)
  • Asam sitrat
CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG :
  1. Pisang dikupas, kemudian diiris tipis-tipis (tebal 2-3 mm) secara memanjang. Irisan harus segera digoreng.
  2. Usahakan paling lambat 10 menit setelah diiris, irisan telah dimasukkan ke dalam minyak goreng panas bersuhu kurang lebih 170°C. Minyak harus cukup banyak sehingga semua bahan tercelup di dalamnya. Tiap 1 kg pisang membutuhkan 3 liter minyak goreng. Selama penggorengan, lakukan pengadukan secara perlahan. Penggorengan dilakukan sampai keripik cukup kering dan garing. Hasil penggorengan disebut dengan keripik pisang. Hasil ini sudah cukup enak untuk dikonsumsi. Tetapi jika diinginkan cita rasa yang lebih manis maka penggulaan bisa dilakukan. Gula pasir digiling sampai halus sebanyak 1 kg kemudian tambahkan 250 ml air dan diaduk-aduk. Larutan dipanaskan sampai mendidih. Setelah mendidih, api segera dikecilkan untuk menjaga larutan gula tetap panas, tetapi tidak mendidih. Keripik yang baru diangkat dari minyak panas, ditiriskan sebentar (1 menit) kemudian segera dicelupkan ke dalam larutan gula. Keripik segera diangkat untuk ditiriskan dan didinginkan dengan menghamparkannya di atas alat peniris. Selain dicelupkan ke dalam larutan sirup. Keripik yang baru ditiriskan dan masih panas, segera ditaburi dengan tepung gula, kemudian diaduk pelan agar gula merata. Teknik ini juga digunakan untuk menggarami keripik.
  3. Sajikan atau buat dijual.

CARA MEMBUAT KERIPIK PISANG ANEKA RASA